Telapak Tangan Gatal, Penyebab dan Solusi Mengatasinya


Telapak tangan terasa gatal, mungkin pernah dirasakan oleh hampir sebagian besar orang. Tak jarang pula orang-orang mengaitkannya dengan mitos atau kepercayaan tertentu. Padahal jika dilihat dari segi medis, telapak tangan gatal bisa disebabkan oleh beberapa hal. Bahkan bisa jadi gatal yang terjadi di telapak tangan adalah karena sebuah penyakit tertentu. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui penyebabnya sehingga bisa mendapatkan solusi terbaik. 

Penyebab Telapak Tangan Gatal 


1. Reaksi Alergi (Dermatitis Kontak) 


Penyebab pertama telapak tangan gatal adalah karena adanya sebuah reaksi alergi yang dalam istilah medis sering disebut sebagai dermatitis kontak. Reaksi alergi ini termasuk subclass dari eksim. Tanda-tanda yang menyertainya antara lain; kulit terasa sangat gatal, kasar hingga timbul ruam merah. Biasanya ~ reaksi ini ditunjukkan saat bersentuhan dengan alergen atau penyebab reaksi alergi, seperti halnya debu, detergen, sabun atau parfum. 

Bagaimana cara mencegahnya? sebisa mungkin, hindari kontak langsung dengan alergen. Bagaimana jika sudah terlanjur? Cukup oleskan krim dengan kandungan menthol anthistamin di areal sekitar kulit yang terasa gatal dan terlihat memerah agar rasa gatalnya sedikit berkurang. 


2. Eksim 


Selanjutnya eksim yang juga terkenal menjadi penyebab rasa gatal pada kulit, tidak hanya pada telapak tangan namun juga pada kulit bagian tubuh lain seperti halnya kaki. Eksim yang terjadi di telapak tangan disebut dengan dyshidrosis. Gejalanya antara lain; telapak tangan gatal, memerah, pecah-pecah dan kering bahkan bisa melepuh. 

Penyakit ini biasanya terjadi pada orang-orang yang sering bersentuhan dengan bahan kimia, seperti petugas kebersihan, montir dan sejenisnya. Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan meminimalisir kontak langsung dengan bahan-bahan kimia penyebab gatal. Anda bisa mengenakan sarung tangan saat hendak bersentuhan dengan bahan-bahan kimia. Selain itu, gunakan antihistamin dan superpotent untuk meredakan gatalnya, atau bisa juga dengan krim pelembab. Usahakan juga untuk menjaga telapak tangan tetap kering.

3. Carpal Tunnel Syndrom 


Carpal Tunnel Syndrom adalah sebuah kondisi yang disebabkan kompresi saraf median. Biasanya  ~ kondisi ini terjadi akibat terlalu lama menulis, mengetik atau kegiatan lainnya yang menggunakan tangan dan jari. Selain rasa gatal, gejala lain yang mengikutinya adalah nyeri yang kemudian diikuti dengan mati rasa. Gejalanya sering timbul di malam hari. 

Ketika gejalanya mulai timbul, Anda bisa mengatasinya dengan menghindari aktivitas yang menggunakan tangan secara berulang dan terus menerus. 

Jika dirasa semakin memburuk, umumnya ~ dokter juga akan merekomendasikan Anda untuk mengenakan penyangga pada pergelangan tangan hingga proses pembedahan (jika diperlukan). Hal tersebut karena penyebab utama kondisi ini adalah saraf yang terhimpit atau terjepit dan guna mengurangi tekanan pada saraf tindakan medis tersebutlah yang biasanya akan direkomdasikan oleh dokter yang menangani Anda. Alternatif pengobatan lain yang bisa Anda coba adalah akupunktur. Akupuntur diyakini ampuh untuk mengurangi rasa sakitnya. 

4. Sirosis Bilier Primer (PCB) 


Sirosis Bilier Primer (PCB) merupakan gangguan pada autoimun yang menyerang saluran empedu. Normalnya cairan empedu akan mengalir dari organ hati menuju perut, namun pada penderita PCB, cairan ini justru mengendap di hati sehingga menyebabkan adanya jaringan parut. Gejala yang muncul umumnya adalah telapak tangan gatal kemudian disertai dengan rasa panas hingga muncul bercak. 

Gejala lain yang mengikuti selain rasa gatal tersebut adalah mual, nyeri tulang, diare, urin berwarna gelap, hingga berubahnya warna pada kuku, kulit dan bagian putih pada mata menjadi berwarna kuning. Solusi yang umumnya akan disarankan oleh dokter untuk mengurangi rasa gatal tersebut adalah dengan memberikan Questran (cholestyramine). Selain itu, penderita juga harus mendapatkan perawatan lain guna mencegah agar kerusakan hati tidak semakin parah. 

Nah, itulah tadi beberapa penyebab telapak tangan gatal dan solusi terbaik untuk mengatasinya. Telapak tangan yang terasa gatal mungkin pernah dialami oleh sebagian besar orang, namun sayangnya hal ini justru seringkali dikaitkan dengan mitos atau kepercayaan tertentu. Padahal, rasa gatal pada telapak tangan ini justru menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan lain yang lebih serius. Itulah mengapa, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab dan solusinya.



Related Posts

Load comments

Comments