Sisihkan Budget untuk Investasi di Bulan Ramadhan

Source image: https://www.pexels.com/id-id/@thirdman/


Di bulan Ramadhan mendatang, Anda bisa mulai menyusun strategi untuk berinvestasi. Bulan Ramadhan akan menjadi waktu yang tepat untuk berinvestasi di berbagai instrumen, termasuk Reksadana Pasar Uang. Ada banyak alasan yang bisa mendukung Anda untuk mulai berinvestasi saat Ramadhan tiba. 


Masuk Ramadhan nanti, anggaran sehari-hari Anda pasti berubah. Ada banyak jenis biaya yang bisa dihemat. Mulai dari biaya makan siang sampai biaya transportasi bagi yang menerapkan WFH selama Ramadhan. Biaya-biaya ini bisa dialokasikan untuk investasi agar Anda menerima keuntungan lebih besar. 


Cara Memulai Investasi Reksadana di Bulan Ramadhan


Tentu saja dibutuhkan strategi yang tepat agar Anda bisa memulai investasi Reksadana di bulan Ramadhan yang penuh berkah. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, maka rencana investasi ini tidak akan bisa terwujud. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai investasi Reksadana di bulan Ramadhan:


1. Buat Rencana Anggaran Khusus


Pertama-tama, Anda bisa membuat rencana anggaran khusus terlebih dahulu. Di bulan Ramadhan, bisa dipastikan bahwa pengeluaran yang Anda butuhkan akan berbeda. Anda punya kebutuhan yang berbeda dari hari-hari biasa di luar Ramadhan. Oleh sebab itu Anda perlu membuat rencana anggaran yang khusus diberlakukan saat Ramadhan. 


Tentunya pembuatan rencana anggaran ini dilakukan dengan prinsip yang sama seperti rencana anggaran biasa. Anda harus memahami kebutuhan apa saja yang perlu dipenuhi di bulan Ramadhan. Pisahkan mana kebutuhan primer, sekunder, dan tersier lalu buatlah prioritas. 


2. Alokasikan Dana untuk Investasi


Selanjutnya Anda harus mengalokasikan dana khusus untuk investasi. Berdasarkan rencana anggaran yang sudah dibuat tadi, Anda bisa mengetahui berapa besar dana yang bisa dialokasikan untuk berinvestasi. Pastikan bahwa dana investasi ini tidak terlalu kecil namun juga tidak mengganggu pemenuhan kebutuhan pribadi Anda. 


Alokasi dana ini memang harus dibuat khusus supaya Anda benar-benar melakukan investasi. Jika tidak ada alokasi dana khusus untuk investasi, maka Anda akan menggunakan dana sisa. Belum tentu ada dana sisa apalagi jika Anda adalah tipe orang yang konsumtif. Kondisi seperti ini akan membuat Anda gagal berinvestasi. 


Source image: https://www.pexels.com/id-id/@pnw-prod/

3. Pahami Profil Risiko


Jika memang ingin berinvestasi maka penting sekali untuk memahami profil risiko. Profil risiko setiap orang berbeda-beda dan hal ini akan membuat pilihan investasi mereka juga berbeda. Itulah mengapa sangat penting untuk memahami profil risiko terlebih dahulu. Pilihlah instrumen investasi yang tepat sesuai profil risiko masing-masing. 


Reksadana bisa jadi pilihan tepat karena memiliki jenis risiko yang bervariasi. Tinggal disesuaikan saja jenis Reksadana yang akan dipakai dan pilih produk yang tepat. Jika Anda berinvestasi sesuai profil risiko, maka prospek untungnya bisa lebih besar dan peluang kerugian bisa lebih diminimalkan. 


4. Tentukan Target atau Tujuan Finansial


Selanjutnya Anda bisa menentukan target atau tujuan finansial yang ingin dicapai. Ini adalah salah satu tips penting dalam berinvestasi. Jika ingin mendapatkan keuntungan optimal maka Anda harus menentukan dulu apa targetnya. Misalnya, Anda ingin memulai investasi di bulan Ramadhan ini sebagai persiapan dana untuk renovasi rumah dalam jangka waktu 1-3 tahun mendatang. 


Adanya target atau tujuan finansial akan membantu Anda bisa menentukan berapa lama jangka waktu investasi yang harus dilakukan. Selain instrumen, dalam berinvestasi Anda harus mempertimbangkan periode atau jangka waktunya. Jadi Anda tahu kapan kira-kira target investasi tersebut terpenuhi. Ini juga akan berpengaruh pada berapa besar uang yang perlu diinvestasikan. 


5. Rencanakan Diversifikasi


Penting sekali untuk melakukan diversifikasi dalam investasi. Meskipun Anda baru memulai investasi, namun sangat disarankan untuk mulai merencanakan diversifikasi. Tentukan diversifikasi seperti apa yang akan Anda lakukan. Tentukan juga instrumen investasi apa yang akan dipakai untuk melakukan diversifikasi tersebut. 


Diversifikasi adalah upaya untuk mengoptimalkan keuntungan investasi yang akan Anda terima. Selain itu langkah ini juga bisa membantu Anda meminimalkan risiko investasi yang ada. Itulah mengapa sangat disarankan untuk segera membuat rencana diversifikasi sehingga kedepannya lebih mudah dalam mengelola investasi tersebut. 


Dalam langkah diversifikasi ini, Anda perlu meletakkan modal di beberapa jenis aset yang berbeda. Tujuannya, saat ada satu jenis aset yang mengalami penurunan atau kerugian maka masih ada aset lain yang bisa mendatangkan keuntungan. Jadi Anda tidak hanya bergantung pada satu jenis aset tapi punya banyak aset yang bisa memberi profit optimal. 


Aplikasi digibank by DBS untuk Investasi Reksadana


Saat ini investasi Reksadana Pasar Uang semakin mudah untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan Aplikasi digibank by DBS agar investasi Reksadana terasa lebih praktis dan efisien. Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda temukan pada aplikasi investasi satu ini:


  • Modal investasi terjangkau mulai dari Rp 100 ribu. 
  • Beli Reksadana berkala terasa jauh lebih fleksibel. 
  • Tersedia 3 kategori Reksadana, kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik. 
  • Memiliki lebih dari 50 produk Reksadana. 
  • Mudah daftar SID (Single Investor Identification), jual, beli, sekaligus switch Reksadana melalui satu aplikasi mobile


Tidak perlu menunggu terlalu lama. Langsung saja gunakan aplikasi Reksadana Pasar Uang ini untuk mendapatkan keuntungan yang memuaskan di masa depan. Aplikasi ini bisa Anda jadikan andalan untuk menyusun strategi investasi yang efektif agar target finansial tercapai tepat pada waktunya. 


Reksadana Pasar Uang akan menjadi pilihan instrumen yang menguntungkan bagi Anda selama pengelolaannya tepat. Pastikan untuk melakukan diversifikasi juga agar keuntungan yang diperoleh bisa lebih optimal dan kerugiannya bisa diminimalkan. Segera klik di sini jika Anda ingin mengakses informasi lebih lengkap. 


Related Posts

Load comments

Comments