Perhatikan 5 Hal Ini, Sebelum Membeli Earphone Secara Online

Tips Membeli Earphone Murah

Bagi banyak orang, mendengarkan musik menggunakan earphone telah menjadi sebuah kebiasaan yang mendarah daging dan sulit untuk dilepaskan. Alasannya sederhana, karena dengan menggunakan earphone kita dapat lebih fokus mendengarkan seluruh playlist lagu yang kita putar tanpa perlu terganggu dengan suara berisik lain disekitar kita. Bahkan kadang kala, adapula orang yang menggunakan earphone karena sedang tidak ingin diganggu, misalnya ketika sedang mengantre di sebuah klinik atau rumah sakit maupun ketika sedang menempuh perjalanan dengan menggunakan transportasi umum seperti busway. Lantas apa sajakah hal-hal yang perlu kita perhatikan ketika hendak membeli sebuah earphone atau headphone baru melalui online shop atau marketplace? 

1. Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.


Filter Harga Ketika Hendak Membeli Earphone


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah, memastikan terlebih dahulu berapa besar budget yang kira-kira akan Anda keluarkan untuk membeli sebuah earphone baru. Hal ini bertujuan agar Anda dapat lebih mudah melakukan filter harga, sebelum menentukan item-item mana saja yang sekiranya memenuhi kriteria earphone atau headphone idaman yang Anda cari. 

2. Tentukan beberapa earphone yang menurut Anda layak untuk dibeli.


Perbandingan Harga Earphone


Dalam proses pencarian, Anda bisa menyisihkan beberapa jenis earphone, baik dari brand yang sama maupun berbeda, untuk kemudian dibandingkan lagi, baik dari segi harga maupun kualitas. Dan jangan terlalu terpaku pada pendapat mayoritas orang yang mengatakan bahwa "harga yang mahal akan selalu berbanding lurus dengan kualitas audio yang bagus". Karena dari pengalaman pribadi saya, seringkali earphone dengan harga yang murah justru memiliki kualitas audio yang lebih mumpuni dibandingkan earphone dengan harga yang lebih mahal. 

3. Jangan malas untuk membaca kolom review atau ulasan.


Membaca Ulasan Sebelum Membeli Earphone


Setelah berhasil menyisihkan beberapa jenis earphone dalam rentang harga yang berdekatan dengan kualitas yang juga nyaris sepadan, tugas Anda selanjutnya adalah untuk membaca satu-persatu ulasan yang diberikan oleh para pembeli, untuk masing-masing item tersebut. Disinilah Anda bisa mulai mengeliminasi earphone-earphone yang sama sekali belum mendapatkan ulasan dari orang lain. Dan mulai membandingkan item-item yang sudah mendapatkan ulasan atau review yang cukup bagus dari para buyer sebelum Anda. Untuk kemudian mengerucutkan pilihan pada salah satu earphone terbaik. 

4. Lakukan dua kali perbandingan. 

Cek reputasi Seller sebelum membeli Earphone

Setelah berhasil menemukan sebuah earphone yang dirasa cukup "worth it" untuk dibeli. Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah kembali melakukan perbandingan antar online shop dan marketplace untuk barang yang sama. Perbandingan yang kedua bertujuan untuk mencari harga jual terendah dari seller yang paling recommended disalah satu online shop atau marketplace. So, bukan cuma harga yang akan kita bandingkan disini, namun reputasi dari sang seller pun akan ikut kita bandingkan. Baik dari sisi packing maupun estimasi waktu pengiriman. 

5. Lakukan order barang sebelum stoknya habis.


Beli Earphone Murah


Sepele memang, namun membiarkan barang yang ingin Anda beli berada cukup lama di keranjang belanjaan bisa jadi akan membuat Anda gagal mendapatkan barang tersebut dan harus menunggu lebih lama sampai barang yang hendak Anda beli tersedia kembali. Karena para seller yang dianggap "recommended" biasanya akan jauh lebih cepat melakukan perputaran barang, sehingga ketersediaan stoknya pun bisa jadi akan berubah dengan cukup cepat dibandingkan dengan seller yang lain. So, dalam hal ini Anda dituntut untuk tidak hanya cermat dan selektif, namun juga cepat.

Nah, itulah 5 hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli earphone atau headphone baru melalui online shop atau marketplace

Selamat berbelanja :)

Comments