Cara Mencegah dan Mengatasi Cacingan Pada Anak


Cacingan biasanya terjadi akibat adanya kuman yang ikut masuk kedalam pencernaan anak. Selain itu, pola hidup sehat pada anak juga mempengaruhi terhindarnya anak dari cacingan. Jadi coba biasakan dan terapkan pola hidup sehat anak, mulai dari berpakaian, pola makan dan lain sebagainya.

Cuci Tangan Sebelum Makan


Ajarkan pada anak untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, hal ini bertujuan agar kotoran dan kuman yang kemungkinan menempel pada tangan anak saat bermain bisa hilang dan tidak ikut terbawa makanan masuk kedalam pencernaan. karena penyebab utama terjadinya cacingan seperti yang sudah kita bahas di atas adalah karena adanya kuman yang ikut terbawa masuk bersama makanan ke dalam pencernaan anak.

Beri Pengertian Pada Anak


Pengertian disini maksudnya adalah dengan memberikan nasihat dan pengertian pada anak bahwa setiap benda yang ia sentuh tidak semunya bersih dari kuman, jadi ajari anak untuk mengerti bahwa menyentuh benda-benda yang kotor adalah hal yang tidak sehat dan dapat menyebabkan sakit. hal ini dilakukan agar anak tetap menjaga kontak langsung terhadap benda-benda yang tidak bersih. Karena sejatinya kita sebagai orang tua tentu tidak akan bisa terus menerus mengawasi apa saja aktivitas yang dilakukan anak selama seharian penuh, sehingga mengajarkan dan memberikannya pengertian mengenai hal ini diharapkan dapat membentuk kebiasaan baik anak untuk menjaga kebersihannya sejak dini, sehingga diluar pengawasan kita pun anak tetap akan menjaga kebersihannya dan  menghindari benda-benda yang dianggapnya tidak bersih.

Namun bagaimana jika sebelum kita menerapkan hal di atas ternyata anak sudah lebih dulu mengalami cacingan. Apa yang harus kita lakukan sebagai orang tua untuk mengobati dan mengatasinya?

Cara Mengatasi Cacingan Pada Anak Secara Alami

Sebelumnya, mari kita kenali dulu gejala dan tanda-tanda awal yang menunjukkan bahwa anak mengalami cacingan. Karena dengan mengetahui ciri-ciri tersebutlah kita bisa memberikan pengobatan yang tepat untuk mengatasinya. Dan berikut, ciri dan gejala awal pada anak yang mengalami cacingan:

1. Turunnya berat badan anak, sekalipun pola makan anak normal
2. Anak terlihat lesu dan tidak bergairah dalam artian terlihat tidak semangat
3. Mengalami diare dan muntah
4. Anak sering mengalami batuk
5. Mengalami masalah dan gangguan pada lambung

Nah, dengan mengetahui tanda-tanda tersebut, baru kita bisa memastikan apakah anak kita benar mengalami cacingan atau tidak. Atau untuk memastikannya, anda bisa membawa anak anda melakukan check-up ke puskesmas atau klinik terdekat. Namun jika anda cukup yakin bahwa anak anda mengalami cacingan, sebaiknya segera lakukan pengobatan alami agar anak kembali sehat dan dapat bermain lagi dengan teman-temannya.

Berikut cara mengatasinya:

1. Menggunakan Larutan Air Garam


Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan air garam, caranya cukup mudah, larutkan air garam ke dalam air hangat dan pastikan agar tidak terlalu asin, karena jika terlalu asin anak tidak akan mau meminumnya. Berikan larutan air garam tersebut kepada anak pada pagi dan malam menjelang tidur. Kandungan yang terdapat pada garam dapat membunuh cacing di dalam perut anak. Selain itu garam juga mampu mengatasi masalah diare.

2. Menggunakan Bawang Putih


Cara yang kedua adalah dengan menggunakan bawang putih, bawang putih memang memiliki senyawa aktif yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu khasiatnya adalah untuk mengobati cacingan pada anak. Anda bisa memberikan bawang putih untuk langsung dimakan oleh anak atau bisa juga dengan merebus bawang putih tersebut dan baru kemudian meminumkan air rebusan bawang putih tersebut pada anak.

3. Menggunakan Jus Wortel


Mungkin cara yang ketiga ini, akan jauh lebih disukai anak dibandingkan dengan cara pertama dan kedua, pasalnya wortel memiliki rasa yang lebih manis dan enak jika dibandingkan dengan air garam maupun bawang putih. Cara mengolahnya adalah dengan membuatkan jus wortel pada anak, dan memberikannya secara rutin setiap hari. Kandungan pada wortel bukan hanya mampu mengatasi masalah cacingan pada anak, namun dapat turut menyehatkan mata anak.

4. Menggunakan Rebusan Kulit Mangga


Ternyata, bukan hanya buahnya saja yang memiliki banyak kandungan bergizi, kulit mangga pun memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengatasi cacingan, kandungan di dalam kulit mangga dipercaya mampu membunuh cacing pada perut anak. Caranya adalah dengan merebus kulit mangga hingga mendidih, kemudian berikan air rebusan tersebut pada anak. Sebaiknya diminum pada pagi dan malam menjelang tidur

Selain dengan menggunakan cara-cara tersebut, masih ada begitu banyak bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah cacingan pada anak, seperti menggunakan biji pepaya, kelapa, akar delima dan lain sebagainya. Namun dibandingkan dengan biji pepaya yang pahit, anak tentu akan jauh lebih mudah mengkonsumsi 4 bahan alami yang telah kita bahas tadi.

Disinilah peran kita sebagai orang tua menjadi cukup penting, karena dengan mengenali gejala cacingan pada anak. Sedini mungkin, kita dapat mengantisipasi kekurangan berat badan yang terlalu jauh akibat terlalu lama membiarkan cacingan terjadi pada anak. Karena seperti yang telah sama-sama kita ketahui, anak yang mengalami cacingan, biasanya akan mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan karena nutrisi di dalam tubuhnya di ambil oleh cacing.

Nah, itulah kira-kira cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi masalah cacingan pada anak anda. 

Comments