Kebutuhan Keamanan Data Center dan Server Hosting Suatu Perusahaan



Data center bisa diumpamakan sebagai sebuah rumah yang menjadi tempat berkumpulnya data-data yang terhubung dari server menuju client, melalui jaringan internet. Bentuknya bisa berupa sebuah hardware, sebuah ruangan, bahkan sebuah gedung.


Sebagai pusat data, data center harus menjamin keamanan data yang disimpan secara menyeluruh. Data center juga harus menyediakan koneksi yang stabil atau tanpa terputus dengan kecepatan yang tinggi, agar dapat selalu diakses oleh orang banyak.


Cara Kerja Data Center



Untuk bisa menjamin berbagai kebutuhan ini, data center harus berada di tempat yang aman dan terlindungi dari berbagai ancaman, baik ancaman bencana maupun ancaman non geografis lain seperti gangguan internet. Selain itu, pusat data juga harus berada di tempat yang memiliki sirkulasi udara dan sistem pendingin yang baik agar dapat bekerja dengan optimal, sehingga ketahanan pemakaiannya dapat lebih lama.


Lantas bagaimana data center bekerja? Data center sendiri umumnya digunakan sebagai media penyimpanan server, manajemen dan pengelolaan data, hingga sarana penyebaran data dan informasi yang akan diakses melalui jaringan internet. Untuk keperluan tersebut, tentu lokasinya juga harus dilengkapi dengan perangkat jaringan komputer yang juga terhubung ke jaringan internet.


Selain itu, data center juga harus dilengkapi dengan berbagai instrumen pengolahan data. Hal ini karena data center juga akan digunakan sebagai pusat pengelolaan dan pemrosesan data. Perangkat ini umumnya memiliki cakupan jaringan yang sangat luas atau biasa disebut eyeball, yakni mulai dari level nasional hingga sampai pada level internasional.


Salah satu perusahaan penyedia data center Indonesia terbaik yang telah cukup lama melayani kebutuhan masyarakat dibidang ini adalah neuCentrIX. neuCentrIX merupakan pusat data dan penyedia layanan cloud untuk bisnis yang memberi kenyamanan fungsi carrier-neutral. Terletak di lebih dari 13 kota besar di Indonesia, pusat data neuCentrIX menyediakan kapasitas besar dengan jangkauan luas dan konektivitas tanpa batas. 


Keamanan dari data yang kita simpan, juga erat kaitannya dengan Virtual Private Server atau VPS. Virtual Private Server sendiri pada dasarnya merupakan jenis server hosting yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi satu server fisik menjadi beberapa kompartemen virtual berbeda, dengan meniru sebuah server yang terdedikasi.


Konfigurasi ini memungkinkan pengguna untuk terbebas dari batasan server fisik, termasuk kemampuan untuk memperluas kapasitas server setiap kali diperlukan. Selain itu, Virtual Private Server juga telah dilengkapi dengan teknologi yang mampu memisahkan masing-masing pengguna, sehingga dapat memberikan kecepatan, privasi, dan opsi personalisasi dari server tersendiri.


VPS berguna untuk sebuah bisnis karena mampu menyediakan hosting server yang kuat namun tetap terjangkau untuk mendukung kebutuhan berbagai situs web dan aplikasi tingkat lanjut. VPS juga memiliki berbagai macam fungsi dan kegunaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing pengguna.


Related Posts

Load comments

Comments