Bunda, Yuk Kita Kenalan Sama Menu MPASI 4 Bintang


Tahukah bunda, kalau nilai gizi dari ASI yang bunda berikan kepada si kecil akan mulai menurun seiring bertambahnya waktu? di 6 bulan pertama usia pertumbuhan bayi, ASI yang bunda berikan masih amat sangat kaya dengan kandungan karbohidrat, protein, vitamin serta mineral. Namun, memasuki bulan yang ke-6, nilai gizi dari ASI yang bunda berikan ketika menyusui akan mulai menurun secara perlahan. Dan hal inilah yang sebetulnya menjadi dasar pemberian mpasi kepada bayi, saat usia pertumbuhannya telah memasuki bulan yang ke-6.

Yap, mpasi disini bertujuan untuk menunjang kebutuhan nutrisi bayi yang semakin bertambah serta menutupi nilai gizi ASI yang semakin berkurang. Sekalipun begitu, bunda tetap dianjurkan untuk terus menyusui si kecil hingga paling tidak berusia 2 tahun. Mengapa demikian? Supaya fase oralnya terpenuhi. Banyak ahli kandungan dan dokter spesialis anak yang meyakini, bahwa seorang anak yang kepuasan oralnya terpenuhi ketika masih bayi akan tumbuh menjadi anak yang jauh lebih "tough" atau kuat baik dari segi fisik maupun emosional. Hal ini karena kebutuhan batin dan kasih sayangnya telah terpenuhi melalui interaksi yang terjadi ketika bunda menyusuinya. Karena seperti yang telah sama-sama kita ketahui, kepuasan terbesar seorang bayi memang terletak pada mulutnya.

Kembali ke mpasi, selain kedua hal penting diatas, manfaat lain dari pemberian mpasi, antara lain adalah:

1. Untuk memenuhi kebutuhan energi bayi.
2. Untuk menunjang tumbuh kembangnya.
3. Untuk mendukung proses metabolisme-nya.
4. Dan terakhir, untuk mempercepat proses penyembuhannya ketika bayi mengalami sakit. Atau dengan kata lain, untuk meningkatkan sistem imunnya.

WHO sendiri menganjurkan pemberian mpasi dengan menu tunggal di 14 hari pertama pemberian mpasi. Menu tunggal disini artinya menu yang hanya menggunakan 1 jenis bahan makanan saja. Misalnya, hanya pisang saja atau hanya alpukat saja. Alasannya adalah supaya bunda bisa jauh lebih mudah mendeteksi gejala alergi yang mungkin timbul ketika anak mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Setelah 14 hari, bunda dianjurkan untuk sesegera mungkin memberikan menu mpasi 4 bintang.

Apa itu menu mpasi 4 bintang? menu mpasi 4 bintang adalah menu lengkap yang mengandung 4 unsur gizi sekaligus. Yakni karbohidrat, protein (baik nabati maupun hewani), lemak, serta vitamin dan mineral. So, sebuah menu mpasi baru dapat dikatakan sebagai menu mpasi 4 bintang jika ke empat unsur gizi tersebut seluruhnya telah terpenuhi. Itu artinya, sebuah menu mpasi yang hanya terdiri dari nasi dan 3 jenis sayur yang di tim saja belum bisa dikatakan sebagai menu mpasi 4 bintang, karena unsur yang terpenuhi barulah unsur karbohidrat, vitamin dan mineralnya saja.

Nah, untuk mendapatkan ke-empat unsur gizi tersebut. Bunda harus mulai rajin-rajin bertanya atau paling tidak mencari tau, jenis-jenis makanan apa sajakah yang mengandung ke-empat unsur gizi tersebut. Dan sebagai referensi, berikut beberapa makanan yang mengandung ke-empat unsur tersebut:

1. Unsur Karbohidrat




Bunda bisa memenuhi unsur karbohidrat dalam menu mpasi bayi, dengan menggunakan sumber makanan seperti: oatmeal, jagung, kentang, ubi dan sejenisnya. Bunda pun bisa menggunakan beras putih, beras merah, atau beras cokelat untuk memenuhi unsur gizi yang satu ini. Namun unsur karbohidrat yang terkandung dalam makan selain beras, sebetulnya memiliki nilai gizi yang jauh baik bagi bayi. Oiya bun, karbohidrat sendiri dibutuhkan bayi sebagai sumber energi atau tenaga untuk beraktivitas.

2. Unsur Protein



Unsur protein sendiri bisa bunda dapatkan melalui kacang-kacangan seperti tahu dan tempe, maupun dari daging ayam, daging sapi, ikan maupun telur. Unsur protein sendiri berfungsi untuk mendukung pertumbuhan tulang dan kecerdasan bayi.

3. Unsur Lemak



Singkirkan dulu anggapan keliru yang menyatakan bahwa lemak hanya akan menimbulkan "penyakit". Karena nyatanya, lemak sehat juga amat berguna bagi tumbuh kembang bayi. Bahkan kekurangan lemak bisa menyebabkan bayi sulit mencapai berat badan yang ideal.

Unsur lemak sehat yang bisa bunda berikan kepada si kecil antara lain berasal dari: alpukat, ikan, dan daging ayam. Lemak sendiri memiliki peranan yang cukup penting dalam proses tumbuh kembang bayi. Karena unsur inilah yang akan membantu memenuhi kebutuhan energinya, mendukung perkembangan otak dan tulangnya, serta sebagai pembentuk membran dan sel-sel dalam tubuhnya.

4. Unsur Vitamin dan Mineral



Unsur vitamin dan mineral, bisa bunda penuhi melalui pemberian buah dan sayur, seperti wortel, brokoli, bayam dan juga labu kuning. Fungsi vitamin dan mineral sendiri adalah sebagai penunjang pertumbuhan sel dan perkembangan otak maupun jaringan syaraf pada bayi.

Nah, itulah beragam makanan yang mengandung 4 unsur gizi yang amat dibutuhkan bayi pada masa tumbuh kembangnya.

Related Posts

Load comments

Comments