7 Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Kita


Mengkonsumsi daun dan bunga pepaya mungkin tidak sepopuler mengkonsumsi bayam atau kangkung. Hal ini karena rasa dari daun dan bunga pepaya yang memang cukup pahit. Namun demikian, keduanya diyakini memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan. Seperti mampu menyeimbangkan kadar gula darah, hingga mempercepat proses metabolisme tubuh. Nah, kali ini kita akan coba fokus membahas bunga pepaya. 


Bunga pepaya sendiri berasal dari pepaya lanang alias jantan. Dimana pepaya jenis ini, biasanya memang tidak akan berbuah. Berbeda dengan bunga yang tumbuh pada pepaya betina, pada pepaya lanang bentuknya terlihat jauh lebih panjang serta tidak memiliki putik. Bunga dari pepaya lanang umumnya juga akan terlihat bergerombol dalam jumlah cukup banyak. Berbeda dengan bunga pada pepaya betina yang umumnya hanya sedikit dan terlihat lebih pendek. 


Manfaat Bunga Pepaya



Sayuran yang sering diolah dengan cara ditumis ini juga memiliki beragam kandungan nutrisi, seperti; vitamin, zink, protein, fosfor, kalsium hingga zat besi. Nah untuk lebih jelasnya, berikut manfaat bunga pepaya bagi kesehatan tubuh kita:


1. Menyeimbangkan kadar gula darah


Bagi para penderita diabetes, mengkonsumsi bunga pepaya diyakini mampu menyeimbangkan kadar gula darah. Ekstrak atau air rebusan dari bunga pepaya yang diminum selama 30 hari berturut-turut diyakini mampu menurunkan kadar gula darah yang tinggi secara signifikan. Tak hanya itu, ekstrak bunga pepaya juga diyakini mampu memperbaiki fungsi dari sel-sel pankreas dan menyeimbangkan kadar gula darah didalam tubuh. Hal ini juga telah didukung oleh berbagai riset dan penelitian ilmiah.


2. Baik untuk dikonsumsi saat sedang diet


Buat kamu yang tengah menjalani sebuah program diet, tumis bunga pepaya dapat menjadi salah satu hidangan yang bisa kamu konsumsi. Hal ini karena kandungan karbohidratnya yang tergolong cukup rendah. Beberapa riset bahkan menunjukkan ~ bahwa kandungan karbohidrat yang ada didalam bunga pepaya, juga jauh lebih rendah ketimbang karbohidrat yang ada dalam tanaman teh.  


3. Mencegah penyakit kanker


Kandungan polifenol serta flavonoid yang melimpah didalam bunga pepaya juga diyakini mampu membantu tubuh memerangi sel-sel kanker. Yap, keduanya terbukti ampuh mencegah serangan radikal bebas yang menjadi biang keladi timbulnya sel-sel kanker didalam tubuh. Kedua senyawa ini bahkan dipercaya mampu menjaga dan meningkatkan sistem imun. Hal ini karena polifenol juga dikenal memiliki sifat antioksidan, antiperadangan, antitumor, antialergi serta antivirus.


4. Baik untuk kesehatan jantung


Glycosides dan sterol yang ada didalam bunga pepaya juga diyakini mampu menjaga kesehatan jantung. Glycosides mampu membuat kerja jantung menjadi lebih efisien, dengan cara meningkatkan kemampuan jantung saat memompa darah. Sementara disisi lain, sterol memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.


5. Mengatasi infeksi atau peradangan


Tak hanya mengurangi, senyawa triterpenoid dan polifenol yang ada didalam bunga pepaya juga dipercaya mampu mengatasi berbagai infeksi atau peradangan. Misalnya infeksi pada saluran pernapasan yang menyebabkan seseorang menderita penyakit asma. Cara kerjanya adalah dengan meruntuhkan tembok dari sel-sel bakteri yang menginfeksi tubuh. Serta melemahkan kemampuan mikroorganisme penyebab penyakit. 


6. Baik untuk kesehatan mata


Kandungan beta-karoten yang ada didalam bunga pepaya juga diyakini baik bagi kesehatan mata. Hal ini karena tubuh kita mampu mengubah beta-karoten menjadi Vitamin A. 


7. Mempercepat proses metabolisme tubuh


Metabolisme yang baik dapat membantu tubuh mengurangi timbunan lemak. Namun dibutuhkan energi ekstra unuk meningkatkan proses metabolisme tersebut. Kabar baiknya, kandungan tanin yang ada didalam bunga pepaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan penggunaan energi yang dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme. Sehingga dengan demikian, proses metabolisme menjadi jauh lebih cepat. 


Nah, itulah 7 manfaat bunga pepaya bagi kesehatan tubuh kita. Kendati cukup pahit, tersimpan beragam manfaat manis dari sayuran yang satu ini. 

Related Posts

Load comments

Comments