Inilah, 7 Manfaat Bekatul Bagi Kesehatan


Buat kamu yang pernah melihat sendiri proses penggilingan padi menjadi bulir-bulir beras. Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan istilah bekatul. Yap, bekatul merupakan lapisan terluar setelah sekam. Bentuknya hampir mirip dengan dedak. Karena sejatinya bekatul dan dedak sama-sama berasal dari butiran padi. Bedanya, bekatul jauh lebih halus karena melewati tahap penggilingan kedua. 


Beberapa negara maju seperti Amerika dan Jepang bahkan telah memproduksi bekatul dalam bentuk sereal. Di industri pangan, bekatul juga sering digunakan sebagai pengganti tepung terigu karena kandungan serat dan proteinnya yang jauh lebih tinggi. Maka jika ditanya, apakah bekatul bisa dikonsumsi? Jawabannya adalah bisa. 


Manfaat Bekatul Bagi Kesehatan


Tak hanya bisa dikonsumsi, bekatul bahkan memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Ingin tahu apa sajakah manfaat bekatul bagi kesehatan? mari kita bahas satu-persatu


1. Mengontrol kadar gula darah


Antioksidan yang ada di dalam bekatul, diyakini mampu mengontrol kadar gula darah. Maka tak heran jika para penderita diabetes umumnya sudah cukup familiar dengan istilah bekatul. Bahkan ada yang sengaja membawanya dari kampung halaman. Karena dalam dunia medis, bekatul dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2.


2. Melancarkan pencernaan


Sebagai gandum utuh, bekatul kaya akan serat. Tak hanya baik bagi pencernaan, mengkonsumsi bekatul dapat menghindarkanmu dari resiko kanker usus.


3. Baik bagi kesehatan tulang


Hal lain yang cukup mencengangkan adalah karena bekatul juga memiliki kandungan kalsium. Atau dengan kata lain bekatul amat baik bagi kesehatan tulang. Karena selain dapat mencukupi kebutuhan harian kita akan kalsium, bekatul juga mampu menurunkan resiko osteoporosis.


4. Mampu Mencegah Anemia


Salah satu sebab seseorang menderita anemia adalah karena kekurangan zat besi. Sebuah senyawa yang sebetulnya ada didalam bekatul. Maka rutin mengkonsumsi bekatul, secara tidak langsung akan menghindarkanmu dari penyakit anemia. 


5. Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol 


Bekatul juga dianggap cukup ampuh untuk menurunkan LDL atau kadar kolesterol jahat didalam tubuh. Hal ini karena adanya kandungan gamma oryzanol yang mampu meningkatkan pengeluaran cairan empedu. 


6. Baik Bagi Otot dan Saraf


Selain penting bagi struktur tulang, magnesium juga dibutuhkan tubuh untuk menunjang kinerja otot dan saraf. Dan kabar baiknya, bekatul mengandung magnesium yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya magnesium, bekatul juga mengandung kalium yang berfungsi menjaga kesehatan otot dan saraf. 


7. Baik bagi otak


Antioksidan yang ada didalam bekatul tak hanya mampu mengontrol kadar gula darah ~ melainkan mampu mencegah kepikunan serta berbagai penyakit neurodegeneratif lain seperti Parkinson atau Alzheimer. 


Nah, itulah 7 manfaat bekatul bagi kesehatan. Bekatul yang berasal dari beras merah atau hitam, juga diyakini memiliki kandungan antosianin dan senyawa fenolik yang memiliki sifat anti-kanker. 


Related Posts

Load comments

Comments