Berikut, 5 Cara Untuk Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami



Ada beragam cara untuk menghilangkan karang gigi secara alami. Mulai dari menggunakan kulit jeruk hingga baking soda atau cuka putih. Namun apa sebenarnya karang gigi itu? Bagaimana ia terbentuk? Dan bagaimana cara mengatasinya? 


Karang gigi sendiri sebetulnya merupakan tumpukan plak yang mulai mengeras karena tidak segera dibersihkan. Yang jika dibiarkan secara terus menerus dapat mengakibatkan berbagai gangguan mulut, seperti sakit gigi (karena adanya kerusakan gigi), gusi bengkak, hingga bau mulut. Itulah mengapa, kamu amat dianjurkan untuk segera menyikat gigi setelah makan. Tujuannya adalah, supaya sisa-sisa makanan yang tertinggal didalam rongga mulut dapat segera keluar dan tidak menjadi plak yang membandel. Karena dari plak inilah, karang gigi dapat terbentuk.


Cara untuk menghilangkan karang gigi secara alami




Lantas bagaimana jika karang gigi sudah terlanjur terbentuk? Masih bisakah hal ini diatasi? Jawabannya YA, kamu masih dapat mengatasinya. Jika tak mau repot, kamu bisa langsung mengkonsultasikan hal ini ke dokter gigi. Umumnya, kamu akan dianjurkan untuk menjalani prosedur scaling alias pembersihan karang gigi. Namun jika ingin mengatasi karang gigi secara alami, kamu dapat mencoba beberapa cara untuk menghilangkan karang gigi secara alami berikut ini:


1. Menggunakan Kulit Jeruk




Tahukah kamu, kalau kulit jeruk ternyata cukup efektif untuk membersihkan karang gigi? Yap, kamu dapat menggunakan bagian dalam kulit jeruk untuk menggosok gigi, atau memblendernya menjadi pasta gigi alami yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan karang gigi. Namun sebelum melakukan hal ini, pastikan untuk mencuci bersih kulit jeruk tersebut terlebih dahulu. Dan jangan lupa untuk melakukannya secara rutin selama beberapa waktu kedepan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


2. Menggunakan Minyak Kelapa




Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa murni alias virgin coconut oil (VCO). Cukup mahal memang, namun hasilnya akan cukup sebanding. Cara menggunakannya pun terbilang cukup mudah. Cukup tuang 1 sendok makan minyak kelapa murni kedalam sendok, dan gunakan itu untuk berkumur selama 10 hingga 15 menit. Kalau sudah, silahkan buang dengan meludahkannya. Dan gosoklah gigimu seperti biasanya dengan menggunakan pasta gigi. 


3. Menggunakan Aloe Vera atau Lidah Buaya




Menurut sebuah studi ilmiah yang di publikasikan beberapa tahun silam oleh Journal of Oral Health and Dental Management. Aloe Vera atau Lidah Buaya dapat digunakan sebagai "mouthwash alami". Kandungan yang ada didalamnya, diyakini dapat memberikan efek yang sama dengan efek yang dihasilkan oleh mouthwash berbahan dasar chlorhexidine. Kamu cukup menggosokkan potongan lidah buaya ke permukaan gigi hingga batas gusi dan mendiamkannya selama kurang lebih 10 menit. Kalau sudah, kamu bisa langsung membilasnya dengan air dingin, atau menggosok gigi seperti biasanya. 


4. Menggunakan Garam dan Cuka Putih




Selama ini, larutan garam cukup lazim digunakan untuk berkumur saat gigi terasa sakit dan nyeri. Hal ini karena kandungan Natrium klorida didalam garam diyakini dapat membunuh bakteri didalam rongga mulut. Namun tahukah kamu, kalau garam yang dicampur dengan cuka putih ternyata cukup efektif untuk menghilangkan karang gigi? Yap, kandungan asam asetat yang ada didalam cuka putih dipercaya mampu mencegah pembentukan plak gigi. Maka jika kedua bahan alami ini dicampur, kamu dapat menggunakannya untuk membersihkan karang gigi. Caranya mudah, cukup campurkan 2 sendok tek garam dan 4 sendok teh cuka putih kedalam secangkir air hangat. Dan gunakan itu untuk berkumur selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. 


5. Menggunakan Baking Soda atau Soda Kue




Selain dapat mengatasi masalah gigi kuning, baking soda juga dipercaya ampuh untuk menghilangkan karang gigi. Ada beberapa cara untuk menggunakannya. 


Cara pertama adalah dengan mencampurkannya dengan garam. Untuk takarannya, kamu bisa mengira-ngira sendiri. Tak perlu terlalu banyak, karena kita hanya akan menggunakannya sebagai pasta gigi. Nah, kalau baking soda dan garam sudah tercampur rata. Gunakan campuran itu untuk menyikat gigi, terutama dibagian gigi yang banyak terdapat karang giginya. Jika sudah, kamu bisa berkumur atau menyikat gigi ulang dengan pasta gigi. 


Sementara cara kedua adalah dengan mencampurkannya dengan tomat yang sudah di blender. Caranya pun sama, kamu cukup mencampurkan tomat dengan baking soda secukupnya untuk digunakan sebagai pasta gigi. Atau jika tidak ada tomat, kamu dapat menggantinya dengan buah-buahan lain seperti pepaya atau strawberry. 


Dan untuk hasil terbaik, kamu tetap disarankan untuk terus melakukan beberapa tindakan pencegahan seperti menggosok gigi dengan teratur. Terutama setelah sarapan pagi dan sebelum tidur. Dan jangan lupa untuk menggunakan pasta gigi yang sesuai. Sebagai contoh, jika kamu termasuk penderita gigi sensitif kamu dapat menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi Sensitive Expert dari Pepsodent. Hal ini akan sangat membantumu agar tidak merasa ngilu saat menggosok gigi. Dan jika dirasa perlu, lakukan juga flossing alias membersihkan sela-sela gigi dengan benang bersih. Jika ada, berkumurlah juga dengan mouthwash. Dan terakhir, jangan lupa untuk membersihkan lidah. Karena menurut sebuah studi, 50% bakteri yang ada di mulut kita tanpa disadari sebetulnya bersarang di permukaan lidah. 


Nah, itulah 5 cara untuk menghilangkan karang gigi secara alami.  


Related Posts

Load comments

Comments