Inilah, 5 Manfaat Daun Karet Kebo Bagi Kesehatan


Para pecinta tanaman hias mungkin sudah tak asing lagi dengan nama ficus elastica alias tanaman karet kebo. Tanaman karet kebo sendiri berasal dari daerah Asia Selatan, tepatnya dari negara India. Yang kemudian menyebar ke berbagai wilayah lain termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, daun karet kebo juga dikenal dengan nama lain seperti pohon bulu atau karet merah. Tanaman ini sendiri dapat tumbuh hingga ketinggian 30m. Dan yang paling menarik dari tanaman karet kebo adalah kemampuannya untuk bertahan hidup bahkan ditengah cuaca yang cukup ekstrem dan minim air sekalipun. Tak heran jika banyak orang yang kemudian gemar untuk merawatnya. Karena selain "mudah hidup" tekstur dan warna daunnya pun dapat menambah estetika disudut-sudut ruangan. 


Manfaat Daun Karet Kebo




Nah, meski lebih dikenal sebagai jenis tanaman hias, daun karet kebo sendiri sejatinya menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita, antara lain:


1. Mengatasi gangguan pencernaan


Bagi kamu yang memiliki riwayat asam lambung, cobalah untuk sesekali meminum air rebusan daun karet kebo. Hal ini karena daun karet kebo diyakini kaya akan berbagai kandungan alami yang baik pencernaan seperti: papain, chymopapain, carpaine, glukosida cacirin, glutamin, lisosim, lipase, hingga siklotransferase. Papain misalnya, kandungan yang satu ini dipercaya mampu mencerna protein didalam lambung, memperbaiki fungsi lambung, hingga mencegah peradangan yang terjadi didalam lambung. 


2. Membersihkan udara disekitar rumah


Udara yang bersih tentu erat kaitannya dengan para-paru yang sehat. Dan kabar baiknya, sebagai tanaman hias dan obat-obatan daun karet kebo juga dipercaya mampu membersihkan udara disekitar kita. Yap, tak hanya mampu mengurangi tingkat polusi udara, tanaman hias yang satu ini juga dipercaya mampu mengurangi bakteri dan jamur yang mengendap diudara. Tanaman karet kebo bahkan mampu mengurangi debu yang berasal dari polutan dengan meningkatkan kelembapan udara disekitar ruangan.


3. Mencegah penyakit stroke


Penyakit stroke sendiri umumnya terjadi karena adanya gangguan pada peredaran darah yang menuju ke otak. Dan sebagai tanaman antiinflamasi, daun karet kebo dipercaya mampu melancarkan peredaran darah yang mengalir ke otak. Hal ini merujuk pada sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada beberapa waktu lalu. Dimana dalam studi tersebut, ditemukan sebuah fakta baru bahwa rebusan daun karet kebo ternyata cukup ampuh untuk mencegah stroke iskemik.

   

4. Mengatasi masalah kulit


Sebagai tanaman antiinflamasi atau peradangan, getah yag terdapat pada daun karet kebo juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti ruam merah, bisul, hingga luka pada kulit. Cukup lumat atau haluskan daun karet kebo dan oleskan secara merata diarea sekitar luka, bisul maupun ruam hingga betul-betul sembuh.


5. Mengatasi nyeri sendi


Daun karet kebo juga dikenal sebagai analgesik alami yang mampu mengurangi peradangan hingga nyeri sendi. 


Selain kelima manfaat diatas, daun karet kebo juga diyakini kaya akan kandungan antioksidan seperti: polifenol, saponin, dan tanin yang mampu mencegah timbulnya berbagai penyakit serius seperti kanker, diabetes, hipertensi, hingga gangguan stress. Tak hanya mampu menambah nilai estetika disudut ruangan, tanaman karet kebo juga memiliki beragam khasiat yang baik bagi kesehatan. 

Related Posts

Load comments

Comments