7 Strategi Usaha Sampingan Jualan Online Agar Selalu Sukses


Membangun suatu bisnis jualan online sekalipun hanya dijadikan sebagai sampingan tetap membutuhkan strategi agar dapat berkembang. Oleh sebab itu kamu perlu memahami strategi jualan online. Berikut adalah tujuh strategi yang dapat kamu coba untuk terapkan dalam mengelola bisnis online-mu baik itu bisnis utama maupun usaha sampingan

1. Membuat Konten Menarik


Konten yang kamu posting pada media atau situs jual beli online sebenarnya adalah poin paling penting. Ibaratnya itulah nyawa dari bisnis yang kamu jalani. Oleh sebab itu usahakan untuk membuat konten semenarik mungkin, karena daya tarik utama ada di situ.

Konten yang menarik ini meliputi berbagai hal seperti foto, artikel, ataupun video. Kamu dapat mengombinasikan semua konten tersebut dan mengunggahnya secara berkala. Hal ini dapat membuat akun online milikmu tampak lebih menarik. 

2. Gunakan Jasa SEO


Strategi selanjutnya yang dapat kamu terapkan adalah membuat situs online shop yang dapat muncul ketika diketik dalam mesin pencarian. Agar situsmu bisa berada pada posisi ini, diperlukan pengetahuan tentang SEO atau Search Engine Optimized. Akan tetapi kalau merasa tidak bisa melakukannya, saat ini sudah banyak jasa SEO.

Dengan menerapkan SEO pada situsmu, lalu ketika kata kunci pencarian dimasukkan, maka besar kemungkinan situs online milikmu akan muncul pada hasil search engine deretan pertama. Hal ini akan memudahkan para pembeli untuk menemukan situs online dan juga meningkatkan pemasaranmu. 

3. Bersikap Komunikatif dan Informatif


Sebagai seorang owner untuk suatu bisnis jual beli online, kamu dituntut agar mempunyai sikap komunikatif dan informatif. Artinya cepatlah merespon jika ada pelanggan yang bertanya dan usahakan agar memberikan penjelasan yang baik untuk mereka. 

Sedangkan sikap informatif dapat kamu terapkan ketika upload produk ke media atau situs online atau pada saat berdiskusi dengan pelanggan. Banyak pemilik usaha online yang kurang informatif dalam memasarkan produk, sehingga pelanggan enggan untuk membelinya. Misalnya buatlah deskripsi yang jelas untuk produk tas yang kamu jual.

4. Bergabung dengan Marketplace


Tidak perlu ragu untuk bergabung dengan marketplace ataupun e-commerce. Jadi keabsahan bisnismu tidak perlu diragukan lagi. pasalnya sudah menjadi rahasia umum bahwa ada banyak sekali pemilik bisnis online via media sosial yang melakukan penipuan terhadap pelanggan.

Dengan bergabung dalam marketplace, bisnismu akan tampak lebih terjamin dan terpercaya. Selain itu peluang untuk memperoleh pelanggan juga semakin terbuka. Karena kebanyak orang saat ini lebih senang untuk belanja melalui marketplace.

5. Bangun Jaringan Sebanyak Mungkin


Mempunyai jaringan dan koneksi yang luas juga menjadi strategi penting dalam suatu bisnis online. Semakin luas jaringan yang kamu miliki, maka peluang pasar produkmu juga akan semakin melebar. Dengan begitu kemungkinan untuk memperoleh pelanggan pun terus mengalami peningkatan.

Ada banyak cara untuk membangun jaringan yang luas dan tidak masalah untuk memulainya dari lingkup yang kecil. Misalnya pada awal bisnis kamu meminta bantuan keluarga atau teman untuk pemasaran, rajin mengikuti berbagai seminar atau event yang sesuai dengan bisnismu, serta menjadi sponsor untuk suatu kegiatan.

6. Tentukan Target Pasar


Meskipun hanya usaha sampingan, kamu juga perlu menentukan target pasar ketika memiliki bisnis online. Target ini akan membuatmu menjadi lebih fokus dalam menjalani bisnis dan usaha. Selain itu perlu juga diketahui bahwa produk atau jasa yang kamu tawarkan belum tentu menarik untuk seluruh kalangan.

Oleh sebab itu pada titik awal, buatlah target pasar sebagai fokus utama. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah untuk menerapkan strategi pemasaran sesuai dengan target itu. kalau target pasarmu adalah para remaja, maka strategi yang bisa kamu terapkan yaitu memakai konsep gaul ala generasi milenial. 

7. Manfaatkan Iklan pada Sosial Media


Cobalah untuk memanfaatkan iklan yang terdapat pada social media. Misalnya di Facebook dan Instagram. Kamu dapat memasang iklan pada kedua media tersebut agar bisnismu lebih banyak dilihat oleh orang lain. Semakin banyak yang melihat, maka peluang usaha memperoleh pelanggan juga semakin besar.

Iklan di Facebook masih menjadi metode paling menjanjikan, karena diketahui media sosial ini merupakan yang paling banyak digunakan. Artinya orang yang kemungkinan melihat iklanmu juga semakin berpeluang besar. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan Google Adwords untuk memudahkan pelanggan menemukan bisnismu dalam pencarian.

Itulah tujuh strategi usaha sampingan berupa jualan online yang bisa kamu terapkan untuk membuat bisnismu lebih sukses. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Load comments

Comments