Ikuti Meriahnya Perayaan Festival Diwali di India

Image by RDNE Stock project @Pexels.com 


Diwali merupakan salah satu festival yang diadakan di India yang disebut juga sebagai festival cahaya karena menyalakan ribuan lampu yang memberikan pemandangan yang luar biasa indah. Jika kamu tertarik untuk menyaksikan langsung festival diwali tahun ini, ajukan pinjaman bunga rendah segera untuk mendapatkan dana liburan!


Perayaan satu ini memiliki arti menangnya kebaikan yang atas banyaknya hal buruk yang dilambangkan menggunakan cahaya yang dapat mengalahkan kegelapan. Bahkan perayaan diwali di India pada tahun 2022 memenangkan rekor dunia yang tercatat di Guinness World Record karena menyalakan lebih dari satu juta lampu. 


Fakta Unik Festival Diwali, Saksikan bersama Pinjaman Bunga Rendah


Selain memiliki makna penting bagi umat Hindu, terutama di India, terdapat beberapa fakta unik lainnya dari festival diwali ini. Berikut penjelasannya:


1. Perayaan Selama Lima Hari


Festival diwali ini dirayakan dalam waktu kurang lebih lima hari berturut-turut yang berdasar pada kalender Hindu bulan Ashwayuja. Perayaan ini menjadi festival paling ditunggu oleh masyarakat India. 


Pada tahun ini, festival diwali akan berlangsung mulai dari tanggal 10 hingga 15 November 2023. Festival ini juga dimanfaatkan sebagai momen untuk saling berkunjung, berinteraksi, dan juga untuk mempererat tali persaudaraan di dalam keluarga.


2. Setiap Harinya Bermakna Berbeda


Selama perayaan festival diwali berlangsung, nyatanya terdapat makna masing-masing pada setiap harinya. Hari pertama diperuntukkan untuk sapi sebagai hewan yang disucikan umat Hindu. Hari kedua memperingati munculnya Dewa Dhanvantari dari samudera.


Hari ketiga merupakan puncak dari perayaan untuk memperingati kemenangan Dewa Krisna atas Raksasa Nakasura. Hari keempat diisi dengan pemujaan kepada Dewi Laksmi dan Dewa Ganesha. Dan hari terakhir sebagai peringatan saat Dewa Krisna mampu mengangkat Bukit Govardhana.


3. Menggunakan Lampu Tradisional


Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa festival diwali merupakan festival cahaya dan seluruh penjuru kota akan dipenuhi dengan cahaya terang yang berasal dari lampu maupun lampion. 


Namun biasanya masyarakat India menggunakan lampu minyak tradisional yang terbuat dari bahan tanah liat. Saksikan keindahan ratusan ribu lampu yang menyala bersamaan di festival diwali ini dengan pinjaman bunga rendah.


4. Ada Tradisi Berbagi Permen 


Tradisi unik lainnya yang menjadi bagian dari festival diwali ini adalah berbagi mithai atau makanan-makanan manis seperti permen kepada keluarga, teman atau tetangga. Kudapan manis seperti cokelat juga dapat diberikan sebagai hadiah.  


5. Negara Minoritas Umat Hindu juga Merayakannya


Tak hanya dirayakan di India, festival diwali juga dirayakan oleh umat hindu minoritas yang terdapat di beberapa negara. Meskipun perayaannya tak sebesar di India namun festival diwali di negara lain juga tak kalah meriahnya.


Image by Udayaditya Barua @Pexels.com 


Tips Penting Berkunjung ke India


Agar kunjunganmu ke India untuk menyaksikan festival diwali tetap terasa nyaman dan aman, berikut ini beberapa tips yang perlu kamu perhatikan:


1. Menggunakan Layanan Khusus Wanita


Jika kamu hendak menggunakan transportasi umum selama di India seperti kereta api, pastikan untuk duduk di gerbong atau kompartemen yang disediakan khusus untuk wanita terutama jika kamu menaikinya di jam-jam sibuk. 


Tak hanya terasa lebih nyaman, hal  ini juga akan menghindarkan kamu dari risiko mengalami hal tak menyenangkan seperti pelecehan seksual.


2. Pilih Lingkungan Aman untuk Menginap  


Pemilihan lingkungan yang tepat dalam menentukan tempat untuk menginap menjadi hal yang sangat penting. Pastikan kamu mencari tahu mengenai wilayah mana saja yang sekiranya aman untuk ditempat. Dengan begitu, kamu akan merasa cukup aman selama berada di India.  


3. Hindari Pergi Sendirian di Malam Hari


Jika kamu hendak menikmati suasana malam hari di India, pastikan untuk tidak bepergian sendiri. Hal ini mengingat bahwa India menjadi salah satu negara dengan tingkat pemerkosaan yang tertinggi di dunia. Kamu dapat meminta antar kepada teman jika hendak pergi di malam hari. 


4. Menggunakan Kartu SIM Lokal


Hal penting lainnya yang perlu kamu lakukan begitu sampai di India adalah membeli kartu SIM lokal agar kamu tetap dapat berkomunikasi dengan keluarga atau kerabat di tanah air. Pastikan kamu memilih kartu SIM dengan jaringan yang kuat dan dapat menjangkau seluruh tempat di India termasuk di kota-kota kecil.  


5. Jangan Mudah Percaya pada Orang Lain


Ketika kamu mengunjungi tempat baru terutama negara baru, penting bagi kamu untuk tidak mudah percaya kepada orang asing, sekalipun itu anak-anak dan remaja. Hal ini untuk menghindari tindak kejahatan yang bisa membahayakan diri kamu. 


Pastikan kamu juga mengetahui dan mencatat nomor-nomor darurat di India seperti kantor polisi dan rumah sakit. Hal ini untuk mengantisipasi jika kamu menghadapi situasi yang berbahaya.


6. Jangan Berbicara Sembarangan


Kamu perlu mengetahui bahwa orang India terkenal sangat mudah tersinggung. Sehingga penting bagi kamu untuk selalu menjaga ucapan ketika berkomunikasi  dengan orang lokal. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman sehingga tidak menyinggung perasaan mereka.


7. Hindari Menggunakan Pakaian Terbuka


Mungkin kamu seringkali melihat wanita India yang menggunakan pakaian cukup terbuka setiap harinya. Namun sebagai turis, ada baiknya kamu tidak meniru mereka dengan menggunakan pakaian terbuka. Ada baiknya kamu tetap berpakaian tertutup namun tetap terasa nyaman agar terlihat lebih sopan dan aman.


Bagaimana, tertarik menyaksikan festival diwali secara langsung? Pastikan siapkan dana yang cukup untuk  berbagai kebutuhan seperti transportasi, akomodasi dan hal lainnya!


Sekalipun biaya yang dibutuhkan cukup besar, namun fasilitas pinjaman bunga rendah digibank KTA dapat menjadi solusi untukmu. Kamu bisa mendapatkan pinjaman dana hingga Rp200 juta dengan approval cuma 60 detik. Pengajuan pun mudah! Kamu tidak perlu melampirkan dokumen fisik. Dapatkan informasi lebih jelas mengenai persyaratannya di sini!


Related Posts

Load comments

Comments