Bunda, Inilah 10 Tanda Bahwa Kamu Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat


Seorang wanita yang sudah menikah, biasanya memiliki keinginan untuk langsung segera memiliki momongan. Dan ketika tahu dirinya tengah mengandung, bukan hanya perasaan bahagia saja yang mereka rasakan, namun lebih jauh mereka juga akan merasa "lengkap" sebagai seorang wanita. Karena sebentar lagi, bunda akan segera memiliki bayi yang memang selama ini bunda idam-idamkan. Dan pada saat menjelang kelahiran, terutama setelah memasuki trimester ketiga. Bunda dituntut untuk mulai mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kelahiran sang bayi. Selain mempersiapkan budget untuk proses persalinan, bunda juga harus mempersiapkan isi tas yang akan dibawa ke rumah sakit, serta mental dan fisik yang prima untuk melahirkan. Dan yang tak kalah penting, bunda juga harus mengetahui tanda-tanda saat waktu kelahiran akan tiba. Karena dengan mengetahui tanda-tanda tersebut, bunda bisa menjadi semakin siap untuk menjalani proses persalinan dengan lebih matang lagi. Nah untuk itulah dalam artikel kali ini kami akan mencoba untuk membahas tentang 10 tanda akan melahirkan dalam waktu dekat, berikut 10 tanda yang biasanya akan bunda alami ketika waktu persalinan sudah semakin dekat:

1. Kontraksi


Biasanya, pada usia kehamilan 37 minggu, bunda sudah mulai akan merasakan yang namanya kontraksi. Hal ini disebabkan karena sang bayi sudah mulai turun ke tulang panggul lebih dalam lagi. Kontraksi ini akan lebih sering terjadi, dimana bisa terjadi 3 kali dalam beberapa menit. Namun, kontraksi palsu ini juga bisa disebabkan oleh dehidrasi atau kelaparan, dengan memiliki ciri yang tidak kuat dan tidak intens. Dan ketika mendekati persalinan, kontraksi ini akan lebih sering terasa. Biasanya dengan interval dari 10 menit sekali, menjadi 8, 5, hingga 3 menit sekali. Dengan durasi sekitar 20-40 detik/kontraksi. Oleh karena itu, jika bunda sudah mengalami kontraksi dengan sangat intens (dan bunda sudah semakin sulit berbicara), maka segera periksakan kandungan bunda ke dokter atau bidan terdekat.

2. Pecah Ketuban


Setelah terjadinya kontraksi, biasanya akan terjadi pecah ketuban. Kondisi ini bisa dirasakan dengan ciri-ciri seperti kencing yang sedikit. Menurut sebuah penelitian dari Ireland Health Service Executive, sekitar 80% wanita, akan melahirkan secara spontan dalam 12 jam setelah ketubannya pecah. Dan bagi wanita yang tidak mengalami pecah ketuban, dokter biasanya akan mengambil tindakan induksi karena resiko terjadinya infeksi memang akan meningkat jika induksi tidak dilakukan.

3. Payudara "Bocor"


Pada saat menjelang proses melahirkan, bunda akan mengalami payudara ‘Bocor’ atau ASI sudah mulai keluar dengan sendirinya. Air susu yang keluar ini adalah kolostrum, yang merupakan cairan kaya nutrisi yang sangat baik bagi bayi, dan bisa membuat ASI keluar dengan mudah dan lancar setelah melahirkan. Untuk itu, supaya tidak membuat baju bunda basah, maka sebaiknya gunakan breast pad yang diletakkan di balik bra yang bisa menyerap kolostrum tersebut.

4. Keluar Cairan Kental


Perlu diketahui, bahwa selama masa kehamilan mulut rahim bunda akan dilapisi oleh lendir atau cairan kental yang berwarna guratan merah, merah muda, atau cokelat. Cairan atau lendir ini akan keluar dalam beberapa hari sebelum melahirkan. Proses keluarnya, bisa dalam satu gumpalan atau sedikit demi sedikit dalam beberapa hari. Maka dari itu, untuk memastikan bahwa cairan kental itu bukan pendarahan, bunda dianjurkan untuk segera memeriksakannya ke dokter.

5. Serviks Mengembang


Tanda akan melahirkan dalam waktu dekat lainnya adalah leher rahim juga mulai membesar (membuka) serta mengecil (menipis). Untuk itu, mintalah bidan atau dokter untuk mengukur pelebaran serta penipisan melalui tes internal. Namun, bunda tidak perlu khawatir jika tanda ini tidak muncul atau terjadi, karena setiap wanita yang melahirkan memiliki tanda-tanda yang berbeda.

6. Sendi Lebih Kendur


Biasanya sekitar 1 minggu sebelum melahirkan, semua ligamen atau sendi akan menjadi kendur dan lemas, hal ini disebabkan oleh adanya hormon relaksin. Ternyata, kondisi ini bisa membantu bunda untuk membuka pelvis pada saat proses melahirkan.

7. Sering Kencing


Dalam hal ini bunda akan sering buang air kecil pada saat hamil, terutama di minggu terakhir kehamilan. Hal ini dikarenakan kondisi janin yang semakin besar sehingga akan menekan kandung kemih bunda.

8. Perubahan Cara Jalan


Ketika bunda berjalan menjadi agak menyilang seperti bebek atau koboi, hal ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa sang bayi akan segera lahir. Namun, jika hal tersebut mengganggu bunda, kemungkinan bunda mengalami pelvic girdle pain (PGP). Dalam hal ini, biasanya dokter akan merekomendasikan physiotherapist. Dimana, nantinya dokter akan mengajarkan  gerakan olahraga, atau menyediakan sabuk khusus untuk tulang panggul bunda.

9. Bengkak Pada Labia


Seperti yang sudah diketahui, bahwa wanita yang sedang hamil akan mengalami berbagai perubahan bentuk pada tubuhnya, seperti bengkak di kaki, payudara yang membesar, perut yang membesar, dan lain sebagainya. Dan ketika menjelang persalinan, labia atau bibir vagina juga akan bengkak. Hal ini dikarenakan volume darah pada tubuh bunda semakin meningkat. Oleh sebab itu, untuk meredakan bengkak ini, bunda bisa mengkompresnya dengan menggunakan ice pack.

10. Lebih Sering Mengalami Kram dan Nyeri Punggung


Ketika mendekati persalinan, sendi dan otot-otot meregang serta tubuh terasa pegal-pegal. Selain itu, bunda juga akan mengalami kram yang lebih sering. Bahkan, rasa nyeri juga bisa bunda rasakan, terutama pada area-area punggung dan pangkal paha.

Nah bagi bunda yang sudah mengalami tenda-tanda di atas, bunda harus mempersiapkan segala sesuatunya, terutama persiapan mental, karena sebentar lagi bunda dipastikan akan segera melahirkan si kecil. Dan bagi para suami, kalian dituntut untuk selalu siaga (siap antar jaga) ketika waktu persalinan sudah semakin dekat.


Related Posts

Load comments

Comments