Tips Memilih Sabun yang Tepat buat Kulit Berjerawat


Sabun muka pria yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat sekarang ini sudah tersedia di toko-toko atau minimarket terdekat disekitar rumah kalian. Mempunyai kulit yang berjerawat memang membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Maka tak heran bila banyak obat jerawat yang dicari, mulai dari obat kimia yang banyak di jual di apotik hingga obat tradisional yang memanfaatkan bahan-bahan alami buat mengusir jerawat yang timbul di kulit wajah.

Untuk mencegah datangnya kembali jerawat, mencuci wajah merupakan salah satu yang bisa Anda lakukan. Namun, sayangnya tidak sedikit yang menganggap sepele kebiasaan mencuci wajah, sehingga banyak yang tidak terlalu memperhatikan jenis sabun pencuci wajah yang akan dipakai. Mulai dari sekarang, coba hentikan kebiasaan tersebut. Terlebih lagi bila Anda mempunyai kondisi kulit yang berjerawat.

Umumnya sabun wajah mempunyai surfaktan yang berguna buat menembus tegangan permukaan kulit. Dengan begitu, sabun tersebut dapat menyerap kotoran dan minyak yang kemudian akan hilang saat Anda membilasnya. Masalahnya, selain melenyapkan kotoran dan minyak yang menjadi penyebab jerawat, surfaktan juga dapat melenyapkan pelembab alami kulit dan membuat kulit menjadi kering. Bila hal ini terjadi secara terus menerus, maka kulit dapat teriritasi atau terjadi peradangan.

1. Perhatikan Kandungan Sabun


Bila kulit Anda sangat berjerawat, maka Anda bisa memilih sabun dengan kandungan benzoil peroksida, tea tree oil, atau asam salisilat buat membunuh bakteri dan mengurangi minyak.

2. Perhatikan Tulisan yang tercantum


Perhatikan tulisan yang tercantum di kemasan sabun pencuci wajah yang akan Anda beli. Cari sabun khusus yang kemasannya mencantumkan tulisan "oil control" buat kulit berminyak atau "non-comedogenic".

3. Perhatikan Tekstur Sabun


Pilihlah sabun dengan tekstur yang lembut. Sabun dengan tekstur foam umumnya akan membuat kulit berjerawat lebih nyaman.

4. Perhatikan Kondisi Lainnya



Bila Anda sedang memakai krim perawatan dari dokter, umumnya di awal pengobatan kulit akan mengalami iritasi atau bersisik, gatal, serta kemerahan. Sebaiknya pakai sabun yang lembut dengan kandungan pelembab sementara waktu. Hal ini dimaksudkan agar kulit lebih nyaman di awal-awal pengobatan. Namun, tentu saja hal ini sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Selain memperhatikan tips memilih sabun yang tepat buat kulit berjerawat diatas, jangan lupa juga buat membatasi frekuensi mencuci wajah. Sekalipun wajah Anda berminyak atau berjerawat, sebaiknya batasi mencuci wajah, paling tidak 3 kali dalam sehari dan pakai deodorant nivea men sebagai penyempurnanya. 


Related Posts

Load comments

Comments