Kamis, 22 September 2016

Apa Perbedaan Wanita yang Sedang Mengandung (Hamil) Bayi Laki-laki dan Perempuan?

 Ilustrasi Gambar: gettyimages.com
 
Sekalipun ada beberapa pasangan yang akhirnya memilih untuk terlebih dahulu menunda keinginan mereka dalam memiliki momongan, setelah resmi mengikrarkan janji setia mereka dihadapan Sang Maha Kasih. Nyatanya, memiliki momongan tetaplah menjadi hasrat dan keinginan alamiah terbesar dihati mereka yang telah dipersatukan Tuhan dalam ikatan pernikahan. Dan akhirnya, kehamilan tetaplah menjadi salah satu fase terpenting dalam kehidupan sepasang insan manusia yang telah menikah dan memilih untuk bersama hingga maut memisahkan mereka.

Saking pentingnya fase yang satu ini dalam kehidupan mereka. Banyak yang bahkan tidak rela melewatkan momen berharga ini tahap demi tahap. Banyak yang bahkan dengan setia menunggu sambil sesekali mencari tahu,"Seperti apa sebenarnya tanda awal kehamilan itu?". Terlebih jika sedari awal menikah, hal itulah yang memang mereka tunggu-tungu. Yap, memiliki buah hati sebagai karunia Tuhan untuk melengkapi sebuah keluarga kecil yang telah mereka bangun.

Tak heran jika kemudian rasa excited mulai memenuhi hati mereka, ketika saat dan tanda awal yang mereka tunggu-tunggu ini, akhirnya benar-benar datang. Terlebih jika hal itu telah mereka buktikan kebenarannya dengan alat tes kehamilan yang kemudian benar-benar diteguhkan oleh pendapat ahli kandungan.

Lengkap sudah kebahagian mereka sebagai sepasang suami isteri, ketika tahu bahwa sebentar lagi mereka akan menyandang status sebagai seorang ayah dan seorang ibu dari calon jabang bayi yang sudah mereka nanti-nantikan ini.

Yang menarik adalah, biasanya tradisi menerka-nerka jenis kelamin bayi sudah mulai mereka atau kerabat dekat mereka lakukan dalam usia kandungan 5-6 bulan (18-22 minggu). Usia kandungan yang dipercaya sudah dapat dijadikan tolak ukur untuk mengetahui jenis kelamin bayi melalui pemeriksaan USG (ultrasonography).

Bukan bermaksud untuk mendahului ketentuan Tuhan tentunya, tapi lebih sekedar karena ingin tahu dan penasaran. Karena siapa tahu dengan mengetahui jenis kelamin bayi mereka lebih awal, mereka bisa mulai mempersiapkan sebuah nama bagi calon anak mereka ini.

Sekalipun menurut banyak ahli kandungan, dugaan mereka bisa saja salah. Karena hasilnya memang tergantung dari seberapa ahli seorang spesialis kandungan melakukan pemeriksaan dan membaca hasilnya. Dan tentu saja kita pun sama-sama tahu bahwa sedari awal manusia memang hanya bisa menerka-nerka bukan? hehe... Namun, tentu untuk beberapa alasan lain USG (ultrasonography) tetap bermanfaat untuk memantau pertumbuhan janin sekaligus mendeteksi kelainan lebih dini, itupun jika memang ada dan ditemukan.

Nah, yang kemudian menjadi pertanyaan adalah, adakah cara lain untuk menerka-nerka jenis kelamin bayi, selain melalui pemeriksaan USG (ultrasonography)?

Dan jawabannya ternyata memang ada, sekalipun hal ini belum bisa dipastikan kebenarannya secara medis, karena nyatanya pengamatan dan pengalaman setiap wanita ketika mengandung kadangkala bisa berbeda-beda. Namun, tetap tidak ada salahnya bukan jika anda ingin mencocokkan pengamatan dan pengalaman mereka sebagai referensi kehamilan anda?

Dan berikut ini beberapa ciri ciri hamil bayi perempuan dan laki-laki yang selama ini diyakini masyarakat:

1. Bentuk Perut

Salah satu pendapat yang secara turun-menurun berkembang di masyarakat kita adalah, seorang wanita yang sedang hamil bayi perempuan bentuk perutnya akan terlihat bundar atau melebar. Berbeda dengan wanita yang sedang hamil bayi laki-laki yang dipercaya perutnya akan terlihat lebih elips atau mancung kedepan.

2. Intensitas Mual dan Muntah

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa seorang wanita akan mengalami Morning sickness serta mual dan muntah dengan intensitas yang jauh lebih lama dan hebat jika yang dikandungnya adalah bayi perempuan. Sementara berkebalikan dengan hal itu, jika yang dikandungnya adalah bayi laki-laki intensitan mual dan muntah yang dirasakan dipercaya tidak akan melebihi 5 bulan dan juga tidak hanya akan terjadi pada pagi hari saja.

3. Payudara terasa membesar

Ketika mengandung bayi perempuan, payudara sebelah kiri dipercaya akan lebih besar dari pada payudara sebelah kanan. Dan sebaliknya, ketika mengandung bayi laki-laki payudara sebelah kanan diyakini akan lebih besar dari payudara sebelah kiri.

4. Perbedaan Pada Raut wajah

Wanita yang mengandung bayi perempuan raut wajahnya diyakini akan terlihat lebih cantik dan akan lebih rajin berdandan, dan sebaliknya *mohon maaf* wanita yang mengandung bayi laki-laki raut wajahnya diyakini akan terlihat lebih kucel, kusam dan malas berdandan.

5. Ngidam

Dan adapula yang meyakini, bahwa jika dalam masa kehamilan wanita cenderung ngidam makanan atau minuman yang manis dan segar, hal itu diyakini sebagai ciri ciri hamil bayi perempuan. Dan sebaliknya, jika wanita cenderung ngidam makanan atau minuman yang asam dan asin hal itu diyakini sebagai ciri ciri hamil bayi laki-laki.

6. Posisi Tidur

Umumnya seorang wanita yang mengandung bayi perempuan dipercaya akan lebih sering tidur menghadap ke kanan, dan sebaliknya seorang wanita yang mengandung bayi laki-laki dipercaya akan lebih sering tidur menghadap ke arah kiri.

7. Sifat

Ada juga yang mengatakan ketika seorang wanita mengandung bayi perempuan sifatnya akan lebih moody, sensitif dan tak jarang jauh lebih cerewet dari sebelumnya. Sebaliknya, ketika seorang wanita mengandung bayi laki-laki ia akan cenderung lebih cuek atau tanpa perubahan sifat sama sekali.

8. Warna Urine atau Air Seni

Wanita yang mengandung bayi perempuan diyakini akan mengeluarkan air seni atau urine dengan warna kuning yang agak pekat atau gelap. Sedangkan wanita yang mengandung bayi laki-laki diyakini akan mengeluarkan air seni atau urine yang lebih bening atau kuning muda.

9. Warna Rambut

Dipecaya juga, seorang wanita yang hamil bayi perempuan, rambutnya akan terlihat lebih merah dari sebelumnya (tentunya bukan karena di cat hehe). Sementara wanita yang sedang hamil bayi laki-laki, warna rambutnya cenderung tidak mengalami perubahan.

10. Telapak Tangan Dan Suhu Tubuh

Seorang wanita yang hamil bayi perempuan dipercaya akan memiliki telapak tangan yang biasa saja dan cenderung lebih lembut dengan suhu tubuh yang lebih hangat dihampir seluruh bagian tubuh. Sementara seorang wanita yang sedang hamil bayi laki-laki, telapak tangannya akan terlihat lebih kering dan pecah-pecah, dan jika dipegang suhu kakinya akan lebih dingin dari biasanya

11. Kebiasaan

Seorang wanita yang sedang hamil bayi perempuan juga diyakini akan lebih hobi memasak. Sedangkan sebaliknya seorang wanita yang sedang hamil bayi laki-laki, boro-boro memasak, pekerjaan rumah tangga pun diyakini akan enggan ia kerjakan. Tapi untuk yang satu ini kelihatannya akan lebih relatif, karena seperti yang sama-sama kita ketahui tidak semua wanita bisa dan suka memasak bukan? dan tidak semua wanita juga suka dan rajin melakukan pekerjaan rumah tangga.

12. Detak Jantung dan Rasa Sakit Selama Kehamilan

Dan terkahir, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa seorang wanita yang sedang hamil anak perempuan detak jantungnya akan diatas 140 denyut per menit dengan rasa sakit berlebih pada pangkal panggul. Sementara seorang wanita yang sedang hamil anak laki-laki detak jantungnya akan dibawah 140 denyut per menit dengan rasa sakit berlebih dibagian tulang belakang.

Nah, kira-kira itulah beberapa ciri ciri hamil bayi perempuan dan laki-laki yang selama ini diyakini masyarakat. Sekalipun lagi-lagi itu semua belum tentu benar secara medis.

Btw, selain melalui pemeriksaan USG dan mengenali ciri-ciri diatas, ada satu cara lain yang juga dirasa cukup akurat, yaitu melalui tabel Usia Pembuahan. Jika penasaran, anda dapat menggunakan tabel dibawah ini untuk menentukan jenis kelamin bayi anda berdasarkan usia saat terjadi pembuahan

Namun, diluar masalah jenis kelamin dari bayi anda yang akan lahir kemudian. Satu hal yang jauh lebih penting untuk anda lakukan dalam masa kehamilan adalah jangan lupa untuk tetap menjaga dan memperhatikan asupan gizi anda ataupun pasangan anda. Salah satunya bisa dengan memberi atau mengkonsumi susu khusus ibu hamil, seperti Lactamil.

Dan terakhir persiapkan mental anda serta pasangan untuk menghadapi persalinan dan mendidik anak anda dengan memberikan teladan yang baik sebagai ayah dan ibu :) 



Sedang Memuat...

3 komentar:

  1. wah menarik ni buat kita yg mau merrid 😀

    BalasHapus
  2. wah. artikel ibu hamil nih. sekalian belajar ah. hhe

    BalasHapus

Connected with Me