Inilah, 5 Destinasi Wisata Di Wonosari Yang Wajib Untuk Kamu Kunjungi!


Buat kalian yang udah bosen sama liburan ala-ala "study tour" anak SMA tapi masih kangen sama suasana kota Gudeg. Coba deh sesekali main-main ke Wonosari. Yap, ibukota dari kabupaten Gunung Kidul itu, kini mulai ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin berlibur sekaligus ber-swafoto untuk feed Instagram mereka.

Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, membuat kawasan gunung kidul memiliki banyak spot wisata pantai tersembunyi yang wajib untuk kamu singgahi. Eits, tapi nggak cuma wisata pantai aja lho yang bisa kamu nikmati di Wonosari, karena  masih banyak spot Instagramable lain yang siap membuat para follower-mu berdecak kagum saat melihat feed-feed yang akan kamu unggah dan bagikan kepada mereka nanti, Penasaran? Yuk, kita explore satu persatu.

1. Pantai Kukup (Tanah Lot-nya Jogja) 



Pantai Kukup seringkali disebut sebagai tanah lot-nya Jogja, karena di sisi timur pantai ini terdapat pulau karang yang sengaja dibangun agar para wisatawan bisa menikmati pemandangan Samudera Hindia tanpa terhalang oleh apapun dari Gardu pandangnya. Gardu Pandang yang berada di Pulau Jumino (sebutan untuk pulau karang tersebut) inilah yang membuatnya terlihat seperti Tanah Lot yang ada di Bali. Menariknya, sekalipun gugusan pantai di laut selatan terkenal memiliki ombak yang cukup besar, namun di Pantai kukup kamu masih dapat berenang-renang kecil atau sekedar bermain air di tepian, karena terumbu karang yang mengelilingi pantai ini akan lebih dulu menahan hempasan ombak besar yang hendak menepi ke bibir pantai. Pantai Kukup sendiri terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.  

2. Taman Bunga Nawari 


Credit Image to @freda_fredot

Setelah puas berenang dan menikmati panorama alam Pantai Kukup, jangan buru-buru pulang. Karena tidak jauh dari sana terdapat sebuah taman bunga matahari yang seringkali dijadikan spot selfie oleh muda mudi sekitar. Taman Bunga Nawari begitu warga sekitar menyebutnya. Dilahan seluas 5.000 meter persegi ini, para pengunjung dapat ber-swafoto dengan hamparan bunga matahari yang seakan sadar kamera. Dan buat kamu yang merasa salah kostum saat mengunjungi taman ini, tenang... karena pengelola taman ini juga telah lama menyediakan fasilitas penyewaan kostum untuk para wisatawan. Dan kostumnya juga keren lho... ada kimono-nya segala hehe... Oiya, tapi ada satu hal yang perlu kalian ingat nih guys, di taman ini ada larangan untuk memetik apalagi menginjak-injak hamparan bunga matahari. So, jangan sampai karena keasyikan berfoto kalian sampai lupa dengan hal ini ya...

3. Puncak Kosakora 


Credit Image to @dian_282

Sebagai kabupaten paling timur dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, kabupaten Gunung Kidul juga memiliki spot wisata bukit yang tak kalah indah. Salah satunya adalah Puncak Kosakora. Terletak berdampingan dengan Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Sepanjang dan Pantai Ngrumput membuat Puncak Kosakora memiliki bentang alam yang amat menawan. So, buat kamu yang hobby trekking, kamu bisa menyusuri ladang-ladang milik penduduk sekitar untuk menuju ke Pantai Ngrumput sebelum sampai di Puncak Kosakora. Oiya, dari kejauhan kalian akan melihat bendera merah putih yang berkibar di Puncak Kosakora. So, jika bingung... kalian dapat menjadikannya sebagai patokan saat menyusuri jalur trekking dari Pantai Ngrumput.

4. Tegalarum Adventure Park 


Credit Image to @tegalarum_adventurepark

Bosen sama wisata pantai, bukit dan taman? Tenanggggg... masih banyak spot wisata lain kok di Wonosari. Salah satunya adalah Tegalarum Adventure Park. Ditempat ini kalian dapat menikmati beragam wahana bertemakan petualangan, seperti Outbound, Flying Fox, Fun Trail, Body Rafting, River Tubing hingga wahana permainan yang dirancang khusus untuk keluarga. Lokasinya ada di desa Sidorejo, Karangtengah, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul.


5. Embung Batara Srinten di Puncak Gunung Batur Agung 


Credit Image to @wh_u32juana

Berada di puncak gunung batur agung,  Embung Batara Srinten merupakan waduk kecil yang berada di puncak tertinggi Gunung Kidul. Sekalipun begitu, waduk ini tergolong cukup aman untuk dikunjungi bersama keluarga, karena disekitarnya sudah terpasang pagar-pagar pembatas. Bahkan untuk kalian yang ingin berkeliling, kalian bisa menyusuri jalan khusus yang memang dibuat untuk para pejalan kaki.

Tapi saran saya kalau mau kesini, jangan lupa sewa motor dulu ya hehe... Nggak cuma ke Embung Batara Srinten sih, pokoknya kalau suatu saat kalian berencana untuk liburan ke Wonosari saran saya mending sewa motor aja. Soalnya kalau mau naik kendaraan umum, kalian mesti ganti bus 2x, mesti naik angkot kecil lagi yang lewatnya juga jarang-jarang, dan untuk bisa sampai ke spot-spot wisatanya pun kalian mesti jalan kaki lagi hehe...

Nah, gimana? Tertarik untuk liburan ke Wonosari? Gaspolll mamen

Related Posts

Load comments

Comments