Apa Itu Presbikusis? Dan Apa Saja Tanda atau Gejalanya?


Presbikusis ialah kondisi menurunnya fungsi dengar akibat penuaan. Dimana hal ini biasanya akan terjadi secara perlahan-lahan, bahkan tanpa disadari sama sekali. Yap, mereka yang mengalami hal ini umumnya ialah mereka yang telah berusia lanjut. Yakni dalam rentang usia 65 tahun keatas. Atau di Indonesia sendiri, kasus serupa jauh lebih sering terjadi dalam rentang usia diatas 75 tahun. 


Gejala Presbikusis




Meski kerap terjadi tanpa betul-betul bisa disadari. Sejatinya, ada beberapa gejala yang biasanya turut menyertai kondisi ini sebelum seseorang betul-betul mengalami hearing loss atau hilangnya fungsi dengar. Beberapa gejala presbikusis yang bisa terlihat, antara lain ialah:


1. Kerap membesarkan volume TV atau Radio


Meski terdengar sepele, sejatinya hal ini merupakan salah satu gejala awal sebelum seseorang mengalami presbikusis. Yap, setiap kali menonton televisi maupun mendengarkan radio, mereka akan membesarkan volume TV atau radio bahkan hingga suaranya memenuhi 1 ruangan. Hal ini karena suara TV atau radio yang mereka dengar mulai terasa samar-samar. 


2. Seringkali tidak nyambung saat diajak berkomunikasi melalui saluran telepon 


Kalian mungkin kerap mengalami hal yang sama saat tengah berbincang dengan kakek atau nenek kalian melalui sambungan telepon. Apa yang kalian sampaikan, seringkali justru ditangkap dengan maksud yang berbeda. Hal ini karena suara yang mereka dengar terasa seperti terendam. 


3. Sering meminta orang lain mengulang perkataannya


Saat diajak berbicara, mereka yang mulai mengalami gejala awal presbikusis umumnya akan meminta lawan bicaranya untuk mengulangi perkataan mereka. Kadang hingga 3 atau 4 kali sampai mereka betul-betul bisa mendengar atau menangkap maksud yang hendak disampaikan oleh lawan bicaranya. 


4. Sulit mendengar suara bervolume tinggi


Suara bervolume tinggi yang dimaksud disini, ialah suara-suara seperti alarm, dering telepon, suara teko air saat mendidih, hingga suara air yang sudah tertumpah dari ember saat tengah mengisi air. Mereka yang mengalami gejala awal presbikusis biasanya betul-betul tidak menyadari suara-suara tersebut, sebelum diingatkan oleh orang lain disekitarnya. 


5. Sulit diajak berbicara ditengah keramaian


Misalnya saat ada hajatan atau pesta pernikahan maupun saat diajak ke pusat perbelanjaan. Kita harus lebih dulu mengajak mereka ke tempat yang lebih sepi jika ingin memberitahukan sesuatu. Itu mengapa mereka yang mengalami presbikusis umumnya lebih suka menghindari percakapan dengan orang lain. Hal ini karena kesulitan yang mereka alami saat berkomunikasi. 


6. Telinga sering berdengung


Jika orang tua, maupun kakek dan nenek kalian kerap mengeluhkan telinganya yang sering berdengung. Bisa jadi hal ini merupakan tanda atau gejala awal gangguan presbikusis. Sebisa mungkin, ajak mereka untuk memeriksakannya ke dokter. Terlebih jika gejala tersebut juga disertai dengan sakit kepala, demam, hingga penglihatan yang mulai kabur. 


Nah, itulah 6 tanda atau gejala yang umumnya akan dialami seseorang sebelum mengidap presbikusis. Meski tidak berbahaya dan merupakan sesuatu hal yang wajar terjadi. Gangguan pendengaran, kerap mengganggu kehidupan sehari-hari penderitanya. Bahkan menurunkan kualiatas hidup mereka dihari tua. Itu mengapa, mereka yang mengalami presbikusis umumnya akan dianjurkan untuk menggunakan alat bantu dengar agar mampu menangkap suara dengan lebih besar dan jelas. 

Related Posts

Load comments

Comments