Awasi Pertumbuhan dan Perkembangan Buah Hati Sejak Dini, Kunci Kesuksesan Kelak


Tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang paling memerlukan perhatian dan menentukan kualitas kehidupan seseorang dimasa mendatang adalah pada masa anak-anak, karena masa ini merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan dasar yang akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Pertumbuhan dan perkembangan pada anak sudah dimulai sejak dalam kandungan sampai usia 18 tahun. Hal ini sesuai dengan pengertian anak menurut WHO, yaitu sejak terjadinya konsepsi sampai usia 18 tahun. Pada dasarnya, dalam kehidupan, setiap manusia akan mengalami berbagai tahapan dalam tumbuh kembangnya dan setiap tahapan tersebut biasanya mempunyai ciri tertentu.

Setiap anak akan melewati tahapan tersebut secara flexible dan berkesinambungan. Misalnya pencapaian kemampuan tumbuh kembang pada masa bayi, tidak selalu dicapai pada usia 1 tahun secara persis, tetapi dapat dicapai lebih awal atau bahkan lebih dari satu tahun. Masing-masing tahap memiliki ciri khas dalam anatomi, fisiologi, biokimia dan karakternya. Hampir sepertiga masa kehidupan manusia akan dipakai untuk mempersiapkan dirinya dalam menghadapi dua pertiga masa kehidupan berikutnya. Oleh karena itu, upaya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang pada awal-awal kehidupan bayi dan anak adalah sangat penting. Pencapaian suatu kemampuan pada setiap anak berbeda-beda, tetapi ada patokan umur tertentu untuk mencapai kemampuan tersebut yang sering disebut dengan istilah milestone.


Pada usia 5 tahun, pertumbuhan gigi susu sudah lengkap. Anak akan terlihat lebih langsing. Pertumbuhan fisiknya pun akan relatif lebih pelan. Anak juga sudah mampu naik turun tangga tanpa bantuan, demikian juga berdiri dengan satu kaki secara bergantian atau melompat sudah mampu untuk dilakukannya. Aktivitas anak yang semakin meningkat tersebut akan membuat tubuh anak menjadi kotor. Maka dari itulah, Anda harus rutin memandikan tubuhnya dengan menggunakan sabun mandi cair bayi, karena memiliki bahan yang aman untuk kulit bayi maupun balita.


Pada masa ini, rasa ingin tahu (courius) dan daya imaginasi anak akan mulai berkembang, sehingga anak akan mulai banyak bertanya tentang segala hal disekelilingnya yang tidak diketahuinya. Makanan yang dikonsumsi olehnya pun akan semakin mengerucut, menyesuaikan dengan selera makannya. Anda harus selalu memastikan sang anak memiliki makanan dengan cakupan gizi yang cukup. Gunakan sabun cuci food grade untuk membersihkan sisa peralatan makan sang buah hati setelahnya.


Comments