7 Jus yang Aman dan Efektif Untuk Meredakan Gejala Asam Lambung


Hampir setiap kita rasanya pernah mengalami masalah lambung. Entah karena telat makan, makan makanan yang terlalu pedas atau asam, hingga gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi kopi, minuman bersoda hingga alkohol dalam jumlah berlebih. Dan tentu tanpa perlu dijelaskan ulang, kalian yang pernah mengalaminya pasti bisa dengan mudah menggambarkan bagaimana rasanya saat asam lambung mulai naik hingga ke tenggorokan. Seperti ada rasa panas yang tidak enak di tenggorokan. Sebagai mantan pasien internis dengan keluhan radang lambung, saya tahu betul bagaimana menderitanya saat mulut rasanya ingin mengunyah, namun perut seakan terus menolak. 


Jus untuk Asam Lambung


Kabar baiknya, ada berbagai jus buah dan sayur-sayuran yang ternyata cukup ampuh untuk meredakan gejala tersebut. Penasaran jus buah dan sayur apa saja yang dimaksud? mari kita coba bahas satu persatu.  


1. Jus Wortel



Bersyukurlah jika kamu termasuk orang yang sangat menyukai wortel. Hal ini karena wortel mengandung vitamin B6 dan senyawa alkali alami yang mampu menetralkan asam lambung berlebih. Wortel bahkan dapat meredakan rasa mual yang mengganggu. 


2. Jus Bayam



Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan sayuran hijau yang satu ini. Tapi tahukah kamu bahwa bayam ternyata mampu menetralkan asam lambung? Yap, hal ini karena kandungan magnesium yang ada didalamnya. Magnesium sendiri merupakan mineral penting yang diyakini mampu menetralkan asam lambung. Kandungan lemak dan gula alami yang sangat sedikit turut menambah manfaat lain dari bayam untuk mengurangi sekresi asam lambung. 


3. Jus Melon



Seperti halnya bayam, melon pun diyakini kaya akan kandungan magnesium yang mampu mengurangi sekresi asam lambung. Selain itu melon yang memiliki pH atau kadar asam yang sangat sedikit yakni diantara 6.0 hingga 6.5 diyakini mampu meredakan refluks asam di saluran pencernaan. 


4. Jus Semangka



Seperti halnya melon, semangka yang yang juga memiliki pH atau kadar asam yang cukup rendah yakni sekitar 5.18 hingga 5.60 juga menjadi buah lain yang cukup direkomendasikan untuk penderita asam lambung. Kandungan air yang cukup tinggi pada buah semangka juga akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik. 


5. Jus Pir



Kandungan kalium yang cukup tinggi pada buah pir juga diyakini mampu menetralkan asam lambung bahkan meredakan gejala asam lambung yang sedang naik. Hal ini karena Kalium bersifat alkaline, yakni mampu membuat tingkat keasaman tubuh (pH) mejadi lebih basa. 


6. Jus Pisang



Ada yang mengatakan bahwa jenis pisang tertentu seperti pisang ambon sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung. Dan jika ingin mengkonsumsi pisang, pilihlah jenis lain seperti pisang siam. Sayangnya, hingga kini belum ada studi yang secara spesifik merinci tentang hal ini. Dan secara umum, jenis pisang apapun yang dikonsumsi dalam keadaan matang semestinya aman untuk dikonsumsi bahkan oleh penderita asam lambung sekalipun. Hal ini karena kandungan kalium yang ada didalam pisang sejatinya justru mampu membuat pH atau tingkat keasaman tubuh menjadi lebih basa. Dan secara tidak langsung hal ini justru dapat menetralkan asam lambung. Namun jika ragu, kamu boleh mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu pada dokter yang menanganimu.


7. Jus Buah Bit



Sejak dulu, buah bit diyakini baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini karena kandungan senyawa betaine yang ada didalamnya. Senyawa ini mampu mengontrol kadar asam lambung agar tetap seimbang hingga mengurangi sebah atau kembung. Kandungan Folat atau Vitamin B9 yang ada pada buah bit juga dipercaya mampu memperbaiki jaringan di saluran pencernaan. 


Tapi, ada tapinya nih setelah mengkonsumsi buah bit feses umumnya akan berwarna merah seperti darah. Sama seperti halnya saat kamu mengkonsumsi buah naga, air seni dan feses umumnya akan berwarna sedikit lebih merah. Namun hal ini bukanlah sesuatu hal yang perlu kamu khawatirkan karena hal ini hanya akan bersifat sementara dan sama sekali tidak berbahaya. 


Masih banyak sebetulnya buah dan sayuran lain yang diyakini baik untuk dikonsumsi oleh para penderita penyakit lambung, seperti kurma, seledri, alpukat, jambu biji, hingga kacang almond. Namun yang perlu ditekankan disini adalah semua buah dan sayur-sayuran yang telah disebutkan diatas hanya berguna untuk meredakan gejala yang muncul dan bukan menyembuhkan masalah lambung sama sekali.


Sementara untuk mengatasi atau menyembuhkan asam lambung, selain mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter hal lain yang perlu kamu lakukan adalah mengubah gaya hidup dan menjaga pola makan. Usahakan untuk makan secara teratur dan mengunyahnya secara perlahan hingga betul-betul halus agar lambung tidak perlu bekerja ekstra keras untuk mencerna makanan yang kamu telan. Hal ini akan membantu meredakan peradangan disaluran cerna dengan lebih cepat. Hindari juga konsumsi makanan yang terlalu asam atau pedas dan minuman yang tinggi kafein. Hindari juga minuman bersoda dan alkohol. Perbanyak minum air putih, perbaiki kualitas dan kuantitas tidur, lalu hentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan makan-makanan berlemak. Terdengar sepele memang, namun kebiasaan seperti inilah yang akan membantumu pulih lebih cepat. 

Related Posts

Load comments

Comments