Berikut, 7 Makanan Penambah Hb yang Bisa Dikonsumsi oleh Para Ibu Hamil


Saat hamil, para ibu amat beresiko mengalami penurunan hemoglobin (Hb) alias anemia. Padahal hemoglobin inilah yang bertugas untuk menyalurkan oksigen keseluruh tubuh. Itulah mengapa, dimasa kehamilan para ibu amat dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai makanan bergizi, khususnya yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin (Hb). Hal ini untuk mencegah berbagai resiko kehamilan yang mungkin terjadi, seperti bayi yang terlahir prematur.


Idealnya, kadar hemoglobin (Hb) pada wanita dewasa berkisar antara 12 hingga 16 g/dL. Maka seorang wanita dewasa atau ibu hamil baru akan disebut anemia jika memiliki kadar hemoglobin (Hb) dibawah 12 g/dL. Namun demikian, kadar Hb pada ibu hamil masih akan dianggap normal jika tidak ada gejala atau keluhan apapun sekalipun angkanya ada dibawah 12 g/dL. Umumnya dokter hanya akan mengklasifikasikan hal ini sebagai Anemia ringan yang terjadi karena produksi plasma darah yang jauh lebih banyak dari yang seharusnya.


Makanan Penambah Hb Untuk  Ibu Hamil



Nah, satu-satunya cara terbaik untuk menaikkan hb pada ibu hamil adalah dengan meningkatkan asupan nutrisinya. Baik melalui konsumsi daging, kacang-kacangan, serta buah dan sayur maupun melalui berbagai suplemen kehamilan yang dianjurkan dokter. Berikut, daftar makanan penambah hb yang bisa dikonsumsi oleh para ibu hamil


1. Daging Merah


Sebagai salah satu sumber protein hewani yang baik bagi tubuh, daging merah juga mengandung banyak zat besi. Yakni bahan bakar yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hemoglobin (Hb). Idealnya, para ibu hamil membutuhkan sekitar 27 mg zat besi setiap harinya. Itu artinya, dengan mengkonsumsi sekitar 600 gr daging merah tanpa lemak kebutuhan ini dapat terpenuhi. Namun demikian, hal ini masih harus dibarengi dengan kebiasaan baik lain seperti mengurangi konsumsi teh, kopi, hingga minumal beralkohol. Karena ketiga minuman ini diyakini dapat menghambatan penyerapan zat besi didalam tubuh


2. Kacang-kacangan


Dimasa kehamilan, para ibu biasanya akan dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai kacang-kacangan, seperti : kacang tanah, kacang merah, kacang polong, hingga kacang almond. Mengapa demikian? Hal ini karena kacang-kacangan diyakini mengandung banyak asam folat serta asam lemak omega 3 dan 6 yang bagi perkembangan janin. Seperti halnya zat besi, asam solat juga merupakan salah satu bahan bakar yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hemoglobin (Hb).


3. Susu dan berbagai produk turunannya


Yang dimaksud dengan produk turunan disini ialah: keju, yogurt, dan lain sebagainya. Utamanya, susu penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung banyak vitamin D & Kalsium. Elemen penting yang dibutuhkan tubuh untuk menopang berat badan. Karena setidaknya, ibu hamil membutuhkan 1.000 mg kalsium setiap harinya. Namun selain itu, susu juga diyakini kaya akan Vitamin B12. Salah satu bahan bakar yang juga dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel darah merah yang rusak dan menghasilkan hemoglobin (Hb)


4. Sayur dan Buah-buahan


Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penyerapan zat besi adalah dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya akan vitamin C, seperti buah dan sayur. Bayam misalnya, selain kaya akan zat besi dan asam folat, bayam juga diyakini kaya akan vitamin C. Dengan mengkonsumsi 50 - 60gr sayur bayam, tubuh sama saja telah memenuhi 40-50% kebutuhan harian akan vitamin C.


5. Sea food


Jenis sea food seperti udang dan kerang juga mengandung zat besi yang cukup banyak. Begitupula dengan ikan tuna yang mengandung 1,5 hingga 2mg zat besi /100gr timbangannya.


6. Daging Ayam


Tak hanya daging ayam sebetulnya, para ibu hamil dapat pula mengkonsumsi daging unggas lain seperti daging bebek untuk meningkatkan kadar Hb. Hal ini karena daging unggas juga mengandung zat besi jenis heme yang juga dimiliki oleh daging merah (daging sapi). Dengan mengkonsumsi 100gr daging unggas, para ibu hamil telah memenuhi 13% dari total kebutuhan zat besi yang dibutuhkan tubuh.


7. Tahu dan Tempe


Sebagai produk turunan dari kacang kedelai, tahu dan tempe nyatanya juga kaya akan zat besi. Didalam 100gr tempe misalnya terkandung lebih kurang 2,7mg zat besi. Begitupula dengan tahu, terdapat 2,66mg zat besi didalam 100gr tahu yang sering kita konsumsi. Tak hanya protein dan zat besi, tahu dan tempe juga mengandung beragam mineral penting yang dibutuhkan tubuh seperti halnya kalsium yang juga amat dibutuhkan wanita dimasa kehamilan.


Nah, itulah 7 makanan penambah hb yang bisa dikonsumsi oleh para ibu hamil. Dengan memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi dimasa kehamilan, kesehatan ibu dan janin diharapkan dapat terus stabil hingga masa persalinan. Si kecil pun diharapkan dapat lahir dalam kondisi sehat dan normal.


Related Posts

Load comments

Comments