Apakah Saldo Pelatihan di Kartu Prakerja Dapat Expired atau Kadaluwarsa? Ini Jawabannya!


Seperti yang telah sama-sama kita ketahui, bahwa besaran saldo yang akan diterima oleh setiap peserta Kartu Prakerja untuk tahun 2020 ini, adalah sebesar Rp 3.550.000,-. Dimana dalam tahap awal, kamu hanya akan memperoleh saldo sebesar Rp 1.000.000,- di akun prakerjamu. 

Saldo inilah yang nantinya harus kamu pergunakan untuk membeli minimal 1 kelas pelatihan, jika ingin mendapatkan insentif tambahan sebesar Rp 600.000/bulan selama 4 bulan kedepan. Maka, jika ada diantara kamu yang mungkin sempat bertanya-tanya, dapatkan saldo pelatihan sebesar  Rp 1.000.000,- ini dicairkan? Maka, jawabannya sudah barang tentu adalah TIDAK BISA. Bahkan andaikata kamu hanya mempergunakan saldo tersebut untuk membeli sebuah kelas seharga Rp 300.000,- pun, sisa dari saldo pelatihan tersebut tetap tak kan dapat kamu uangkan. Kamu hanya dapat mempergunakan sisa saldo tersebut untuk membeli kelas pelatihan lain. Dengan catatan, harga dari kelas kedua yang hendak kamu beli tidak melebihi jumlah saldo pelatihan yang masih tersisa.

Namun jangan khawatir, karena kamu tidak diwajibkan untuk menghabiskan seluruh saldo tersebut. Maka jika ada diantara kamu yang mungkin bertanya-tanya, apakah saldo di kartu prakerja harus  saya habiskan terlebih dahulu untuk bisa menerima insentif? Maka jawabannya adalah TIDAK. Karena kamu hanya perlu mengikuti dan menyelesaikan minimal 1 kelas pelatihan untuk dapat menerima insentif. Lantas bagaimana jika saldo tersebut masih sisa? apakah saya tetap akan menerima insentif? Yap, kamu akan tetap menerima insentif setelah menyelesaikan pelatihan pertamamu, sekalipun masih ada sisa saldo yang kamu miliki.

Apakah Saldo Pelatihan di Kartu Prakerja Dapat Expired atau Kadaluwarsa?

Sebagian dari kamu mungkin sempat berpikir untuk menunda penggunaan saldo pelatihan tersebut karena beragam alasan. Entah karena kamu merasa belum terlalu membutuhkannya, atau justru karena kamu memang belum sempat untuk mengikuti salah satu kelas pelatihan tersebut. Namun tahukah kamu, kalau saldo pelatihan sebesar Rp.1.000.000,- tersebut memiliki expired date atau masa kadaluwarsa? Yap, setelah dinyatakan lolos gelombang dan menerima notifikasi melalui SMS. Secara otomatis kamu akan langsung menerima saldo pelatihan sebesar Rp 1.000.000,- di akun prakerjamu. Namun, saldo ini harus segera kamu pergunakan untuk membeli sebuah kelas pelatihan. Karena jika dalam waktu 30 hari, saldo tersebut belum juga kamu pergunakan. Maka dengan berat hati saldo tersebut akan langsung dikembalikan ke rekening kas negara. Dan secara otomatis keikutsertaanmu dalam program prakerja akan dinyatakan hangus. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung melihat konfirmasi yang telah diberikan oleh admin Prakerja dalam tangkapan layar (screenshoot) berikut:



Maka bagi kamu yang telah dinyatakan lolos dan berhak mengikuti program prakerja. Sebisa mungkin, segera manfaatkan saldo pelatihan yang telah kamu terima itu sebelum terlanjur expired atau kadaluwarsa. 


Related Posts

Load comments

Comments