Sudahkah Tubuhmu Terhidrasi dengan Baik? Cek Warna Urinmu Sekarang Juga!


Salah satu tanda bahwa tubuh Anda terhidrasi dengan baik dan memiliki urin normal dapat terlihat dari warnanya. Yap, warna urin sedikitnya dapat dibedakan menjadi 11 warna. Dan diantara warna-warna tersebut, tidak semua warna menunjukkan kalau Anda sedang ada dalam kondisi tubuh yang baik. Ada beberapa warna urin yang perlu Anda waspadai, misalnya warna jingga atau sedikit kemeraan. Karena jika warna itu yang Anda lihat ketika sedang buang air kecil, ada kemungkinan Anda sedang mengalami masalah liver, empedu, infeksi saluran kencing, prostat atau bahkan penyakit ginjal. Namun jika yang Anda lihat saat buang air kecil adalah warna kuning, kuning pucat atau bahkan bening, itu tandanya tubuh Anda sudah terhidrasi dengan baik dan sedang ada dalam kondisi yang prima. Atau dengan kata lain, urin Anda dapat dikategorikan sebagai urin yang normal.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu-persatu:

1. Warna urin yang normal


Warna urin normal sedikitnya dapat dibedakan menjadi 3 warna, yakni warna kuning, kuning pucat dan warna bening/transparant. Jika urin Anda terlihat berwarna kuning, itu artinya tubuh Anda sudah cukup terhidrasi. Sementara warna kuning pucat menandakan bahwa tubuh Anda sudah terhidrasi dengan baik. Dan warna bening/transparant dapat diartikan sebagai warna urin yang paling baik, karena warna ini menunjukkan bahwa tubuh Anda sudah terhidrasi lebih dari cukup dan sedang ada dalam kondisi yang amat sangat baik.

2. Warna urin yang patut diwaspadai


Selanjutnya, ada beberapa warna urin yang patut untuk Anda waspadai. Warna pertama adalah warna kuning tua, warna ini menunjukkan kalau Anda sedang kekurangan cairan tubuh atau sedikit lagi menuju dehidrasi.

Warna selanjutnya adalah warna madu, atau sedikit kecokelatan. Jika warna ini yang anda lihat saat buang air kecil, Anda dapat langsung menyimpulkan kalau tubuh Anda sedang mengalami dehidrasi.

Kemudian warna ketiga, adalah warna cokelat. Warna ini patut untuk Anda waspadai, karena selain menandakan kalau tubuh sedang mengalami dehidrasi, warna ini juga sekaligus menandakan kalau tubuh Anda sedang mengalami masalah liver (hati).

Warna selanjutnya adalah jingga atau orange, sekalipun warna ini dapat disebabkan oleh buah-buahan atau makanan tertentu yang kita konsumsi, namun dalam beberapa kasus, warna ini juga dapat diartikan sebagai kondisi yang kurang baik dimana tubuh ditakutkan sedang mengalami masalah liver (hati) atau infeksi empedu.

Warna selanjutnya adalah warna pink atau terlihat sedikit kemerahan. Jika sebelumnya Anda baru saja mengkonsumsi buah-buahan seperti blueberry, Anda tidak perlu takut apalagi cemas, karena bisa jadi warna urin yang terlihat sedikit kemerahan adalah karena buah yang Anda konsumsi tersebut. Namun jika sebelumnya, Anda tidak mengkonsumsi buah-buahan sejenis, Anda patut waspada, karena bisa jadi itu menunjukkan masalah infeksi saluran kencing, prostat atau bahkan penyakit ginjal.

Kemudian ada juga warna urin yang terlihat sedikit hijau atau biru, dalam beberapa kasus warna ini bisa disebabkan oleh pewarna makanan, namun dalam kasus lain warna ini juga dapat berarti ada yang tidak beres pada tubuh Anda, seperti misalnya infeksi bakteri.

Selanjutnya adalah urin yang terlihat berbuih atau berbusa. Umumnya, hal ini bisa berarti kalau tubuh Anda hanya sedang mengalami kelebihan protein saja, namun dalam beberapa kasus sayangnya hal ini dapat juga menandakan kalau ginjal Anda sedang bermasalah.

3. Warna urin yang terlihat sedikit aneh


Aneh disini dapat diartikan sebagai warna yang kurang lazim atau amat jarang ditemui. Misalnya warna ungu. Dalam beberapa hal warna ini dapat muncul karena zat pewarna makanan yang mungkin ada dalam makanan atau minuman yang kita konsumsi, warna ini juga dapat berasal dari obat-obatan yang kita minum. Intinya warna ini justru tidak perlu Anda khawatirkan, karena sama sekali tidak menandai sesuatu hal yang buruk dalam tubuh Anda.

Nah, itulah 3 jenis urin berdasarkan warna-nya.

Bagi Anda yang memiliki warna urin normal, terus pertahankan kebiasaan minum air dalam kadar yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dan sebaliknya, jika warna urin Anda menunjukkan bahwa tubuh Anda belum terhidrasi dengan baik atau bahkan sedang mengalami dehidrasi, segera cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan air mineral sehat yang berkualitas seperti Le Minerale.


Beberapa ciri air sehat, antara lain adalah tidak berbau, terlihat jernih, bebas dari mikroorganisme dan zat berbahaya lainnya serta terasa manis. Yap terasa manis. Banyak orang yang berpendapat kalau air yang sehat dan berkualitas adalah air yang tanpa rasa sama sekali. Padahal, air yang sehat dan berkualitas justru adalah air yang mengandung senyawa bikarbonat (HCO3–), senyawa yang menjadikan air terasa manis dan senyawa yang justru dibutuhkan tubuh untuk menetralisir asam basa.

Jenis air mineral seperti itulah, yang dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik serta menjadi lebih sehat. 

Nah, sudahkah tubuhmu terhidrasi dengan baik? 

Related Posts

Load comments

Comments