Cara Menggendong Terbaik yang Bisa Dilakukan Moms dan Dads Pada Bayi yang Baru Saja Lahir


Bagi para orang tua, menggendong bayi yang benar bisa menjadi satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Terlebih bagi mereka yang belum lama menikah dan baru saja dikaruniai anak pertama. Menggendong bayi tentu saja akan menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Menggendong sendiri sering dianggap sebagai salah satu cara terbaik guna merekatkan hubungan emosional antara ayah, ibu dan bayi yang baru saja lahir. Karena saat menggendong inilah terdapat kontak kulit antara Si Kecil dan orang tua.


Oleh karena itu, Moms dan Dads perlu tahu bahwa menggendong bayi yang benar akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan serta perkembangan mereka. Namun demikian, menggendong bayi yang baru saja lahir juga harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Hal ini karena tubuh Si Kecil yang masih sangat rapuh. Sekalipun begitu, jangan terlampau takut atau khawatir untuk mulai belajar menggendong Si Kecil. Karena menggendong bayi yang baru lahir sebetulnya tak sesulit yang sering kita bayangkan.


Cara Menggendong Bayi yang Benar




Moms dan Dads, saat menggendong Si Kecil usahakan untuk terus menopang kepala dan lehernya. Hal ini karena bayi yang baru saja lahir belum mampu menopang kepala mereka sendiri. Leher bayi baru akan cukup kuat untuk menopang kepala saat umurnya telah memasuki 1 hingga 2 bulan. Diusia ini, bayi umumnya sudah bisa mengangkat kepala dalam posisi tengkurap. Namun di usia 0 hingga 1 bulan, ubun-ubunnya masih sangat rentan terhadap guncangan dan bisa dengan mudah cedera jika tidak digendong dengan benar.


Nah, buat Moms dan Dads yang hendak menggendong bayi untuk pertama kalinya. Berikut cara menggendong bayi baru lahir yang bisa Moms dan Dads praktikan di rumah.


1. Menggendong Sambil Memeluk


Cara pertama yang bisa Moms dan Dads lakukan adalah menggendong bayi sembari memeluknya. Umumnya cara menggendong sambil memeluk ini dilakukan selepas bayi selesai menyusu. Yakni untuk memberikan rasa nyaman bagi Si Kecil sampai ia terlelap tidur. Caranya mudah, Moms dan Dads bisa meletakkan tangan diantara kepala dan leher bayi sambil menopang bokongnya dengan tangan yang lain. Hal ini akan membuatnya merasa tenang dan nyaman. 


2. Menimang


Cara terbaik untuk menggendong bayi new born berikutnya adalah dengan cara menimang. Menimang merupakan cara yang paling banyak dilakukan oleh ibu yang baru saja melahirkan. Selain cukup mudah, menimang juga dianggap sebagai hal yang sangat baik untuk menghubungkan emosi Si Kecil dan orang tuanya. Tak hanya ibu, para ayah juga bisa mulai menimang Si Kecil. Caranya hampir sama dengan menggendong bayi sambil memeluk yang telah kita bahas sebelumnya, bedanya Moms dan Dads perlu sambil mengayun-ayunkan mereka secara perlahan. Hal ini akan membuat Si Kecil merasa cukup nyaman karena tahu bahwa ia bersama dengan kedua orang tuanya.


3. Menggendong dengan posisi bayi tengkurap


Menggendong dengan posisi Si Kecil tengkurap menjadi teknik lain yang bisa Moms dan Dads lakukan dirumah. Saat Si Kecil sedang rewel, menggendongnya dalam posisi tengkurap akan membuatnya lebih cepat tenang dan berhenti menangis. Moms dan Dads bisa menggunakan gendongan modern untuk membantu menyangga kepala bayi.  


4. Menggendong untuk menyusui


Menggendong untuk menyusui Si Kecil juga merupakan cara terbaik yang bisa Moms lakukan saat Si Kecil mulai merasa lapar. Caranya hampir sama dengan gerakan menimang, namun diarahkan agar bayi bisa menyusu dengan nyaman.


Agar lebih nyaman, Moms bisa menggunakan bantal atau penyangga lainnya guna menopang tubuh Si Kecil ketika menyusu. Dalam proses menyusui, tak jarang Si Kecil juga akan pipis. Oleh karena itu, agar tidak mengganggu proses menyusui Moms bisa memakaikannya popok dengan daya serap yang baik untuk Si Kecil, seperti Popok Merries. Popok Merries Tape dilengkapi dengan 3 lapisan yang dapat menyerap cairan secara lebih maksimal serta memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini akan sangat membantu Moms dalam proses menyusui Si Kecil. Dengan menggunakan Popok Merries, Si Kecil tidak akan merasa terganggu dengan cairan pipisnya karena bisa dengan cepat mengering. Moms juga tidak perlu khawatir akan adanya ruam yang mungkin dialami Si Kecil, karena sirkulasi udara yang baik pada Popok Merries. 


Nah, itulah beberapa cara menggendong terbaik yang bisa dilakukan Moms & Dads pada bayi yang baru saja lahir. Menggendong memang merupakan satu hal yang cukup menantang terlebih bagi orang tua yang baru saja memiliki anak. Namun hal ini bisa dipelajari. Ingat, semakin sering Moms dan Dads berlatih untuk menggendong Si Kecil, maka semakin mudah pula Moms dan Dads melakukannya sembari mengikuti pertumbuhan Si Kecil. Moms dan Dads bisa menikmati proses ini secara perlahan, sambil menumbuhkan ikatan emosional yang kuat pada diri Si Kecil. 

Related Posts

Load comments

Comments