8 Cara Mencegah Kerutan atau Garis-garis Halus di Wajah


Kerutan diwajah kerap menjadi hal yang dirasa mengganggu penampilan. Utamanya bagi kaum hawa. Tak heran jika para wanita biasanya jauh lebih rajin melakukan perawatan kulit dan tubuh ketimbang para pria. Hal ini demi menjaga elastisitas kulit dan mencegah kerutan muncul lebih cepat daripada yang seharusnya. Tentu, setiap kita tak 'kan pernah dapat menolak kondisi ini. Sebab seiring bertambahnya usia kerutan atau garis-garis halus diwajah pastilah akan mulai muncul. Masalahnya, bagi beberapa orang, kerutan ini justru muncul lebih cepat dari pada yang seharusnya. Banyak dari mereka yang bahkan terlihat sudah memiliki garis-garis halus diwajah meski masih cukup muda. 


Lantas bagaimana cara mencegahnya? 


Penyebab kerutan di wajah


Sebelum membahasnya lebih jauh, kamu perlu tahu bahwa selain faktor usia, kerutan diwajah dapat timbul karena paparan sinar matahari berlebih serta kebiasaan merokok. Kedua hal ini umumnya menyebabkan seseorang mengalami kerutan lebih cepat dari pada yang semestinya. Mengapa demikian? mari kita coba bahas satu-persatu


1. Paparan sinar matahari berlebih


Tahukah kamu bahwa paparan sinar UV berlebih ternyata justru dapat merusak jaringan kulit? Hal ini karena sinar UV dapat merusak jaringan bernama elastin dan kolagen pada kulit. Saat kedua jaringan ini rusak, kulit akan lebih mudah mengendur dan memunculkan banyak kerutan. 


2. Kebiasaan merokok


Sebagian dari kamu mungkin akan langsung bertanya-tanya, apa hubungannya kebiasaan merokok dengan kerutan diwajah? Saat tengah merokok, terjadi kontraksi pada otot wajah secara berulang, yakni saat seseorang mengerutkan area bibir untuk menghisap rokok. Dan tanpa sadar, kebiasaan ini turut andil dalam membentuk garis-garis halus pada kulit. Hal lain yang juga turut memperparah hal ini adalah paparan asap rokok yang dapat merusak jaringan kolagen dan elastin. 


Mencegah kerutan atau garis-garis halus di wajah




Lantas hal-hal apa sajakah yang bisa kita lakukan untuk mencegah kerutan muncul lebih cepat dari pada yang semestinya?


1. Mencuci muka


Meski, terdengar sepele. Mencuci muka menjadi salah satu cara termudah dan termurah untuk mencegah kerutan di wajah. Terutama bagi kaum hawa yang kerap menggunakan make-up saat tengah bekerja atau beraktivias. Sebisa mungkin, langsung gunakan make up remover sesampainya dirumah, lalu bilas wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah. Dan keringkan dengan handuk bersih. Namun yang perlu diingat, jangan terlalu sering mencuci muka. Karena hal ini justru akan merusak lapisan alami kulit. Cucilah muka 2 hingga 3 kali sehari atau setelah beraktivitas dan berolahraga.


2. Gunakan pelembap wajah


Sesuai namanya, pelembap wajah berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit serta menyamarkan garis-garis halus pada kulit. Namun tentu, hal ini baru akan terlihat setelah penggunaan yang cukup rutin.


3. Gunakan sun-screen 


Seperti yang telah kita bahas tadi, salah satu penyebab utama kerutan di wajah adalah paparan sinar UV atau sinar matahari secara berlebih. Maka salah satu cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan sun-screen atau tabir surya saat tengah beraktivitas dibawah paparan sinar matahari. Hal ini dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya kerutan atau garis-garis halus pada wajah. 


4. Gunakan produk kecantikan yang tepat


Hari-hari ini, skincare menjadi istilah kecantikan yang paling sering kita dengar. Hal ini karena fungsi utama skincare sejatinya adalah untuk mengatasi masalah kulit sekaligus meningkatkan produksi kolagen yang dapat menjaga elastisitas kulit.


5. Gunakan pelembap wajah alami


Tahukah kamu bahwa minyak zaitun dan minyak kelapa dapat menjadi pelembap wajah alami? Yap, kamu bisa menggunakan keduanya dengan cara memijat-mijatkannya pada area sekitar wajah. 


6. Hindari kontraksi berulang pada otot wajah


Salah satunya dengan mengurangi kebiasaan merokok. Serta ekspresi wajah berulang. 


7. Rajin makan sayur dan buah


Sebagai makanan yang kaya akan antioksidan, buah dan sayur dipercaya mampu mencegah bahkan mengurangi kerusakan kulit. Hal ini karena antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab kerutan di wajah. 


8. Memiliki waktu tidur yang cukup


Tahukah kamu, bahwa kurang tidur menjadi salah satu penyebab utama munculnya garis-garis halus pada wajah? Mengapa demikian? karena kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Hormon kortisol sendiri biasanya akan mulai meningkat saat seseorang mengalami perasaan cemas dan gelisah. Atau tengah stres pada hal tertentu seperti deadline pekerjaan.  Hormon kortisol yang tinggi secara tidak langsung dapat memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan. Salah satunya ialah kerutan di wajah. 


Selain 8 hal diatas, cara terbaik untuk mencegah kerutan diwajah adalah dengan rutin berolahraga serta menjalani gaya hidup sehat. Karena secara tidak langsung, kebiasaan bergerak akan membuat sistem kardiovaskular bekerja secara maksimal untuk menyalurkan oksigen serta menutrisi dan menjaga kesehatan tubuh dan kulit. 

 

Related Posts

Load comments

Comments