Load Bank Sebagai Alat Pengujian Generator Terbaru


Bagi Anda yang sedang kebingungan mencari alternative kelistrikan, jangan ragu untuk segera menghubungi sewatama pemberi solusi listrik terbaik. Karena selama lebih dari 22 tahun berdiri, sewatama telah memberikan begitu banyak sumbangsihnya bagi solusi kelistrikan tanah air. Nah, bicara soal kelistrikan, ada sebuah perangkat yang wajib ada dalam proses operasional sebuah industri. Perangkat tersebut bernama Load Bank. Load Bank dipakai sebagai alat simulasi untuk menguji seberapa besar kemampuan suatu pembangkit listrik seperti Diesel Genset, Gas Genset, Turbine maupun berbagai macam pembangkit dan sejenisnya beserta kelengkapannya. Load Bank dipergunakan dalam menguji kemampuan suatu Generator, baik itu generator baru maupun generator bekas. Generator Baru belum tentu memiliki kemampuan seperti yang tertera dalam katalog maupun brosur-brosurnya, Test Report yang terlampir dari perusahaan perakit pun belum tentu sesuai dengan kondisi saat Generator terinstal di depan Anda, ada berbagai aspek yang bisa menyebabkan kondisi performance engine Generator tersebut berubah. Dan disinilah Load Bank memegang peranan penting untuk mengujinya. Karena tentu saja Anda tidak ingin membeli kucing dalam karung bukan?


Untuk itu, Anda memerlukan alat uji yang akurat, yang bisa memberikan data lengkap tentang kondisi performance generator yang Anda beli, Anda bisa melakukan test dengan beban smooth maupun ekstrim untuk melihat seberapa bagus response generator set yang Anda beli terhadap berbagai karakter beban, dengan demikian Anda tak perlu takut alat-alat produksi, komputer maupun peralatan elektronik di tempat Anda akan terbakar dan rusak hanya karena kondisi performance generator set Anda kurang bagus. Jelas sekali apabila Anda hendak membeli generator bekas, Anda perlu meyakinkan terlebih dahulu kondisi atau persentase kemampuan genset yang akan Anda beli, dengan mengetesnya menggunakan load bank Anda akan menjadi lebih yakin karena dapat menyaksikan sendiri bagaimana response, perubahan fisik generator, maupun ketahanan generator bekas Anda.

Apabila Anda ingin melakukan tindakan Overhaul, Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan test sebelum dan sesudah Overhaul, dengan demikian Anda bisa membedakan seberapa besar perubahan kondisi performance generator set tersebut. Pada suatu instalasi tertentu, load bank diperlukan sebagai media pemindah beban, pada instalasi crane, load bank dipakai sebagai pengalih beban untuk menghindari efek overspeed pada generator akibat beban kejut yang hilang secara tiba-tiba, dengan menggunakan load bank, beban crane yang hilang langsung dipindahkan ke unit load bank sehingga kondisi generator set akan tetap stabil.

Nah, itulah kira-kira fungsi Load Bank sebagai alat pengujian Generator, baik untuk menguji generator baru maupun generator bekas. :)

Related Posts

Load comments

Comments