Jumat, 25 November 2016

Indonesia, Negara Yang Mendunia Karena Kelezatan Kulinernya


Selain kaya akan hasil bumi dan panorama alamnya, Indonesia juga merupakan negara yang amat sangat kaya dalam hal cita rasa kulinernya. Di Indonesia. Yap, di negri ini, anda dapat menemukan beragam sajian kuliner dengan cita rasa spektakuler yang berbeda-beda, disetiap kota atau daerah yang akan anda singgahi. Uniknya, beberapa kota di Indonesia, justru mendunia dikalangan wisatawan internasional bukan karena destinasi wisatanya, melainkan karena kelezatan kulinernya. 


Sebut saja Jakarta, yang kemudian dikenal masyarakat dunia bukan karena Monas-nya dan bukan pula karena julukannya sebagai ibukota bumi pertiwi, melainkan justru karena sajian "Nasi Goreng"-nya, yang menurut Presiden Obama sangat-sangat "Enak". Bahkan kalau beberapa waktu lalu, anda sempat membaca atau mendengar rangkuman berita hiburan, khususnya berita tentang film dan tayangan televisi. Saat ini, di Jepang, ada sebuah dorama yang sedang tayang dan diberi judul "Keishichou Nasi Goreng-ka" oleh sang produsernya. 


Lain Jakarta, lain pula dengan Jogjakarta. Jika di Jakarta ada Nasi Goreng, di Jogjakarta ada pula Nasi Gudeg. Tak heran jika kemudian, sebutan Kota Gudeg kian hari kian akrab dan melekat dikalangan wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Bahkan menurut beberapa wisatawan, ke Jogjakarta tanpa menyicipi Nasi Gudeg lesehan di pinggir jalan, merupakan perjalanan tanpa makna. 


Dan jika ada yang masih ingat, beberapa waktu lalu, ada salah satu sajian kuliner nusantara yang lainnya, yang juga sempat mendunia, karena dijadikan sebagai judul lagu oleh salah seorang warga negara Norwegia yang pernah berlibur ke kota Padang. Yap, Nasi Padang. Sebuah kuliner dengan cita rasa pedas yang juga sudah terkenal di seantero nusantara. Terbukti dari banyaknya rumah makan padang disetiap sudut kota-kota besar di Indonesia.


Selanjutnya, ada juga sajian lezat Sate dan Soto Madura, yang sempat menyedot animo para penikmat kuliner internasional di gelaran Festival Kuliner Dunia, yang diselenggarakan di China beberapa tahun silam. Bahkan Sate Madura menjadi sajian kuliner yang paling pertama habis digelaran tersebut. Dan karena kelezatannya inilah, banyak wisatawan asing yang kini mulai berdatangan ke daerah "karapan sapi" tersebut. 

  
Dan masih banyak sajian kuliner nusantara lainnya, yang membuat nama indonesia mendunia dimata para pecinta kuliner internasional. Seperti Bakso, Gado-gado, Rendang, bahkan Mie Instant. Yap Mie instant, sebuah sajian yang bukan hanya akrab dikalangan anak kos dan para pekerja di tanggal tua, namun juga akrab dimata pecinta kuliner internasional, bahkan usut punya usut, salah satu merk Mie Instant asal Indonesia telah diekspor ke lebih dari 80 negara di berbagai belahan dunia. Bahkan di negri paman sam, ada beberapa orang yang menjadikan mie instant sebagai kado atau bingkisan di hari Natal.

Hem, yummi...

Oiya... masih soal kuliner, selain karena keragaman dan kelezatannya, ada satu faktor lain yang juga membuat wisatawan asing betah berlama-lama tinggal di negri ini. Ada yang tahu apa? Yap, harga makanannya yang relatif sangat terjangkau, kalau tidak mau dikatakan sangat murah jika dibandingkan dengan harga makanan di negara lain di belahan asia tenggara ini. Nggak percaya? nggak usah jauh-jauh cobalah berlibur ke singapore dan silahkan kalkulasi sendiri berapa biaya hidup yang harus anda habiskan hanya untuk masalah makanan hehe...

Karena hal inilah, tak heran jika kemudian, banyak turis mancanegara dengan budget terbatas alias para backpacker, tak terkecuali dari Australia, yang akhirnya lebih memilih indonesia sebagai negara tujuan berlibur mereka dibandingkan dengan negara lainnya di sekitar asia tenggara. Karena selain terkenal dengan sajian kuliner yang beragam. Budget mereka pun, dipastikan tidak akan terkuras terlalu dalam hanya untuk masalah makanan jika berlibur di Indonesia

Dan setelah mengetahui fakta tersebut, adalah juga kewajiban kita sebagai warga negara yang baik untuk turut serta menceritakan keindahan Indonesia kepada masyarakat dunia, baik bercerita secara langsung ketika bertatap muka dan berinteraksi, maupun bercerita lewat postingan-postingan kita di blog, media sosial, serta forum-forum internasional. Harapannya? tentu agar semakin banyak lagi wisatawang asing yang berkunjung ke Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata favorit mereka dikawasan Asia, sesuai dengan target dinas pariwisata kita dalam program Indonesia Travel (Australia). 


0 komentar:

Posting Komentar

Connected with Me