Fungsi Mesin Bubut Standar dan Komponennya



Mesin bubut standar merupakan jenis mesin bubut yang paling sering digunakan di berbagai bengkel. Mesin bubut standar jugalah yang biasanya digunakan pada program pelatihan ataupun kejuruan. Ada juga yang digunakan untuk industri manufaktur. Maka tak heran jika mesin bubut standar inilah yang paling sering digunakan dalam tahap pengenalan saat diadakannya pelatihan mesin bubut.


Komponen Mesin Bubut




Sebelum mulai menggunakannya, ada beberapa komponen pada mesin bubut yang wajib untuk kamu ketahui terlebih dahulu. Agar nantinya, mesin bubut yang kamu gunakan bisa bekerja dengan lebih optimal. Komponen tersebut, antara lain adalah:


1. Kepala tetap (Head Stock)

2. Meja/alas mesin (Bed Machine)

3. Kepala lepas (Tail Stock)

4. Eretan (Carriage)

5. Penjepit atau pemegang pahat (Tools Post)

6. Tuas atau handle

7. Poros pembawa dan poros transportir


Selain beberapa komponen utama yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa komponen atau peralatan pelengkap dari mesin bubut standar yang juga tak kalah penting untuk kamu ketahui, yaitu:


1.  Alat pencekam atau pengikat benda

  • Cekam kolet
  • Cekam

2.     Alat pembawa

3.     Pelat pembawa

4.     Pembawa

5.     Alat penahan benda kerja

  • Penyangga
  • Center


Fungsi Mesin Bubut Standar

Fungsi dari mesin bubut standar, antara lain adalah untuk:

  • Membubut facing,
  • Membubut lurus/Bertingkat,
  • Membubut Alur,
  • Membubut Ulir,
  • Membubut Bentuk,
  • Memperbesar lubang,
  • Memotong dan lainnya. Hanya saja mesin bubut standar ini memang belum dimodifikasi dengan perlengkapan canggih yang lainnya.


Mesin Bubut Standar Berkualitas dari Indotrading




Nah, setelah mengetahui apa itu mesin bubut standar, apa saja komponennya, dan apa fungsi utamanya. Buat kamu yang ingin memilikinya, kamu bisa menemukan mesin bubut standar berkualitas dengan membelinya secara langsung di Indotrading yang merupakan marketplace terpercaya untuk urusan alat berat dan industri. Kamu bisa mengunjungi website resminya di https://www.indotrading.com. Pada website tersebut terdapat beberapa kategori dan penawaran yang menarik. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan news.indotrading.com yang berisi tentang berita terkini dari indotrading


Lalu barang apa sajakah sebetulnya yang ada di indotrading? Ada beragam barang yang bisa kamu temukan dengan rentang harga terjangkau yang pas dikantong. Tidak hanya dari satu merek saja, namun ada berbagai merek yang tersedia dari berbagai kota dengan variasi harga yang menarik. Sehingga kamu bisa lebih dulu membandingkan harga barang yang kamu inginkan dari berbagai suplier yang sekota denganmu. Carilah yang sesuai dengan budget-mu. Dan mintalah penawaran dari suplier yang bersangkutan.


Jika masih ragu untuk membeli mesin bubut standar online, kamu bisa langsung datang ke toko fisik dari para suplier yang ada di marketplace Indotrading. Karena masing-masing suplier telah mencantumkan alamat tokonya di profil Indotrading mereka. Namun jika enggan mendatanginya secara langsung dan sudah cukup percaya dengan deskripsi yang telah diberikan, kamu bisa langsung membelinya lewat Indotrading. Di Indotrading, belanja lebih mudah, aman, cepat dan terjangkau. 


Related Posts

Load comments

Comments