Tips Mencatat Barang yang Perlu Dibelanjakan


Agar bisa lebih hemat saat berbelanja, Anda perlu mencatat berbagai barang yang ingin dibelanjakan. Namun, meskipun sudah dicatat, masih banyak juga orang yang gagal untuk berhemat dan justru berbelanja diluar dari catatan yang telah dibuat. Sehingga, uang yang dikeluarkan pun justru semakin jauh dari ekspektasi yang membuat anggaran belanja semakin membengkak. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda perlu mengetahui cara mencatat barang belanjaan secara tepat. Berikut ini beberapa tips untuk melakukannya.

Membedakan antara kebutuhan dan keinginan


Saat mencatat barang yang ingin dibelanjakan, Anda perlu membedakan mana barang yang betul-betul dibutuhkan dan yang barang yang hanya Anda inginkan. Karena, apa yang Anda inginkan belum tentu menjadi kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Cara ini, bisa membantu Anda agar dapat menghemat anggaran belanja sekaligus memenuhi segala kebutuhan Anda dengan membeli barang yang tepat saat berbelanja. Jadi, pastikan Anda selalu mencatat barang yang perlu dibelanjakan dengan mencatat barang yang dibutuhkan saja.

Mencatat jumlah yang dibutuhkan


Selain mencatat barang yang dibutuhkan, saat mencatat barang belanjaan, Anda juga perlu mencatat jumlah barang yang dibutuhkan. Hal ini penting untuk dilakukan karena membeli suatu barang secara berlebih bisa membuat anggaran belanja Anda semakin membengkak. Selain itu, membeli barang dalam jumlah yang banyak juga bisa berpotensi membuat barang tersebut tidak berguna karena kadaluarsa jika barang tersebut berupa makanan atau sembako. Oleh karena itu, catat dengan tepat jumlah barang yang Anda perlukan sebelum pergi berbelanja, agar nantinya barang tersebut bisa benar-benar digunakan secara efektif dan pengeluaran pun menjadi lebih hemat dan efisien.

Memilih barang sejenis dengan harga yang lebih murah


Ketika mencatat barang yang perlu dibelanjakan, Anda mungkin telah mencatat merek barang yang dibutuhkan. Namun, ketika berbelanja, Anda juga perlu membandingkan antara satu merek dengan merek lain yang sejenis. Jika kualitasnya memang tidak berbeda jauh, Anda bisa memilih barang sejenis dari merek yang lebih murah. Sebab, berbeda merek seringkali berbeda pula harganya. Selain itu, seringkali supermarket juga memberikan promo pada merek-merek tertentu. Sehingga, Anda bisa lebih lagi menghemat anggaran belanja apabila Anda memilih barang sejenis yang sedang dijual dengan harga promo atau dari merk lain yang lebih murah.

Salah satu supermarket yang seringkali memberikan promo kepada para konsumennya adalah LotteMart. Maka dari itulah, pastikan untuk selalu mengecek promo Lottemart terlebih dahulu sebelum berbelanja, supaya Anda bisa lebih menghemat pengeluaran. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Load comments

Comments