Tips Persiapan Touring untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun

Sumber: eaglerider.com

Liburan akhir tahun tinggal sebentar lagi. Sudahkah kamu menyiapkan rencana liburan untuk akhir tahun ini? Kalau kamu bosan dengan liburan yang itu-itu saja, cobalah untuk mencari liburan yang berbeda misalnya touring dengan motor. Touring dengan menggunakan motor pasti akan menjadi liburan yang menyenangkan. Jika kamu berniat untuk berlibur dengan touring menggunakan motor, inilah beberapa hal yang harus kamu persiapkan.

1. Rute Yang Akan Dilewati

Sumber: motorcycles.autotrder.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tempat yang akan dikunjungi dan rute yang akan dilewati. Setelah itu, baru kamu hitung berapa jarak yang akan kamu tempuh. Jika perlu, kamu bisa menggunakan bantuan google map untuk menghitung jarak yang akan kamu tempuh. Hal ini sangat diperlukan sekali agar kamu tahu berapa lama kamu akan berkendara.

2. Cek Kondisi Kendaraan

Sumber: moladin.com

Setelah menentukan rute yang akan dilewati, selanjutnya adalah mengecek kondisi kendaraan kamu.  Bila perlu kamu juga bisa menggunakan motor baru yang kamu beli di dealer jual motor agar perjalananmu menjadi lebih mudah. Pastikan pula surat -  surat kendaraan kamu sudah lengkap. Jangan lupa juga untuk menservis kendaraan kamu terlebih dahulu. Agar, tidak ada kendala pada saat perjalanan. Ketika hendak memulai perjalanan, pastikan tangki bensin terisi penuh, agar tidak perlu berhenti hanya untuk membeli bensin.

3. Siapkan Stamina

Sumber: grid.id

Touring dengan sepeda motor pasti akan memakan waktu berjam-jam, bahkan bisa berhari-hari. Durasi yang cukup lama pasti akan membuat kamu menjadi lelah. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan stamina yang kuat jika hendak touring. Sebaiknya, sebelum pergi touring pastikan bahwa kamu telah beristirahat dengan cukup. Bila perlu, minumlah vitamin untuk menambah stamina kamu pada saat touring nanti. Sangat disayangkan sekali, banyak orang yang tidak mementingkan kondisi tubuhnya sehingga membuatnya menjadi cepat lelah dan menjadi lebih sering berhenti.

4. Mengumpulkan Informasi

Sumber: oto.com

Kumpulan informasi pasti akan sangat dibutuhkan sekali. Maka dari itu, kumpulkanlah informasi sebanyak mungkin sebelum keberangkatan, semacam keadaan alam, situasi terkini tempat yang akan kamu lalui atau cuaca. Jangan pernah malu untuk bertanya dengan rekan touring kamu. Karena, bertanya pada teman adalah cara yang paling mudah untuk mencari informasi. Apalagi jika kamu adalah seorang pemula, sangat dianjurkan sekali  untuk banyak bertanya.

5. Perlengkapan Pendukung

Sumber: edukasi.kompas.com

Jika hendak touring jangan lupakan beberapa aksesoris motor yang harus dipakai pada kendaraan kamu, seperti klakson, bracket box dan lampu kabut. Janganlah kamu memakai lampu strobo dan sirine. karena, akan menjadi masalah jika ada pemeriksaan polisi. Jangan lupa juga untuk membawa SIM dan STNK. Bila perlu bawalah perkakas motor untuk mengatasi jika tiba - tiba terjadi sesuatu pada kendaraan kamu.

6. Perlengkapan Pribadi

Sumber: elmuha.com

Perjalanan dengan menggunakan motor, hendaknya kamu memakai jaket yang memang dibuat khusus pengendara motor. Kamu juga perlu memakai sarung tangan, sepatu touring dan helm. Jangan lupa juga untuk membawa pakaian ganti, peta pribadi dan alat komunikasi seperti handphone. Jika kamu hendak mengunjungi tempat terpencil yang jauh dari kawasan pusat kota, di sarankan untuk membawa perangkat outdoor atau adventure seperti pisau lipat dan alat navigasi (GPS).

Jika kamu seorang pemula yang hendak touring dengan menggunakan motor. sebaiknya, perbanyaklah bertanya agar kamu tidak bingung pada saat pelaksanaan. Jangan lupa juga untuk berdoa sebelum kamu memulai perjalanan agar lancar dan tidak terjadi apa-apa.

Related Posts

Load comments

Comments