#GermanGP: Akankah Marc Márquez Memperpanjang Torehan Rekornya di Sirkuit Sachsenring?


Bicara soal MotoGP, tak terasa kita sudah sampai diparuh musim 2021. Yap, race di sirkuit Sachsenring sore hari nanti menjadi sebuah race yang cukup emosional bagi beberapa pembalap. Sebut saja Marc Márquez yang masih berambisi untuk mempertahankan gelar SachsenKing, sekalipun masih dalam kondisi cidera. Valentino Rossi yang masih harus berpikir panjang untuk menentukan karir membalapnya dimusim depan, hingga Maverick Viñales yang masih harus membuktikan kapasitasnya sebagai pembalap utama Yamaha, pasca pergantian crew chief dari Esteban Garcia ke Silvano Galbusera. Yang tak lain adalah mantan crew chief Valentino Rossi. 


Bahkan tak hanya bagi para pembalap, Sachsenring juga menjadi race amat penting bagi beberapa tim pabrikan yang berlaga di MotoGP 2021. Bagi ducati misalnya, race ini sekaligus menjadi ajang pembuktian bahwa Desmosedici yang dikendarai Miller, Bagnaia, Zarco, hingga Martin telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam hal akselerasi. Karena seperti yang telah sama-sama kita ketahui, Sachsenring merupakan salah satu sirkuit yang jauh lebih menuntut akselerasi ketimbang top speed. Sementara selama ini, ducati dikenal sebagai rajanya top speed namun cukup lemah di akselerasi. Begitupula sebaliknya, sekalipun karakter sirkuit Sachsenring jauh lebih cocok untuk motor bermesin inline 4 seperti Yamaha dan Suzuki. Faktanya, hanya Marc Márquez seorang yang mampu menaklukan sirkuit ini dalam 7 musim terakhir. Sehingga total ia mengoleksi 10 kemenangan berturut-turut selama rentang waktu 2010 hingga 2019. Dimana 1 kemenangan didapatkannya dikelas 125 cc, 2 kemenangan di Moto2, dan 7 kemenangan berturut-turut di MotoGP. Sebuah capaian menarik yang rasanya sulit untuk dipatahkan oleh para pembalap lain. 


*Sebagai catatan, di 2020 MotoGP tidak menggelar balapan di sirkuit ini karena kondisi pandemi yang cukup mengkhawatirkan


Lantas siapa yang kira-kira akan menjuarai race kali ini? 



Jika boleh sedikit berasumsi, rasa-rasanya Marc Márquez masih cukup kompetitif untuk berada di atas podium sore hari nanti. Bahkan jika turun hujan, dan aspal menjadi cukup basah. Kemungkinan besar MM93 lah yang masih akan menjuarai race kali ini (dengan catatan, bahwa ia tidak mengalami crash sama sekali selama balapan berlangsung nanti). 


Masalahnya, dominasi pole position yang selama ini dipegang oleh Marc Márquez akhirnya berhasil di patahkan oleh Johann Zarco yang tak lain adalah pembalap Pramac Racing dari Ducati. So, itu artinya ~ akselerasi dari Desmosedici 2020 memang telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Karena Miller pun nyatanya mampu menempati starting grid ke-4, bahkan Martin yang masih berstatus sebagai pembalap rookie pun tanpa diduga mampu menempati starting grid ke-7.    



Menariknya, Aprilia mampu menempati starting grid ke-3. Itu artinya, tugas Miller, Márquez, dan Oliveira akan menjadi semakin lebih berat. Karena seperti yang telah sama-sama kita ketahui, siapapun yang berada dibelakang Aleix Espargaró akan cukup kesulitan untuk maju kedepan. 


Hal kedua yang menjadi cukup menarik adalah posisi Miguel Oliveira yang tepat berada dibelakang Marc Márquez. So, itu artinya persaingan antara Honda dan KTM juga akan sedikit memanas. Karena pasca kepindahannya ke KTM, Dani Pedrosa menjadi sosok penting dibalik kebangkitan KTM musim lalu.


Akankah Márquez berhasil memperpanjang torehan rekornya? 


Dan mampukah ducati menunjukkan performa yang apik di sirkuit inline? 


Mari kita saksikan bersama dalam GP Sachsenring yang akan berlangsung sore hari nanti pukul 19:00 WIB.

Related Posts

Load comments

Comments