Sukseskan Ujian dengan Pensil 2B dan Penghapus


Ujian Nasional atau biasa disingkat UN adalah saat paling menegangkan dan menentukan keberhasilan dari tahap akhir jenjang pendidikan. UN sempat beberapa kali mengalami pergantian nama, mulai dari UP (Ujian Penghabisan) yang berlaku pada tahun 1950-1960an dengen soal ujian yang masih berbentuk essay, EBTANAS (Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional), hingga UASBN (Ujian Akhis Sekolah Bertaraf Nasional) hingga Soal Ujian Nasional berasal dari pemerintah pusat sehingga dijamin pemerataannya secara nasional. Cara pelaksanaan dari Ujian Nasional itu sendiri bervariasi untuk setiap kota. Yang dimaksud dengan bervariasi adalah sistem paper-based test dan computer-based test untuk menentukan cara menjawab soal. Sistem computer-based test masih jarang dilakukan karena alasan kurangnya sumber daya untuk beberapa lokasi. Kurangnya komputer yang sesuai standar nasional juga menjadi rintangan tersendiri dalam menjalankan ujian ini. Sehingga paper-based masihlah menjadi acuan utama dalam pelaksanaan Ujian Nasional di setiap daerah. Cara menjawab soal paper-based test adalah dengan menggunakan pensil 2B dan penghapus karet yang halus dan bersih.



Minat permintaan pensil 2B semakin meningkat setiap tahunnya. Terutama di beberapa bulan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional. Banyak pihak yang juga sudah mengadakan ujian Try Out dengan sistem serupa. Mulai dari bimbingan belajar, perusahaan alat tulis, hingga partai tertentu yang tengah berusaha menaikkan pamor partai mereka di mata masyarakat. Instansi ini memberikan gambaran pengerjaan soal seperti situasi sesungguhnya saat Ujian Nasional. Menjadikan perusahaan penghasil pensil 2B ini mulai memikirkan cara untuk meningkatkan keuntungan melalui penjualan paket khusus ujian berupa pensil 2B, penghapus karet, dan papan alas ujian. Paket khusus tersebut etidak pernah mengalami kemunduran, menawarkan kepraktisan dan kegunaan yang melimpah untuk pelajar tingkat akhir. 

Perusahaan alat tulis berada tersebar di kota-kota besar. Hampir semua kota besar memiliki perentalan genset untuk membantu perusahaan pensil dalam memastikan terpenuhinya pasokan sumber daya listrik. Begitu pula untuk daerah Jawa Timur, terdapat jasa sewa genset Surabaya yang siap sedia setiap waktu dibutuhkan oleh produsen.

Comments