Inilah, 5 Manfaat Meminum Susu Untuk Orang Tua atau Lansia


Ada beragam manfaat meminum susu untuk orang tua. Salah satu diantaranya adalah untuk menjaga kepadatan tulang supaya terhindar dari resiko Osteoporosis. Yap, jika saat masih kecil dulu orang tua kita terbiasa memberikan susu untuk mendukung tumbuh kembang kita. Maka di usia senja mereka, kitalah yang seharusnya mengingatkan mereka untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan vitamin D dan kalsium, seperti halnya susu. Mengapa demikian? karena semakin tua usia seseorang, kondisi fisiknya pun akan semakin menurun. Dibutuhkan nutrisi pelengkap makanan yang mampu menunjang kesehatan serta kebugaran mereka diusia senja. 


Manfaat Minum Susu Untuk Orang Tua




Namun memilih susu untuk orang tua bukanlah sebuah perkara yang mudah. Ada berbagai faktor yang harus kita pertimbangkan. Seperti, kandungan gula hingga lemak jenuh yang ada didalamnya. Maka sebisa mungkin, pilihlah susu yang low sugar (atau bahkan sugar-free) dan low fat (atau bahkan fat-free). Supaya beragam manfaat dan kebaikan susu dapat benar-benar dirasakan oleh orang tua kita. 


Lantas apa sajakah sebetulnya manfaat meminum susu untuk orang tua atau lansia? Mari simak penjelasan berikut ini!


1. Menjaga Masa Otot



Tahukah kamu? semakin tua usia seseorang, masa ototnya pun akan semakin berkurang. Padahal masa otot inilah yang memegang peranan penting dalam proses metabolisme tubuh. Jika proses metabolisme terganggu, maka berat badan pun akan ikut menurun. Dan tentu saja, hal ini akan cukup mempengaruhi kemampuan mereka dalam beraktivitas. Itulah mengapa, diperlukan nutrisi penunjang makanan yang kaya akan protein dan tinggi serat seperti halnya Susu Anlene Gold Plus. Supaya masalah "hilangnya masa otot" diusia senja, tidak lagi menjadi sebuah momok yang menakutkan.  


Dan sebisa mungkin, ingatkan mereka untuk tetap melakukan aktivitas fisik dan tidak hanya duduk diam sehari-harian penuh. 


2. Menjaga Kesehatan Jantung



Kesehatan jantung menjadi masalah lain yang seringkali dialami oleh para lansia. Penyebabnya, tak lain adalah karena ketidakstabilan tekanan darah didalam tubuh. Yap, dalam banyak kasus mereka yang telah menginjak usia senja justru dihadapkan pada masalah hipertensi, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain seperti halnya stroke dan penyakit jantung. 


Maka salah satu cara terbaik untuk mencegah hal ini adalah dengan rutin mengkonsumsi susu. Hal ini karena didalam susu, terdapat kandungan kalium yang berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah dan mengatur aktivitas listrik pada organ jantung. Maka mengkonsumsi susu untuk orang tua akan cukup efektif untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Namun lagi-lagi, hal ini tetap perlu diimbangi dengan aktivitas fisik ringan seperti halnya jalan kaki atau bersepeda. 


3. Mencegah Pengapuran Tulang dan Sendi



Osteoporosis dan Osteoarthritis menjadi masalah klasik yang seringkali membayangi kaum lansia. Yap, ~ suka tidak suka ~ seiring bertambahnya usia kepadatan tulang akan semakin berkurang. Bahkan lama-kelamaan bisa jadi akan timbul rasa nyeri pada sendi, saat kita tengah beraktivitas. Itulah mengapa tubuh memerlukan asupan kalsium dan vitamin D dalam kadar yang cukup untuk mencegah terjadinya pengapuran tulang dan sendi. Dan kabar baiknya, kedua nutrisi tersebut bisa kita dapatkan dalam Susu Anlene Gold Plus.


4. Meningkatkan Daya Ingat



Demensia atau yang lebih dikenal dengan istilah pikun, juga menjadi masalah yang seringkali dihadapi oleh kaum lansia. Yap, sulit mengingat sesuatu yang pernah dilakukan atau sulit untuk mengingat nama seseorang menjadi salah satu gejala dari penyakit tua alias pikun. Dan hampir serupa dengan itu, ada pula penyakit lain yang cukup menghantui. Yap, apalagi kalau bukan alzheimer. Namun kabar baiknya, baik demensia maupun alzheimer sebetulnya masih dapat dicegah. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengkonsumsi susu. Karena selain enak, susu dipercaya kaya akan gluthatione (salah satu jenis antioksidan) yang berfungsi untuk menjaga kesehatan otak. 


5. Menurunkan resiko depresi



Tahukah kamu? kalau kandungan vitamin D yang terdapat didalam susu ternyata dapat merangsang terbentuknya hormon serotonin. Sebuah hormon yang amat berkaitan erat dengan suasana hati seseorang. Hormon ini jugalah yang dipercaya dapat menurunkan resiko depresi dan membuat tidur seseorang menjadi lebih nyenyak di malam hari. Maka mengkonsumsi susu menjadi sebuah pilihan bijak bagi mereka yang telah berusia lanjut. 


Nah, itulah 5 manfaat meminum susu untuk orang tua atau lansia. Namun lagi-lagi, hal ini tetap perlu diimbangi dengan mengkonsumsi makanan bergizi, tetap bergerak atau melakukan aktivitas fisik ringan, serta istirihat yang cukup. 


Related Posts

Load comments

Comments