Kamis, 06 Oktober 2016

Inilah 5 Penyebab Utama Gatal-gatal Pada Kulit Yang Sering Kita Abaikan


Pernah merasakan gatal gatal pada kulit? Jika pernah, refleks apa yang akan langsung anda lakukan, ketika ada salah satu bagian tubuh anda yang terasa sangat gatal secara tiba-tiba? mayoritas orang pasti akan menggaruknya bukan? Namun, pernahkah anda bertanya, apa sebenarnya penyebab utama gatal gatal pada kulit yang sedang anda alami tersebut?

Karena tentu saja, menggaruk bukanlah sebuah solusi terbaik untuk menghilangkan rasa gatal yang anda alami. Bahkan dalam beberapa kasus, menggaruk secara berlebihan justru akan merusak lapisan pelindung kulit anda dan justru membuat tubuh anda menjadi jauh lebih rentan terinfeksi oleh kuman penyebab penyakit. Untuk itu, sesekali ada baiknya jika anda lebih care dengan diri anda sendiri, dengan mencoba menganalisa secara sederhana, apa sebenarnya penyebab dari rasa gatal yang anda alami tersebut?

Karena sekalipun terlihat sangat sepele dan bisa saja dialami oleh setiap orang, nyatanya ada beragam penyebab rasa gatal pada kulit yang jika dibiarkan dapat berdampak cukup serius pada kesehatan kita. 

Nah, 5 penyebab utama gatal gatal pada kulit yang sering kita alami adalah:

1. Karena Alergi

Jika faktor utama dari rasa gatal yang anda alami adalah karena reaksi alergi, hindarilah segala sesuatu (baik itu benda, makanan, minuman ataupun keadaan tertentu) yang bisa menjadi alergan-nya. Misalnya, saya sendiri sejak kecil sangat alergi dengan beragam jenis ikan dan makanan laut, serta olahannya. Bahkan belakangan, saya juga punya alergi pada 2 jenis obat antibiotik, yakni: Ceftriaxone dan Ciprofloxacin. Dan cara terbaik untuk menghindari rasa gatal yang sangat menyiksa dari alergan tersebut adalah dengan menghindarinya sebisa mungkin.

Selain karena makanan atau rekasi obat-obatan, ada beberapa orang yang juga merasakan alergi karena cuaca tertentu. Misalnya, bagi mereka alergi dengan cuaca yang sangat dingin, mereka bisa bersin berkali-berkali sebagai reaksi gatal yang mereka alami pada hidung mereka atau mereka bisa juga merasakan telinga yang berdengung dalam waktu yang relatif agak lama. Atau bagi mereka yang alergi dengan cuaca yang sangat panas, mereka bisa merasakan gatal pada kulit kepala mereka, ketika terpapar sinar matahari secara langsung. 

Bahkan ada juga beberapa orang yang mengalami rasa gatal akibat alergi karena benda tertentu. Misalnya, karena bahan pakaian mereka, kaus kaki mereka, atau bahkan tekanan yang terlalu kencang ketika mengenakan sabuk atau ikat pinggang.

2. Karena Virus

Pernah terkena penyakit cacar? menurut banyak dokter umum dan penyakit dalam, semua orang tanpa terkecuali pasti akan mengalami penyakit ini satu kali seumur hidupnya. Dan jika dalam usia anak-anak mereka belum pernah mengalaminya, tidak menutup kemungkinan kalau mereka akan mengalaminya pada usia dewasa atau bahkan ketika sudah cukup tua. Saya sendiri, kebetulan mengalami penyakit ini di usia yang sudah cukup dewasa sekitar 2 atau 3 tahun yang lalu. Dan ketika dirawat 1 malam karena suhu tubuh yang terlalu tinggi, pasien disebelah kamar saya kebetulan juga mengalami penyakit yang sama, dan bahkan diusia yang jauh lebih tua, karena menurutnya ia telah menikah dan memiliki anak. Nah, cacar ini sendiri terjadi karena infeksi virus. Meskipun dalam beberapa kasus, termasuk juga yang saya alami, keadaan gatal karena penyakit ini justru terasa menjelang sembuh, sedangkan dalam fase awal tubuh justru terasa sangat panas.

3. Karena Jamur

Panu, kutu air, kadas dan kurap merupakan contoh gatal yang disebabkan karena jamur. Untuk anda yang pernah mengalaminya, anda pasti tau kalau panu terlihat agak putih dibandingkan dengan bagian kulit kita yang normal. Sedangkan untuk kadas, kurap dan kutu air, biasanya terlihat agak kemerahan, dan terasa sangat gatal.

4. Karena Kuman atau Bakteri

Orang awam seperti saya jauh lebih terbiasa menyebut kata kuman ketimbang bakteri. Namun, dua istilah tersebut merujuk pada 1 masalah yang sama. Sebenarnya tidak semua bakteri berdampak buruk dan membayakan kesehatan manusia, namun ada beberapa jenis bakteri yang bisa menghancurkan sel-sel tertentu dalam jaringan tubuh kita yang biasanya disebut sebagai toksin. Jika pernah korengan itu salah satu bentuk penyakit kulit akibat bakteri yang terjadi karena aktivitas menggaruk yang berlebih pada bagian tubuh yang gatal. Dan untuk mencegahnya, anda bisa mandi dan mencuci tangan menggunakan sabun anti bakterial seperti Lifebuoy. Karena biasanya, kuman atau bakteri tersebut menyebar melalui hal-hal sepele seperti keadaan tubuh yang kotor yang tidak segera dibersihkan. 

5. Karena Parasit

Pernah mengalami ketombe atau kutu rambut? semoga tidak pernah ya hehe... karena saya sendiri juga agak geli dengan parasit yang satu ini. Dan tanpa perlu saya jelaskan secara detailpun anda pasti sudah bisa membayangkan bukan seperti apa rasa gatal yang diakibatkan parasit tersebut. Nah, parasit seperti ketombe dan kutu rambut tersebut bisa terjadi karena lingkungan disekitar kita yang agak kotor atau bisa juga karena kelainan genetik (untuk kasus ketombe). Untuk mengatasinya, usahakan untuk mandi dengan shampo anti ketombe seperti Lifebuoy, segera setelah melakukan aktivitas ditempat yang agak kotor. 

Nah, itulah 5 penyebab utama gatal gatal pada kulit yang seringkali kita abaikan. Dan sebenarnya, untuk menghindari semua penyebab gatal tersebut, anda cukup membiasakan diri untuk hidup sehat dan bersih. 

Sehat itu dimulai dari diri sendiri kan? :)



0 komentar:

Posting Komentar

Connected with Me