Bolehkah Aki Motor Berkualitas Dipasang Miring?


Setiap pengguna motor itu sudah pasti tak asing lagi dengan komponen aki, maka dari itulah mereka membutuhkan aki motor berkualitas supaya performa dan dapur pacu motor bisa lebih baik dan lebih awet. Karena aki sendiri merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah kendaraan bermotor. Aki ini berguna sekali untuk menyalakan semua fungsi dari motor yang Anda miliki, karena berkaitan dengan sistem kelistrikan dari motor Anda. Salah satu hal yang membutuhkan peran penting dari aki adalah ketika Anda ingin melakukan starter pada motor Anda.

Ketika mesin motor Anda sedang mati dan mau dinyalakan, maka motor Anda butuh tenaga untuk menggerakkan awal agar dapat memutarkan bagian poros engkolnya atau memutarkan bagian crank shaft, dengan begitu piston motor milik Anda bisa bekerja dengan baik dan dapat bergerak secara naik turun. Dengan cara inilah bisa terjadi pembakaran pada bagian ruang pembakaran. Berkat aki inilah mesin kendaraan bermotor Anda kemudian bisa menyala dan hidup kembali. Agar dapat menjalankan sistem starter pada dinamo starter, motor butuh suplai listrik.

Suplai listrik ini didapatkan dari aki motor. Nah, berbicara tentang aki motor saat ini begitu penting sekali, khususnya untuk mereka yang suka melakukan modifikasi terhadap motor mereka. Dimana kebanyakan dari mereka telah mengubah bagian body dan rangka motor hingga terlihat sangat ekstrim. Banyak orang berpikir dengan melakukan perombakan terhadap komponen motor, maka penampilan motor bisa terlihat makin keren dan lebih garang. Padahal, sebenarnya tidak semua bagia motor itu harus dirombak.

Terlebih untuk aki. Body motor yang telah dimodifikasi itu biasanya membuat posisi aki menjadi dibuat lebih miring. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, bolehkan aki dipasang miring? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya simak dulu ulasannya berikut ini! Dimana bila Anda ingin memasang aki ini dalam kondisi yang miring, sebenarnya itu bukanlah masalah besar. Dengan garis bawah harus memakai aki kering, misalnya saja dari NS Battery. Karena pembatas cairan milik aki kering ini berasap dari bahan seperti kaca yang aman bila dipasang dengan cara miring.

Hal ini berbeda sekali bila Anda menggunakan aki yang basah. Anda tidak boleh memasang aki yang basah ini dengan posisi yang miring. Hal ini bisa membuat air aki menjadi tumpah. Disamping itu, palt lempengan sel aki ini tidak bisa terendam semua bila dipasang miring. Dengan begitu, hal ini bisa menyebabkan kemunculan dari jamur dan menjadikan aki motor lebih cepat rusak. Maka dari itulah, sebaiknya jangan memasang aki basah dalam kondisi posisi yang miring. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk memasang aki motor NS Battery yang benar, antara lain:

Lepaskan Aki yang Lama


Lepas saja aki yang lama dengan cara perlahan dari bagian body motor. Lepaskan kabel motor milik Anda dari aki secara perlahan supaya tidak terjadi masalah dan kerusakan.

Bersihkan Bagian yang Telah Kotor

Sebelum Anda menggunakan aki motor yang baru, sebaiknya bersihkan dulu bagian yang saat ini kotor yang telah menempel dibagian klep. Kotorannya ini bisa berupa karat dan juga bagian kotoran yang lain.

Pasanglah Aki Motor yang Baru


Taruh aki motor tepat pada dudukan posisi motor Anda. Setelah itu, pasang lagi kabelan aki dengan baik supaya tidak sampai terjadi konsleting.

Keuntungan Memilih Aki yang Berkualitas


Aki sebagai komponen yang bergua untuk memberikan suplai terhadap tenaga listrik, maka peran aki motor itu penting dan tidak dapat disepelekan begitu saja. Maka dari itulah, Anda harus lebih jeli dalam memilih aki motor yang berkualitas agar kinerja motor Anda bisa lebih maksimal. Seperti yang telah diketahui, bahwa aki motor itu terbagi atas 2 macam. Yaitu, aki kering dan juga aki basah. Untuk aki kering itu menggunakan gel. Sedangkan, aki basah memakai cairan elektrolit. Di bawah ini adalah kelebihan menggunakan aki motor kering, antara lain:

Jauh Lebih Cepat

Pemasangan dari aki kering itu pada dasarnya jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan aki basah. Hal ini karena aki kering itu tidak harus diisi dengan air aki sebelum dipakai. Tidak sama seperti menggunakan aki basah.

Jauh Lebih Gampang

Beda sekali degan cara kerja dari aki basah yang wajib dicek secara rutin. Karena aki basah itu harus diisi airnya secara berkala. Sedangkan aki kering itu berbeda sekali. karena aki kering itu bebas perawatan, sehingga hal ini membuatnya lebih mudah dirawat dan tidak harus dicek secara rutin.

Jauh Lebih Aman

Cairan dari aki basah itu umumnya bersifat korosif. Dengan begitu, hal ini membuatnya tidak mudah rusak bila tumpah dan juga mengenai komponen motor. Karena aki kering itu umumnya tidak harus diisi dengan baik di awal pemakaian, sehingga lebih aman dan anti bocor.

Comments