Manfaat Bakteri Baik Lactobacilllus Rhamnosus bagi Kesehatan


Terdapat bakteri baik di dalam saluran pencernaan tubuh kita yang terdiri dari Lactobacillus, Bifidobacterium, Eubacterium dan lain sebagainya. Namun jenis bakteri Lactobachillus menarik perhatian para ahli karena memiliki kelebihan yakni tidak mudah mati, bisa berkembang biak di dalam saluran cerna, jumlahnya banyak dan mudah dikembangbiakkan.

Lactobacllus memiliki banyak macamnya yaitu Lactobacillus casei, Lactobacillus bulgarius, Lactobacillus sporogenes, Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus rhamnosus. Spesies yang disebutkan terakhir merupakan bakteri yang ditemukan paling terakhir dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pencernaan tubuh. Apa sajakah manfaatnya? Mari kita simak.

1. Mencegah diare


Bakteri baik ini ampuh untuk mengobati diare. Lactobacillus rhamnosus dapat memproduksi asam laktat yang dapat membunuh bakteri jahat yang ada di saluran cerna. Bakteri ini menurunkan risiko infeksi saluran cerna dengan cara meningkatkan jumlah sel T yaitu sekumpulan sel darah putih yang berfungsi dalam sistem kekebalan.

2. Meningkatkan imunitas


Jumlah bakteri baik Lactobacillus Rhamnosus yang cukup di saluran cerna akan meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya untuk anak-anak. Produksi asam laktat oleh bakteri baik ini menjaga kadar keasaman atau PH di saluran cerna tetap rendah. Dengan kondisi seperti ini, bakteri jahat mudah ditekan sehingga anak terhindar dari penyakit.

3. Menyehatkan organ hati


Selain saluran cerna, Lactobacillus rhamnosus juga baik untuk menyehatkan hati. Bakteri ini mampu menurunkan efek kerusakan sel-sel atau organ jaringan hati yang berperan sebagai organ pencernaan dalam produksi asam empedu untuk metabolism lemak. 

Jika jumlahnya cukup, bakteri baik ini akan mencegah perlekatan bakteri pathogen dengan dinding usus, sehingga membantu anak terhindar dari penyakit

Beberapa makanan yang mengandung Lactobacillus rhamnosus antara lain yaitu yoghurt, susu dan lainnya. Bagi Anda para orang tua, tak perlu khawatir apakah jumlah bakteri di dalam tubuh cukup atau tidak karena jika anak sudah mengkonsumsi makanan dengan porsi cukup dan gizi seimbang, maka kebutuhan bakteri Lactobacillus sudah terpenuhi.

Anda bisa melihat berbagai suplemen atau susu, bahan makanan lain yang mengandung Lactobacillus rhamnosus di toko-toko terdekat. Atau Anda bisa mengunjungi aplikasi online Gue Sehat, dan juga mendapatkan tips-tips seputar kesehatan. 

Related Posts

Load comments

Comments