Berikut, 3 Makanan Manusia yang Dapat Kamu Berikan Sebagai Makanan Utama untuk Anak Kucing Kampungmu!


Apapun ras-nya, kucing merupakan hewan karnivora asli atau obligat.  Yakni hewan yang memang mengkonsumsi daging untuk dapat bertahan hidup. Berbeda dengan anjing yang masih dapat bertahan hidup tanpa mengkonsumsi daging, secara alamiah kucing jauh lebih rentan terserang penyakit jika kebutuhan protein hewaninya tidak terpenuhi. Itulah mengapa, anjing disebut hewan karnivora fakultatif sedangkan kucing disebut hewan karnivora obligat. Karena sekalipun sama-sama pemakan daging, namun anjing hanya menjadikan daging sebagai salah satu makanan penyambung hidup, sementara kucing betul-betul menempatkan daging sebagai menu makanan utama mereka.

Nah, jika demikian penting kehadiran protein hewani dalam menu makanan kucing. Lantas makanan apa sajakah yang dapat kita berikan untuk menunjang kebutuhan protein tersebut? Terutama, jika yang kita pelihara adalah ras kucing kampung.

Berikut, 3 makanan manusia yang dapat kamu berikan sebagai makanan utama untuk anak kucing kampung mu.

1. Telur rebus/goreng


Dalam 100gr telur, terkandung 13gr protein hewani. Maka, sekalipun tak ada angka pasti yang dapat kita jadikan sebagai acuan, tentang berapa besar protein harian yang dibutuhkan oleh kucing. Namun minimal kita tahu, bahwa telur merupakan salah satu makanan yang dapat turut membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

Kamu dapat memberikan telur goreng atau rebus kepada kucing kesayanganmu. Namun jangan sekali-kali memberikan telur mentah sebagai Makanan anak kucing kampung mu. Sebab bakteri salmonella dalam telur mentah, dikhawatirkan justru akan  berdampak buruk pada kesehatan kucingmu.

2. Ikan


Umumnya, kebanyakan kita akan memberikan ikan sebagai makanan untuk kucing kampung kesayangan kita. Entahkah itu ikan cuek keranjang yang telah di kukus, atau jenis ikan air tawar lain yang biasa kita masak sebagai hidangan lauk pauk dirumah kita.

Sumber protein pada ikan pun dipercaya jauh lebih baik dari pada sumber protein yang terkandung didalam susu. Selain itu, ikan juga mengandung omega 3 yang dapat membantu memperindah bulu kucing dan membantunya terhindar dari masalah kulit dan peradangan.

3. Daging ayam atau sapi


Sebagai hewan karnivora asli, tentu saja daging ayam atau sapi merupakan makanan yang paling cocok untuk diberikan kepada anak kucing kampungmu.

Selain karena kandungan proteinnya yang amat tinggi, daging juga dipercaya mengandung vitamin dan taurin (asam amino bersyarat) yang dibutuhkan oleh tubuh kucing. Maka dari itu, pemberian daging sebagai Makanan anak kucing kampung memang merupakan pilihan terbaik. Namun lagi-lagi, kamu dianjurkan untuk memberikannya dalam keadaan matang.

Nah, itulah 3 makanan manusia yang dapat kamu berikan sebagai makanan utama untuk anak kucing kampung mu.



Namun bagi kamu yang memang cukup sibuk, dan tidak sempat mengolah ketiga makanan tersebut. Kamu tetap dapat memberikan makanan instant kucing seperti halnya PRO PLAN Kitten with OPTISTART untuk menunjang pertumbuhan anak kucing kampungmu. 

Related Posts

Load comments

Comments