Berikut, 5 Tips yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Mencegah Osteoporosis di Usia Senja!


Di usia senja, kepadatan tulang akan mulai berkurang. Terlebih jika tidak diimbangi dengan berbagai latihan fisik seperti berolahraga. Tak heran jika banyak lansia yang kemudian mulai mengeluhkan beragam gejala Osteoporosis. Seperti, rasa nyeri tanpa sebab didaerah sekitar punggung. Postur tubuh yang mulai membungkuk. Hingga kekuatan menggenggam yang mulai berkurang. Hal ini karena adanya pengeroposan di bagian tulang rangka dan tulang belakang.  


Mencegah Osteoporosis


Meski demikian, osteoporosis sejatinya bukanlah bagian dari proses penuaan. Betul tulang akan menjadi semakin lebih rapuh seiring pertambahan usia. Namun hal ini sebetulnya bisa dicegah. Nah, buat kamu yang telah memasuki usia 40-an ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah osteoporosis, yakni:


1. Rutin berolahraga



Salah satu cara terbaik untuk menjaga kepadatan tulang adalah dengan terus melatihnya. Ada berbagai latihan fisik ringan yang bisa mulai kamu lakukan seperti, jalan pagi, bersepeda, hingga berenang. Ketiga olahraga ini terbilang cukup aman untuk dilakukan, bahkan oleh para lansia sekalipun. Dengan rutin berolahraga, secara tidak langsung kita sebetulnya tengah memperkuat tulang dan sendi. Sekaligus membakar kalori dan meningkatkan kinerja organ jantung. 


2. Rajin berjemur dibawah paparan sinar matahari



Tahukah kamu kalau sinar matahari sejatinya merupakan sumber Vitamin D yang amat dibutuhkan oleh tubuh kita? Yap, tubuh kita dirancang untuk memproduksi Vitamin D setiap kali kulit terkena paparan sinar matahari. Vitamin D inilah yang nantinya akan digunakan tubuh untuk meningkatkan penyerapan kalsium. Dimana kalsium inilah yang nantinya akan sangat berperan untuk menjaga kesehatan tulang dan otot. 


Tak ada aturan baku sebetulnya, terkait kapan waktu yang paling tepat untuk berjemur serta berapa lama kita harus berjemur. Namun para ahli kesehatan setuju bahwa semakin siang kita berjemur, maka semakin banyak pula vitamin D yang akan diproduksi tubuh. Bagi kamu yang berkulit putih, kamu dianjurkan untuk berjemur setidaknya selama lebih kurang 15 menit setiap harinya. Sementara untuk kamu yang berkulit sedikit lebih gelap, kamu dianjurkan untuk berjemur lebih lama, yakni sekitar 1,5 jam. 


3. Banyak mengkonsumsi sayuran hijau dan kacang-kacangan



Beragam sayuran hijau seperti bayam dan brokoli dipercaya mengandung banyak kalsium. Begitupula dengan aneka kacang-kacangan seperti almond dan kedelai. Kacang kedelai yang telah difortifikasi menjadi susu, bahkan diyakini mengandung lebih banyak kalsium. 


4. Rutin mengkonsumsi susu tinggi kalsium



Meski identik dengan anak-anak, susu sebetulnya dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Termasuk mereka yang telah berusia lanjut. Susu bahkan disebut-sebut sebagai salah satu sumber kalsium dan vitamin D terbaik bagi tubuh kita. Tak hanya kaya akan kalisum, susu juga mengandung banyak protein yang amat dibutuhkan tubuh. Dimana protein sendiri berguna untuk meningkatkan massa otot supaya dapat menyangga tulang. 


Setidaknya ada 3 manfaat susu tinggi kalsium bagi para lansia, yakni: menjaga massa otot, menjaga kesehatan organ jantung, serta menghindarkan kita dari resiko osteoporosis dan osteoarthritis. Dengan kandungan Triple Protein, Ensure menjadi salah satu brand susu dan nutrisi dewasa yang amat direkomendasikan bagi para lansia. Tak hanya tinggi kalsium dan rendah gula, susu Ensure juga telah dilengkapi dengan berbagai nutrisi penting lain, seperti: vitamin, serat, mineral hingga omega 3 dan 6. Mengkonsumsi Ensure sebanyak dua kali dalam sehari akan membantumu tetap aktif dan terhindar dari osteoporosis. 


5. Menghentikan kebiasaan merokok dan mengurangi konsumsi alkohol



Percaya atau tidak, dua kebiasaan buruk ini akan membuat kepadatan tulangmu semakin berkurang. Mengapa demikian? Karena merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol dapat mengganggu penyerapan kalsium didalam tubuh. Semakin sedikit tubuh menyerap kalsium, maka semakin tinggi pula resiko osteoporosis dan osteoarthritis yang menghantui. Maka salah satu cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan menghentikan dua kebiasaan buruk tersebut. 


Nah, itulah 5 tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegah osteoporosis di usia senja. Sebagai tambahan, kamu dapat pula mengkonsumsi suplemen vitamin yang memang dirancang khusus untuk menjaga kesehatan tulang dan otot. 


Related Posts

Load comments

Comments