Kamis, 09 Juni 2016

6 Tips Belanja Cerdas Sesuai Kebutuhan Saat Bulan Ramadhan


Sumber gambar: freebies2deals.com

Perubahan yang paling signifikan terlihat ketika datangnya momen besar seperti bulan suci ramadhan kali ini adalah gaya hidup dari sebagian besar masyarakat kita yang juga ikut berubah. Mulai dari perubahan pola makan, intensitas ibadah yang jauh lebih meningkat, jalinan silaturahim yang lebih erat antar anggota keluarga dan masyarakat, hingga perubahan yang cukup drastis dalam hal anggaran pengeluaran dan belanja bulanan. Berbagai jenis jajanan untuk berbuka, promo tiket mudik murah dan beragam penawaran voucher diskon belanja, menjadi salah satu faktor pemicunya. Sayangnya dalam momen seperti ini, kebanyakan dari kita akan mengesampingkan logika berpikir dan menjadi kalap mata kala melihat voucher diskon dan sederetan barang murah yang terpampang rapih diberbagai Mall fisik masupun e-Commerce.

Untuk itu, sebelum kantong Anda mulai menipis, simak dahulu beberapa tips belanja hemat sesuai kebutuhan dibawah ini:

1. Buatlah sebuah daftar anggaran belanja sederhana

Pernah diajarkan Administrasi pembukuan ketika masih sekolah atau kuliah dulu? jika pernah, coba praktekkan ilmu yang Anda dapat tersebut dalam bentuk yang jauh lebih sederhana. Misalnya, coba catat berapa uang yang Anda dapatkan dari gaji bulanan Anda, apa saja daftar kebutuhan pokok yang harus dibeli, kemudian totalkan, dan berapa kira-kira sisa uang yang Anda miliki? dengan melakukan hal itu Anda pasti akan jauh lebih bijak dalam mempergunakan uang Anda.

2. Berbelanjalah sesuai kebutuhan, bukan sesuai keinginan

Prioritaskanlah lebih dahulu barang-barang yang memang Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan. Karena barang yang Anda inginkan belum tentu benar-benar Anda butuhkan. Terlebih dalam musim belanja dadakan seperti saat sekarang ini.

3. Sisihkan dahulu sebagian penghasilan Anda untuk membayar zakat

Khusus untuk kaum muslim, jika seluruh kebutuhan pokok Anda sudah terpenuhi, sisihkan dahulu sebagian penghasilan Anda untuk membayar zakat. Jangan sampai, aktivitas belanja dadakan Andalah yang justru lebih Anda prioritaskan.

4. Lakukan riset dan komparasi harga terlebih dahulu sebelum berbelanja

Nah jika barang kebutuhan pokok sudah ditangan dan niat zakat pun sudah terlaksana. Kini, silahkan Anda pertimbangkan sendiri barang-barang apa lagi yang memang ingin Anda beli, namun jangan lupa untuk mempertimbangkan nilai manfaatnya. Jangan sampai, barang yang Anda beli, justru pada akhirnya tidak Anda gunakan sama sekali.

Nah salah satu tips cerdas sebelum memanfaatkan momen HARBOLDAN alias Hari Belanja Online Ramadhan kali ini adalah, bandingkan atau lakukanlah komparasi harga terlebih dahulu dari masing-masing situs e-Commerce jika Anda ingin membeli barang secara daring (online). Jangan sampai, karena tergiur oleh voucher diskon yang cukup besar, Anda justru kemudian mendapatkan barang dengan harga yang jauh lebih mahal dari yang seharusnya.

Salah satu situs komparasi harga yang bisa Anda manfaatkan adalah situs Telunjuk.com. Sebenarnya situs ini dirancang khusus sebagai shopping search engine, namun saya pribadi lebih sering menggunakan situs yang satu ini untuk melakukan komparasi harga dari beragam e-Commerce. Karena selain, bisa membandingkan situs e-Commerce mana yang sekiranya menawarkan barang yang sama dengan harga yang lebih murah, di Telunjuk.com kita juga bisa berburu voucher diskon dari beragam e-Commerce berbeda tanpa perlu repot-repot mencarinya satu persatu disitus e-Commerce yang bersangkutan.

Jauh lebih efisien dan tepat sasaran bukan? Bandingkan jika Anda harus membuka situs e-Commerce tersebut satu-persatu atau harus membaca newsletter dan update social media dari masing-masing e-Commerce tersebut hanya untuk memburu voucher diskon yang pastinya akan menyita waktu cukup lama. 

5. Pilih Metode pembayaran yang paling mudah dan sesuai untuk Anda

Selain mempertimbangkan faktor harga, pertimbangkan juga proses pembayaran yang menurut Anda paling tepat dan mudah, jangan sampai Anda sendiri yang justru kesulitan setelah selesai memilih barang.

6. Pertimbangkan Juga Jasa Ekspedisi yang hendak Anda gunakan

Mayoritas e-Commerce di Indonesia pastilah bekerjasama dengan berbagai jasa ekspedisi dalam hal pengiriman barang. Nah, dalam momen padat seperti sekarang ini, selain ongkos kirim pertimbangkan juga masalah waktu pengiriman, jangan sampai barang yang Anda butuhkan sebelum Hari Raya Lebaran justru tiba setelah Perayaan Lebaran.

Itulah beberapa tips belanja hemat selama bulan ramadhan yang mungkin dapat Anda pertimbangkan. Terakhir, bijak-bijaklah dalam mempergunakan uang Anda mulai sekarang dan selamat menjalankan Ibadah puasa bagi Anda yang menjalankannya.  

 



0 komentar:

Posting Komentar

Connected with Me