Senin, 28 November 2016

Ini Dia, Resep Membuat Cookies Coklat Kenari Yang Renyah dan Melted di Mulut

Ilustrasi gambar oleh resephariini.com

Membuat panganan kue menjadi sebuah hal wajib yang dilakukan oleh hampir sebagian besar ibu-ibu rumah tangga, ketika peringatan hari raya besar seperti lebaran, natal, imlek, maupun tahun baru kian mendekat. Sebuah tradisi tahunan yang juga biasa dilakukan dirumah saya. Sebuah moment langka untuk bertemu beberapa saudara dan sepupu yang biasanya sibuk dengan rutinitasnya masing-masing. Dan berhubung, keahlian saya dibidang tata boga sampai detik ini, cuma sekedar sebagai penyicip alias bagian ngerasa-rasain apa yang masing kurang. Jadi, biasanya selain sebagai penyicip, saya juga dibebankan tugas lain untuk membeli bahan-bahan kue yang masih kurang. Yeah, i love it. Karena menuju supermarket sama artinya menuju tempat dimana kakak-kakak cantik biasa menyapa saya dengan ramah #GUBRAK

Lupakan!!!!

Yang menarik adalah, dari dulu sampai sekarang setiap kali masuk ke areal supermarket atau toko bahan-bahan kue, hampir semua orang yang ingin membeli mentega, termasuk juga saya. Pasti bakalan nanya gini "Mbak ada  Blueband?" atau "Mas mau beli Blueband dong". Jarang banget ada yang nanya gini "Mas ada mentega merk ini?" atau "Mbak saya mau mentega merk anu dong". Dan herannya antara si penjual dan si pembeli biasanya udah punya semacam koneksi batin yang kuat kalo sebutan Blueband adalah sebutan umum untuk mentega dari segala macam merk wkwkwk...

Bahkan dalam beberapa kali kesempatan, saya justru dikasih mentega merk sebelah, sekalipun secara lisan mulut saya udah jelas-jelas ngucapin "Mbak beli Blueband dong" dan entah sadar atau terhipnotis, dari begitu dikasih sampai pulang kerumah pun herannya saya nggak protes sama sekali karena di kasih mentega dengan merk berbeda dari yang ingin saya beli hahaha...

Syukurnya sampai dirumah, ibu saya juga nggak protes dan malah bilang "Lho kok masih ada kembalinya?" terus saya jawab "ya, masih kan menteganya bukan Blueband jadi harganya lebih murah", dan dengan sumringah ibu saya menjawab "Nah, kalau Blueband yang kaya gini ini, murah" #GUBRAK

Iya emang lebih murah, tapi begitu mateng rasanya hambar wkwkwk... serius, tanpa bermaksud untuk promo, sekalipun nggak ngerti urusan tata boga atau bikin-bikin kue sama sekali. Sebagai penikmat cemilan bergizi #halah semua panganan yang bahan baku menteganya menggunakan Blueband, rasanya emang jauh lebih enak.

Intinya sih rasa emang nggak pernah bohong #EhKokKayaIklan

Dan saya yakin anda juga pasti bakalan setuju, kalau saya bilang lebih baik bayar sedikit lebih mahal untuk rasa yang udah jelas enak, dari pada bayar sedikit lebih murah untuk rasa yang biasa-biasa aja. Right?

Nah bicara soal kue, salah satu jenis kue yang biasa dibuat dirumah saya ketika moment hari raya adalah kue cookies coklat. Udah pada tau kan ya cookies coklat tuh kue yang kaya gimana? Yap, kue coklat kering yang dikasih Chocochips di sekujur tubuhnya, yang ketika dikunyah coklatnya langsung melted dimulut. Hmmm yummy...

Nah kalo dirumah saya, biasanya resep cookies coklat yang sering dibikin kaya gini:

Bahan-bahannya:

  1. 400 gram Mentega Blueband (kok banyak? iya kaya ibu saya sih biar enak)
  2. 200 gram Gula halus
  3. 4-5 butir Kuning Telur
  4. 250 gram Tepung Terigu
  5. 50 gram Tepung Maizena
  6. 50 gram Coklat Bubuk (dirumah saya pada doyan cokelat)
  7. 30 gram Susu Coklat bubuk
  8. 100 gram Kacang kenari (orang-orang biasanya pake kacanag mete tapi dirumah saya lebih suka kacang kenari)
  9. Setengah sendok teh baking powder untuk pengembang
  10. Vanili secukupnya
  11. chocochips sesuai selera

Dan berikut langkah-langkah pembuatannya:

1. Siapkan mangkok pengaduk atau mau pake baskom juga terserah, kemudian campur mentega Blueband dengan gula halus, dan kocok hingga rata. Sangat disarankan untuk mengaduknya degan tangan, jangan dengan mixer.
2. Sambil di kocok, masukkan kuning telur satu-persatu dan kocok lagi hingga merata.
3. Tambahkan juga tepung terigu, tepung maizena, serta baking powder agar adonan mengembang, dan jangan lupa tanbahkan vanilla secukupnya untuk memperkuat rasa dan aroma.
4. Campur coklat bubuk dan susu coklat bubuk aduk hingga rata.
5. Kemudian siapkan kacang kenari yang telah dikupas dan potong kecil dengan pisau.
6. Jika sudah, campurkan kacang kenari yang telah dikupas dan chocochips secukupnya. Aduk hingga merata
7. Kemudian, siapkan loyang untuk memanggang. Jangan lupa dioleskan mentega supaya kue tidak lengket.
8. Nah, sekarang saatnya kita mencetak cookies coklat. Disini anda bisa menggunakan sendok makan atau lainnya. 
9. Susun satu-persatu adonan yang telah anda cetak dengan sendok di loyang. Usahakan jarak antara cetakan yang satu dengan yang lain tidak terlalu dekat karena ketika di oven biasanya kue akan mengembang melebihi volume saat dicetak.
10. Panaskan oven dengan api kecil hingga sedang dengan suhu sekitar 130-170 derajat. Jika tidak ada penunjuk suhu di oven yang anda gunakan, silahkan dikira-kira. 
11. Panggang kue hingga matang, namun jangan terlalu kering apalagi gosong agar kue tidak pahit, kecuali anda memang suka panganan yang rasanya sedikit gosong. 
12. Jika sudah cukup matang,biarkan kue cookies coklat anda kering dan dingin.
13. Terakhir, cookies coklat yang anda buat sudah siap dihidangkan. Disarankan untuk meletakkannya di toples yang rapat atau wadah lain yang kedap udara agar kerenyahan cookies coklat tetap terjaga. 

Nah itulah kira-kira resep cookies coklat yang biasa dibuat dirumah saya...

Untuk anda yang ingin mencoba bereksperimen atau mengkreasikannya dengan resep anda sendiri monggo silahkan, tapi kalo ada pertanyaan mungkin saya jawabnya agak lama, karena saya harus nanya ibu saya dulu hahaha...

Takutnya, kalo saya yang jawab kuenya malah bantet lagi :)

Happy cooking!!! 


0 komentar:

Posting Komentar

Connected with Me