Punya Masalah Rambut Rontok? Berikut, 7 Cara Menebalkan Rambut Secara Alami yang Bisa Kamu Coba Dirumah!


Buat kamu yang memiliki masalah rambut rontok, jangan dulu merasa minder karena volume rambutmu yang kian hari kian menipis. Karena kabar baiknya, masih ada berbagai cara alami yang bisa kamu tempuh untuk mengatasi hal tersebut. Yap, kamu bisa mulai menutrisinya dengan berbagai bahan alami seperti telur dan ekstrak jeruk. Namun sebelum mulai melakukannya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali penyebabnya. 


Penyebab rambut rontok bisa bermacam-macam. Ada yang memang mengalami hal ini karena faktor genetik atau keturunan. Namun adapula yang mengalami penipisan rambut karena stres yang berlebih atau perawatan rambut yang salah. Mengenali penyebab rambut rontok dapat membantumu melakukan perawatan rambut dengan cara yang tepat. 


Cara Menebalkan Rambut Secara Alami 


Cara menebalkan rambut yang paling aman, tentu saja adalah dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang ada disekitar kita. Selain cukup praktis dan mudah didapat, penggunaan bahan alami dapat memangkas budget perawatan rambut yang biasanya cukup mahal. Ingin tahu apa sajakah bahan alami yang dimaksud? mari kita bahas satu persatu.


1. Lidah Buaya




Sejak lama Aloe Vera atau Lidah Buaya memang dikenal sebagai penyubur rambut alami. Kandungan asam lemak, asam amino esensial, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B12, hingga mineral tembaga dan zinc yang ada didalamnya dipercaya berkhasiat untuk melembapkan kulit kepala, memperkuat akar rambut, serta menebalkan rambut tipis. Cara penggunaannya pun terbilang cukup mudah. Kamu cukup memotong sedikit bagian pelepahnya, untuk menemukan gel yang ada didalam pelepah tersebut. Gel itulah yang nantinya dapat kamu gunakan untuk menebalkan rambut. Cukup oleskan gel tersebut ke seluruh bagian kulit kepala, dan diamkan minimal 30 menit sebelum membilasnya dengan air bersih. Lakukan hal tersebut secara rutin selama beberapa minggu kedepan untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. 


2. Minyak Zaitun




Selain Aloe Vera, ekstrak minyak zaitun juga seringkali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan shampo kondisioner. Hal ini karena kandungan asam oleat, asam palmitat, asam omega-3, squalen serta berbagai vitamin yang ada didalamnya. Berbagai kandungan itulah yang diyakini amat berkhasiat untuk melembapkan kulit kepala, mengatasi rambut bercabang, mengurangi ketombe, melembutkan rambut, hingga menguatkan akar rambut serta mencegahnya dari kerontokan. Cukup panaskan minyak zaitun hingga terasa menyamai suhu tubuh kita, kemudian oleskan keseluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan shampo agar tidak terasa lengket. Atau jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal. kamu bisa mengoleskannya dimalam hari, dan mendiamkannya selama semalaman sebagai masker rambut dan baru membilasnya saat hendak mandi keesokan harinya. 


3. Minyak Kemiri




Hingga saat ini, banyak orang tua yang masih menggunakan minyak kemiri sebagai bahan alami untuk menyuburkan rambut anak-anak mereka. Kandungan Omega-3 dan 6 serta asam gamma-linoleic yang ada didalamnya dipercaya cukup ampuh merangsang pertumbuhan rambut dan mencegahnya dari kerontokan. Seperti halnya minyak zaitun, kamu cukup melumurinya di seluruh bagian rambut dan kulit kepala serta mendiamkannya selama kurang lebih 30 menit sebelum membilasnya dengan shampo dan air bersih. 


4. Alpukat




Tahukah kamu? selain enak untuk di jus, alpukat pun ternyata amat bermanfaat untuk menebalkan rambut. Hal ini karena adanya kandungan vitamin E dan biotin didalamnya. Yap, Biotin sendiri dipercaya bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala, sedangkan vitamin E diyakini berkhasiat ntuk melembapkan rambut. Lantas bagaimana cara menggunakannya? Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu melumat daging alpukat dan mencampurkannya dengan 1 sendok makan minyak zaitun atau minyak kemiri. Dan menggunakannya sebagai masker rambut selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu kamu bisa langsung membilasnya dengan shampo dan air bersih. 


5. Jeruk Nipis




Kandungan asam sitrat yang ada didalam jeruk nipis dipercaya cukup ampuh untuk mengusir ketombe yang membandel di kulit kepala. Tak hanya itu, Jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut. Maka tak heran jika ekstrak dan air perasan jeruk nipis seringkali dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut. Kamu cukup memijatkannya secara merata keseluruh permukaan kulit kepala selama kurang lebih 45 menit. Sebelum membasuhnya dengan air bersih.


6. Telur




Hampir setiap kita pernah merasakan di ceploki telur saat berulang tahun. Entah dari mana ide awalnya, namun telur sendiri ternyata memang bermanfaat untuk menebalkan rambut. So, berterima kasihlah kepada teman-temanmu yang pernah menceploki telur diatas kepalamu, karena tanpa sadar mereka telah membantumu melakukan perawatan rambut secara gratis hehe. Kandungan protein yang amat tinggi didalam telur ayam ternyata amat bermanfaat untuk menebalkan dan mengokohkan rambut. Tak heran jika telur pun seringkali didaulat sebagai bahan dasar pembuatan shampo kondisioner. Nah, buat kamu yang ingin mencobanya. Cukup kocok 2 butir telur ayam dan gunakan itu sebagai masker rambut selama kurang lebih 30 menit. Lalu bilas dengan shampo dan air bersih.


7. Bawang Merah




Cara menebalkan rambut yang terakhir adalah dengan menggunakan bawang merah. Yap, bawang merahpun ternyata bermanfaat untuk menebalkan rambut. Hal ini karena adanya kandungan sulfur yang dapat menutrisi folikel rambut. Cara menggunakannya pun terbilang amat mudah, cukup blender beberapa siung bawang merah dan lumuri secara merata diatas kulit kepala. Namun berhati-hatilah, agar ekstraknya jangan sanpai mengenai daerah sekitar mata agar tidak menimbulkan rasa pedih dimata. Cukup diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan shampo dan air bersih. 


Nah, itulah 7 cara menebalkan rambut secara alami yang dapat dengan mudah kamu lakukan sendiri dirumah. Untuk hasil yang lebih optimal, jangan lupa untuk melakukannya secara rutin dan mengimbanginnya dengan berbagai asupan makanan bergizi. Dan yang terpenting, selalu jaga kadar stresmu agar tak berdampak buruk pada kesehatan rambut dan kulit kepala. 


Selamat mencoba :)


Related Posts

Load comments

Comments