Nggak Susah Kok, Begini Cara Mudah Membersihkan Dispenser!


Kebanyakan dari kita lebih senang meminum air galon ketimbang air keran yang ada dirumah kita. Sekalipun mungkin, air keran yang kita miliki masih tergolong cukup bagus dan layak untuk diminum. Hal ini, karena setiap kita tahu bahwa air galon yang kita beli telah melalui proses yang jauh lebih higienis. Dengan rasa yang juga jauh lebih segar dari pada air keran yang kita masak sendiri. Namun tahukah kamu, kalau air galon yang kamu minum pun sebetulnya dapat menjadi sumber penyakit jika dispensernya tidak pernah kamu bersihkan? 


Yap, membersihkan dispenser air minum menjadi hal yang wajib untuk kamu lakukan setiap beberapa waktu sekali. Karena dispenser yang kotor akan sangat mungkin menjadi tempat perkembangbiakan bakteri penyebab diare. Seperti bakteri E-coli dan Salmonela typhi


Lantas bagaimana cara membedakan dispenser air minum yang telah kotor? 


Umumnya, dispenser yang kotor akan mempengaruhi rasa dan aroma dari air galon yang kita minum. Jika rasa dan aroma air dirasa telah berubah. Segeralah untuk membersihkannya. 


Cara Membersihkan Dispenser Air Minum



Cara membersihkan dispenser air minum sebetulnya tergolong cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa peralatan  sederhana seperti; sarung tangan karet, tisue basah food grade dan kain mikrofiber bersih. Siapkan juga air bersih dan perasan jeruk nipis. Mengapa jeruk nipis? karena jeruk nipis merupakan antiseptik alami yang telah terbukti ampuh untuk membunuh berbagai patogen penyebab penyakit. Seperti; kuman dan bakteri. 


Nah, jika semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan telah tersedia. Kini saatnya kita mulai membersihkan dispenser tersebut. 


1. Membersihkan badan dispenser


Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencabut stop kontak atau memutus aliran listrik yang masih terhubung ke dispenser. Hal ini penting agar tidak terjadi korsleting listrik. Jika sudah, mulailah untuk membersihkan bagian luar dispenser. Siapkan air hangat yang telah dicampurkan perasan jeruk nipis. Lalu gunakan kain mikrofiber bersih untuk mengelap seluruh badan dispenser. Mengapa air hangat? agar kuman yang menempel dapat betul-betul mati. Nah, karena disini kita sama sekali tidak menggunakan bahan kimia, maka kemungkinan besar akan ada noda yang sulit untuk dibersihkan. Jika tetap ingin membersihkannya, kamu bisa menggunakan sabun pencuci piring food grade. Namun sebisa mungkin, hindari penggunaan bahan kimia. 


2. Membersihkan katup dan keran dispenser


Jika badan dispenser telah dirasa cukup bersih, kamu bisa mulai beralih ke bagian katup dan keran dispenser. Kamu cukup mengelapnya dengan tisue basah food grade yang tadi telah disiapkan. Untuk bagian-bagian yang agak sulit dijangkau, kamu bisa menggunakan Cotton Bud yang telah dilapisi tisue basah. 


3. Membersihkan pipa penyedot dispenser


Nah, setelah bagian katup dan keran betul-betul bersih. Kini saatnya kamu beralih ke bagian terakhir. Yakni, pipa penyedot dispenser yang menghubungkan galon dan keran. Jika pipa tersebut bisa dilepas, jangan ragu untuk melepasnya terlebih dahulu. Lalu bilas dengan air hangat yang telah dicampurkan dengan perasan jeruk nipis tadi. Atau jika ingin mencucinya, gunakan sabun pencuci piring food grade yang dirasa cukup aman dan tidak berbahaya bagi tubuh. Namun jika pipa dispenser ternyata cukup sulit untuk dilepas. Kamu tetap dapat membersihkannya. Siapkan ember kosong, lalu buka keran dispenser. Jika sudah, tuang air hangat yang telah dicampurkan dengan perasan jeruk nipis tadi, hingga mengalir keluar melalui keran dispenser. Ulangi hingga beberapa kali, agar benar-benar bersih. 


Jika semua bagian tersebut telah kamu bersihkan. Kamu hanya perlu menunggu hingga dispenser benar-benar kering, sebelum mulai menggunakannya kembali. Pastikan untuk mengelap bagian mulut galon terlebih dahulu. Gunakan tisue basah yang kamu dapatkan saat membeli air galon. Dan sebisa mungkin, buang 2 hingga 3 gelas air pertama, sebelum mulai mengkonsumsinya. 


Cukup mudah bukan? dengan rutin membersihkan dispenser, kualitas air yang akan kamu minum juga akan menjadi semakin lebih baik. Sebetulnya, kamu dianjurkan untuk membersihkan dispenser setiap kali galon habis. Namun jika dirasa terlalu melelahkan, kamu dapat melakukannya setiap 2 bulan sekali. Usahakan untuk tidak menunggu rasa dan aroma air berubah terlebih dahulu. 


Nah, itulah cara membersihkan dispenser air minum yang benar dan aman. 

Related Posts

Load comments

Comments