5 Tips Memilih Lantai Marmer Terbaik


Meski tidak murah, sebagian orang lebih menyukai produk lantai marmer ketimbang material lain seperti Vynil atau Keramik. Hal ini karena kesan mewah yang ditonjolkannya pada interior atau eksterior bangunan. Tak heran jika zaman dulu, banyak istana dan kuil-kuil pemujaan para dewa yang dibuat dengan menggunakan material yang satu ini. Tak hanya dianggap sebagai simbol kemewahan belaka, marmer pun kerap didaulat sebagai material yang paling awet dan tahan lama. Marmer bahkan terkenal tahan api dan tidak mudah tergores. Tak heran jika hingga kini, marmer masih menjadi primadona untuk urusan produk lantai. 


Tips Memilih Lantai Marmer



Nah, bagi kamu yang tengah berniat untuk mempercantik desain interior atau eksterior rumahmu dengan balutan lantai marmer. Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan, yakni:


1. Sesuaikan marmer dengan kegunaan ruangan


Marmer dengan warna cerah umumnya digunakan untuk ruang tamu atau ruang untuk berkumpul besama keluarga. Tujuannya adalah agar ruangan terlihat jauh lebih luas dan lega. Sementara untuk ruang tidur atau dapur, kebanyakan orang akan memilih marmer berwarna gelap. Selain agar tidak cepat kotor, warna gelap umumnya memberikan kesan sejuk pada ruangan. Kamu dapat pula menyesuaikan marmer dengan warna dinding atau material lain diruangan tersebut. 


2. Sesuaikan marmer dengan perabot rumah tangga


Jika perabot dirumahmu lebih banyak didominasi warna cokelat, misalnya meja kayu, lemari kayu, dan lain sebagainya. Maka usahakan untuk tidak memilih marmer dengan warna yang hampir senada. Kamu bisa memilih marmer dengan warna netral seperti putih. Hal ini bertujuan untuk menambahkan kesan elegan dan modern pada ruangan. Marmer putih juga akan membuat ruangan terasa jauh lebih hangat. 


3. Rencanakan pola pemasangan marmer


Penting bagi kamu untuk menentukan lebih dulu, pola seperti apakah yang kamu kehendaki. Misalnya pola mozaik atau papan catur. Dan jangan lupa mengukur luas ruangan untuk menyesuaikan pemasangan pola tersebut. Usahakan juga untuk meminta suplier menggelar marmer tersebut lembar demi lembar agar saat digabungkan polanya dapat terlihat dengan cukup jelas. 


4. Perhatikan unsur mineral dari marmer yang hendak dibeli


Selain corak dan warna, unsur mineral pada marmer menjadi hal lain yang perlu kamu pertimbangkan. Semakin seimbang unsur mineral yang terkandung didalamnya. Maka akan semakin solid pula marmer yang terbentuk. Hal ini akan turut menentukan daya tahan marmer. 


5. Sesuaikan dengan budget


Karena harganya yang cenderung cukup mahal, kebanyakan orang yang ingin sedikit berhemat umumnya akan memilih marmer kualitas lokal ketimbang import. Maka disinilah kamu dituntut untuk cukup cermat dalam memilih. Karena marmer lokal pun sejatinya memiliki kualitas yang tak kalah baik. Bahkan kerap di ekspor ke mancanegara. Faktor utama yang membuatnya lebih murah adalah karena marmer lokal berasal dari bebatuan yang ditambang di Indonesia. Hal ini membuat biaya produksi dan ekspedisinya menjadi jauh lebih murah. 


Meski begitu, marmer import umumnya memiliki corak yang jauh lebih unik dan jarang ditemui pada marmer lokal. Hal ini pulalah yang membuatnya tergolong prestigious untuk dimiliki.


Rekomendasi Produk Lantai Marmer Terbaik



Selain Indonesia, berbagai negara seperti Italia, Spanyol, Yunani, Turki, China, hingga India juga terkenal sebagai penghasil marmer terbaik di dunia. Berikut, rekomendasi merk lantai marmer terbaik yang bisa kamu pilih.


1. Marmer Carrara


Marmer carrara menjadi salah satu merk marmer yang paling sering digunakan. Coraknya yang terlihat minimalis dengan warna dasar putih menjadikan marmer ini kerap diburu untuk interior ruang tamu. Tak hanya putih, kamu dapat pula menjumpai marmer carrara yang berwarna abu-abu atau biru keabu-abuan. Marmer carrara termasuk merk marmer yang cukup terjangkau dan paling mudah ditemui dipasaran.


2. Marmer Fagetti


Nama fagetti mungkin sudah tak asing lagi ditelinga kita. Ada banyak gedung pencakar langit dan pusat perbelanjaan yang menggunakan marmer fagetti untuk interior lantainya. Hal ini karena marmer fagetti terkenal sangat menawan saat terkena cahaya lampu. 


3. Marmer Statuario


Seperti halnya marmer carrara, marmer statuario pun berasal dari Italia. Marmer ini ditambang dari daerah perbukitan yang tertutup oleh salju. Itu mengapa, warna putih dengan gurat hitam atau abu-abu pada marmer statuario terlihat sangat alami dan turut memberikan kesan sejuk dan minimalis pada interior bangunan.


4. Marmer Kristalin


Bagi kamu yang tengah mempertimbangkan penggunaan marmer lokal. Marmer kristalin dapat menjadi salah satu pilihan terbaik. Poso dan Lampung terkenal sebagai daerah penghasil marmer kristalin terbaik di Indonesia. Marmer ini kerap digunakan untuk bangunan minimalis karena warna dasar abu-abunya yang terlihat mengkilap.


5. Marmer Calacatta


Sarat akan kesan klasik, marmer calacatta biasanya dipilih untuk bangunan bergaya klasik atau tradisional. Marmer ini juga berasal dari daerah pertambangan Italia. Meski tidak selangka marmer statuario, ketersediaan marmer calacatta juga tak sebanyak marmer carrara. Marmer calacatta juga kerap dibedakan menjadi 2 kategori yakni: Marmer Calacatta Borghini dan Marmer Calacatta Michelangelo. Marmer Calacatta Borghini terkenal karena tampilan yang rustic. Sedang Marmer Calacatta Michelangelo terkenal akan warnanya yang jauh lebih solid. 


Nah, itulah 5 rekomendasi merk lantai marmer terbaik yang bisa kamu pilih. Jika tak ingin repot mengukur atau mencari tukang bangunan untuk memasangnya sendiri. Kamu bisa mempercayakan seluruh kebutuhan bahan bangunan, termasuk pengukuran dan pemasangan lantai marmermu pada situs jual beli bahan bangunan UKUR.   


Related Posts

Load comments

Comments