Rabu, 22 Maret 2017

Konsultasikan Alergi yang Terjadi Pada Anak di Dokter Alergi Anak


Alergi menjadi momok menakutkan yang kerap membuat para orang tua khawatir. Hal ini lantaran hampir semua benda dan makanan bisa saja menjadi pemicu alergi anak. Jika anak menderita alergi, biasanya Ia kerap rewel, susah makan dan susah tidur yang menjadikan orang tua semakin repot. Untuk itu, jika anak terdiagnosa alergi, segera konsultasikan ke dokter alergi anak sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat terhadap kasus allerginya.

Alergi merupakan reaksi berlebihan yang dilakukan sistem imun tubuh anak dalam memahami benda asing. Reaksi alergi pada anak berbeda-beda, seperti gatal, biduran, ruam merah, mual, muntah dan terkadang bisa sampai mengenai saluran pernapasan. Semakin cepat penanganan, maka semakin reaksi alergi berbahaya bisa segera dihindari. Selain membawa ke dokter, Anda juga harus bisa melakukan pencegahan sejak dini terhadap alergi anak dengan beberapa hal berikut ini:
  • Gunakan pakaian tertutup dan masker ketika keluar rumah.
  • Bersihkan rumah secara rutin, terutama pada ruang yang kerap dipakai seperti kamar dan ruang keluarga, karena debu juga bisa menjadi penyebab alergi.
  • Dibanding pengelapan dengan kemoceng, lebih baik pilih lap bersih yang dibasahi dengan air sehingga allergen tidak semakin menyebar.
  • Usahakan untuk menempatkan binatang peliharaan cukup di luar rumah atau pada ruangan tertentu sehingga membatasinya dari penyebaran alergi yang mungkin terjadi. Selain itu pastikan agar binatang selalu bersih dengan memandikannya seminggu sekali.
  • Ketahui setiap jenis makanan yang dapat menyebabkan alergi sehingga pemilihan makanan bisa lebih terjaga. Oleh karena itu orang tua harus cermat dalam membaca label kemasan dan memesan makanan di restoran.
Itulah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan dalam mencegah alergi pada anak. Ketika anak menderita alergi, memang lebih rewel dari biasanya. Orang tua haruslah lebih sabar dalam merawat dan bawalah Ia ke dokter alergi anak demi bisa kendalikan alergi dan mendapat penanganan secepatnya agar reaksi alergi tidak semakin menyebar dan memburuk. Usahakan dalam kondisi apapun untuk menghindarkan allergen dari putra putri Anda.





0 komentar:

Posting Komentar

Connected with Me