Berikut, 10 Aturan Table Manner yang Paling Umum dalam Sebuah Jamuan Resmi!


Table manner sendiri dapat diartikan sebagai aturan umum yang digunakan dalam sebuah jamuan resmi. Misalnya, saat kita diundang makan oleh bos atau atasan kita. Dimana aturan ini meliputi berbagai hal, mulai dari cara makan, cara duduk, hingga cara menggunakan berbagai peralatan makan yang tersedia.


10 aturan table manner yang wajib untuk kamu ketahui!



Tentu, setiap negara memiliki budaya dan kebiasaan serta aturan table manner yang berbeda-beda. Di Indonesia misalnya, makan dengan menggunakan tangan kosong telah dianggap sebagai sesuatu hal yang biasa atau lazim untuk dilakukan. Terutama saat kita tengah singgah dirumah makan bernuansa saung yang menyajikan menu seafood dan sejenisnya. Namun dinegara lain, makan dengan tangan kosong alias tidak menggunakan peralatan makan apapun dianggap sebagai hal yang kurang sopan.  


Lantas apa sajakah aturan table manner yang paling umum dalam sebuah jamuan resmi? mari kita bahas satu-persatu


1. Tunggu hingga semua orang duduk


Hal pertama yang penting untuk kalian lakukan dalam sebuah jamuan resmi adalah menunggu semua orang duduk terlebih dahulu. Selapar apapun kalian, usahakan untuk tidak menyantap makanan sebelum semua orang duduk, karena hal ini akan dianggap tidak sopan.   


2. Mengunyah makanan dengan mulut tertutup


Pernahkah kalian ditegur oleh seseorang karena berkecap saat mengunyah makanan? Jika pernah, kalian perlu berterima kasih pada orang tersebut. Karena dalam sebuah jamuan resmi, hal ini memang dianggap tidak sopan. Makan dengan mengatupkan bibir sendiri sejatinya merupakan adab makan yang wariskan oleh pemerintah kolonial Belanda kala menjajah Indonesia dulu. Yang kemudian diteruskan oleh kaum bangsawan dan keturunan keraton. 


Namun jangan terburu-buru menghakimi mereka yang makan dengan berkecap. Karena kebiasaan berkecap sendiri sejatinya juga diwariskan oleh pemerintah Jepang saat menduduki Indonesia dulu. Oleh orang Jepang, berkecap saat makan dianggap sebagai cara terbaik untuk menghargai orang yang telah memasak dan menghidangkan makanan tersebut. Karena dengan berkecap secara tidak langsung mereka sedang menyampaikan bahwa "makanan tersebut sangatlah enak".


Kendati demikian, masyarakat Jepang pun setuju bahwa makan dengan mulut tertutup memang merupakan cara makan terbaik dalam sebuah jamuan resmi.


3.  Habiskan dahulu makanan yang ada didalam mulut kita, sebelum mengambil suapan berikutnya


Buat kamu yang sering makan dengan tergesa-gesa. Kamu perlu mengubah kebiasaan ini saat tengah menghadiri sebuah acara formal. Karena mengambil suapan baru, saat mulut masih penuh dengan makanan merupakan hal yang juga dianggap tidak sopan. 


4. Tidak berbicara saat tengah mengunyah makanan


Kalian boleh saja berbicara, namun ketika mulut sudah kosong dari makanan. Hal ini karena berbicara sambil mengunyah makanan dianggap sebagai hal yang kurang sopan. 


5. Tidak menjauhkan piring, setelah selesai makan


Kebanyakan dari kita terbiasa menjauhkan atau mendorong piring sedikit lebih maju setelah selesai makan. Namun dalam sebuah jamuan resmi hal ini dianggap tidak sopan. 


6. Tidak memegang kursi atau meletakkan siku di meja


Selain cara makan, cara duduk pun turut diatur dalam table manner. Memegang kursi atau meletakkan siku dimeja makan juga dianggap sebagai hal yang kurang sopan untuk dilakukan dalam sebuah jamuan resmi


7. Katakan "Tidak, terima kasih!", jika ingin menolak sebuah hidangan


Dalam sebuah jamuan resmi, saat seseorang menawarkan sebuah hidangan yang tidak kita sukai. Kita dapat mengatakan pada orang tersebut "Tidak, terima kasih!". Begitupula saat kita sudah tidak mampu menyantapnya karena sudah terlalu kenyang kita dapat mengatakan "Tidak, terima kasih!".  Hal ini dianggap sebagai cara yang cukup sopan untuk menolak sebuah hidangan.


8. Katakan "Maaf", saat hendak bersendawa


Kamu boleh saja bersendawa dalam sebuah jamuan resmi, namun ucapkan "maaf" terlebih dahulu pada orang-orang disekitarmu  sebelum melakukan hal tersebut. 


9. Katakan "Permisi", sebelum meninggalkan meja makan


Jika hendak mengangkat telepon atau terpaksa meninggalkan meja makan karena alasan tertentu, kalian bisa mengatakan "Permisi" sebelum meninggalkan meja makan. 


10. Tidak menjilati jari, setelah selesai makan


Setiap kita rasanya pernah menjilati sisa makanan yang masih menempel dijari-jari kita. Tak masalah memang jika hal ini ingin dilakukan dirumah. Namun dalam sebuah jamuan resmi, hal ini tentu akan dianggap tidak beradab.  


Nah, itulah 10 aturan table manner yang paling umum dalam sebuah jamuan resmi. Table manner sendiri sejatinya dibuat untuk menjaga "ketenangan" dimeja makan dan menghormati orang-orang yang tengah makan bersama-sama dengan kita.  

Related Posts

Load comments

Comments