7 Game Edukasi yang Bisa Dimainkan Anak Selama Musim Liburan Sekolah


Bermain game tak selamanya berdampak buruk bagi anak. Sebuah studi bahkan mendapati jika aktivitas ini justru dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak. Hal ini karena saat bermain game tertentu, anak mesti mengikuti setiap instruksi atau petunjuk yang diberikan dalam game tersebut. Bermain game bahkan disebut-sebut dapat melatih kemampuan problem solving anak hingga meningkatkan kreativitasnya. Meski begitu, di usianya anak masih harus mendapat pengawasan ketat dari orang tua. Agar jangan sampai, ia justru lupa waktu dan hanya asik bermain game seharian penuh. Orang tua harus dapat memberian batasan pada anak, kapan ia boleh bermain game dan kapan ia harus melakukan tugas dan tanggung jawabnya seperti mengerjakan PR. Jangan segan untuk memberikan anak teguran hingga konsekuensi tertentu jika ia melanggar batasan tersebut. Misalnya, mengurangi uang jajannya atau tidak akan membelikan paket internet untuk ia bermain game. Dengan begitu, anak akan mulai belajar membagi jadwalnya dengan baik. 


Game edukasi terbaik untuk anak


Nah, setidaknya ada 10 Game Edukasi yang bisa dipilihkan orang tua untuk dimainkan oleh anak, yakni:


1. Khan Academy Kids



Game Online Gratis pertama yang bisa dimainkan anak adalah Khan Academy Kids. Game ini secara khusus di desain untuk anak usia prasekolah, yakni usia 1 hingga 5 tahun. Di game ini anak akan diajakan untuk membaca, menulis, hingga menyelesaikan masalah tertentu melalui karakter lucu dari hewan-hewan yang ada didalamnya. Game ini juga dapat melatih perkembangan motorik hingga sosial-emosional anak. Ada rewards berupa aksesoris yang juga akan didapatkan anak saat ia menyelesaikan level tertentu dalam permainan ini. Dengan begitu anak akan termotivasi untuk terus belajar sambil bermain.  


2. Game Anak Sholeh



Ingin mengenalkan anak dengan nilai-nilai Islam sejak dini? Jika iya, ada beragam game online gratis bertema islami yang bisa kamu unduh untuk anak, salah satunya Game Anak Sholeh. Dalam game ini anak akan diajarkan tata cara salat, wudhu hingga membaca huruf hijaiyah. Melalui game ini anak juga akan diajak untuk mengenal kisah-kisah Nabi dengan alur cerita yang interaktif namun mudah dipahami anak. Anak juga akan diajak untuk mengingat kembali bacaan do'a yang dipelajarinya saat ngaji. Game ini amat cocok menemani liburan anak, terlebih dibulan puasa. Anak bisa memainkan game ini sembari ia menunggu waktu berbuka puasa. Dengan begitu ibadah puasa yang tengah ia jalani akan terasa lebih mengasyikkan. 


3. Duolingo



Game yang satu ini kerap muncul dalam daftar teratas Trend Indonesia untuk kategori game/aplikasi yang mendidik. Duolingo bahkan masih merajai chart teratas dalam kategori edukasi. Di game ini anak akan diajak untuk mengenal dan mempelajari bahasa asing dengan cara yang jauh lebih asyik dan menyenangkan. Tak hanya bahasa inggris, anak dapat mempelajari bahasa asing lain seperti: Jepang, Korea hingga Perancis. Dengan begitu, sambil bermain anak dapat turut melatih kemampuan bilingual-nya. 


4. Coloring & Learn



Tahukah kamu, kalau mewarnai ternyata memiliki segudang manfaat bagi tumbuh kembang anak? Tak hanya mengasah kreativitasnya, mewarnai juga dapat mengembangkan kemampuan motorik anak hingga meningkatkan fokus anak saat melakukan sesuatu. Nah, salah satu game edukasi yang bisa dimainkan anak untuk belajar mewarnai adalah Coloring & Learn. Di game ini, anak tidak hanya sekedar belajar mewarnai. Namun juga diminta untuk mengenali dan mengindetifikasi objek tertentu seperti: matahari, bulan, bintang, planet, hingga hewan dan kendaraan. 


5. Doctor Kids



Saat masih kecil, sebagian dari kita mungkin akan menjawab "ingin menjadi dokter" saat ditanya tentang cita-cita. Begitupula dengan anak-anak kita. Sebagian dari mereka mungkin adapula yang akan menjawab demikian. Nah, berkat kemajuan teknologi mereka dapat mulai mengenali profesi ini lewat berbagai game edukasi seperti halnya Doctor Kids. Melalui game ini anak akan belajar tentang bagaimana menggunakan mikroskop, melakukan pemeriksaan gigi, dan masih banyak lagi. 


6. Cooking Mama: Let’s Cook!



Jika anak terliat punya minat dalam memasak, tak ada salahnya untuk mengunduhkan game Cooking Mama: Let’s Cook! bagi anak. Melalui game ini, anak akan diajak untuk memasak sebuah hidangan tertentu berdasarkan resep yang diterimanya. Anak harus mengikuti setiap instruksi resepnya dengan benar jika ingin menghasilkan sebuah hidangan yang lezat. Tentu hal ini akan mengurangi risiko anak terkena minyak panas, sebab anak tidak perlu bersentuhan langsung dengan peralatan masak didapur. 


7. Chess for Kids



Bermain catur disebut-sebut dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi anak. Tak hanya itu, catur juga diyakini mampu mengembangkan kemampuan problem solving anak. Masalahnya, catur bukan merupakan permainan yang cukup populer dikalangan anak-anak. Di Indonesia sendiri catur lebih sering dimainkan oleh mereka yang telah dewasa. Padahal sejatinya, catur dapat dimainkan oleh segala umur. Tak terkecuali oleh anak-anak. Lagi-lagi, berkat kemajuan teknologi anak kini dapat terhubung dengan teman-temannya dibelahan dunia lain untuk bermain catur bersama. Salah satunya melalui game Chess for Kids. 


Nah, itulah 7 game edukasi yang bisa dimainkan anak secara gratis di gadget mereka. Masih banyak sebetulnya permainan edukasi dengan tema lain seperti puzzle yang bisa dimainkan anak. Dan lagi-lagi, orang tua dituntut untuk dapat memilihkan game yang sesuai dengan usia anak. 

 

Related Posts

Load comments

Comments