Rekomendasi SSD Murah, Kualitas OKE


Dewasa ini PC atau Laptop sudah menjadi benda yang seakan wajib dimiliki oleh perusahaan ataupun perorangan. Dengan menggunakan perangkat digital yang memiliki spesifikasi tinggi ini, berbagai pekerjaan bisa diselesaikan secara cepat. File-file penting dengan ukuran besar pun bisa disimpan dalam satu perangkat saja.


Ya, umur PC yang sudah terlalu tua dapat menghambat kinerja secara segnifikan dan kerap menimbulkan error. Salah satu upaya yang paling tepat untuk dilakukan adalah mengganti HDD (Hard Disk Drive) dengan SSD murah namun berkualitas prima.


Tak hanya laptop saja, server hosting juga saat ini menggunakan system SSD, salah satu server hosting website termurah saat ini adalah DomaiNesia, untuk infonya klik disini menuju info hosting.


Tuntutan pekerjaan yang kian meningkat tentu saja juga membutuhkan media penyimpanan yang besar, terlebih lagi jika Anda sering menggunakan laptop untuk pekerjaan berat seperti editing video.


Nah, dengan mengganti HDD dengan SSD, diharapkan performa laptop atau komputer Anda akan lebih tangguh dan maksimal. Benar sekali, Solid State Drive yang biasa disebut dengan SSD merupakan komponen penyimpanan dengan kualitas di atas HDD, dan pastinya dapat meningkatkan kinerja perangkat elektronik Anda.


Jenis - Jenis SSD



Perlu Anda ketahui, tidak semua SSD sama dan bisa digunakan pada semua jenis perangkat. SSD hadir dengan beberapa jenis yang harus disesuaikan dengan spesifikasi perangkat Anda. Jika jenis SSD tidak sesuai dengan perangkat maka tidak bisa digunakan. Jadi, perhatikan terlebih dahulu jenis-jenis SSD berikut ini sebelum membelinya ya.

1. SSD 2,5 Inci


Jenis SSD murah yang pertama adalah SSD 2,5 inci yang memiliki kecepatan baca sekitar 550 MB/s serta 500 MB/s.


2. SATA


SSD Serian ATA (SATA) adalah teknologi paling umum yang dihubungan dengan motherboard. Jenis SSD SATA ini mempunyai dua jenis konektor yakni SATA 3 2,5 inci dan konekter M.2 SATA. M.2 SATA adalah jenis konektor yang terdapat pada laptop edisi terbaru. 


SSD ini mempunyai kecepatan tulis 160 MB/s dan kecepatan baca 500 MB/s.


3. SSD PCIe


Anda membutuhkan laptop dengan kecepatan super? SSD PCIe adalah pilihan yang tepat. Memiliki kecepatan melebihi SSD SATA, yaitu dapat mencapai 3,5 GBPS, SSD jenis ini akan membuat kinerja PC Anda sangat gesit. 


Sayangnya SSD PCIe atau storage Non – Volatile Memory Express (NVME) ini tidak dapat digunakan pada semua jenis motherboard. Jadi, sebelum membelinya ketahui terlebih dahulu apakah perangkat Anda dapat dihubungan dengn SSD jenis ini.


Rekomendasi SSD Murah Berkualitas



Ingin mendapatkan SSD dengan harga terjangkau namun kualitas OKE? Selain harga yang murah, kualitas adalah salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan. Untuk apa membeli SSD murah namun harus sering gonta ganti karena kualitasnya yang buruk?

Namun Anda tidak perlu khawatir, di bawah ini beberapa rekomendasi SSD dengan harga yang affordable.


1. SSD V-GEN 120 GB: Rp.370.000 – Rp.755.000


SSD termurah pertama yang bisa diandalkan adalah SSD V-GEN 120 GB. Meski dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, namun kualitas yang dimilikinya bisa Anda bandingkan dengan SSD cetusan produsen kelas atas. SSD ini mempunyai kecepatan tulis hingga 450 MB/s dan kecepatan baca mencapai 530 MB/s.


Kemudian chipset yang tertanam pada V-GEN 120 GB mengadopsi dari Samsung di mana kualitasnya tidak perlu Anda ragukan lagi. SSD dengan user interface SATA 3-6 GB/s ini pun didukung TRIM, Garbage Collection, UDMA Mode 6, S.M.A.R.T, Write Cache, APM, Host Protect Area serta NCQ. Memiliki sistem keamanan AES 256-Bit FDE (Full Disk Encrption) akan menjamin perlindungan penuh pada SSD ini.


2. WD Green SSD 240 GB SATA 3 : Rp.565.000 – Rp.635.000


Rekomendasi SSD murah berikutnya adalah WD Green SSD 240 GB SATA 3 dengan ukuran 2,5 inci dan ketebalan 7 mm. Memiliki teknologi caching single level cell (SLC), SSD ini sudah menggunakan interface SATA 3. Bagi Anda dengan mobilitas sedang, seperti berseluncur di internet, menjalankan game serta software ringan SSD ini bisa jadi pilihan yang menarik.


SSD ini memang dirancang untuk Anda yang menggunakan laptop degan tugas harian yang tidak terlalu berat. Meski begitu, WD Green SSD 240 BG SATA 3 mengantongi beberapa kelebihan seperti, mampu mempercepat kinerja laptop sekaligus menghemat daya agar perangkat dapat bertahan lebih lama. 


Selain itu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan keamanan dan resiko kehilangan data bila SSD terjatuh atau terbentur, karena produk ini sudah dilengkapi dengan sistem tahan benturan. SSD ini juga sudah tersertifikasi F.I.T Lab dari WD karena keandalan dan kompabilitasnya. 


3. SSD Kingston 480GB : Rp.559.000 – Rp.1.022.000


Diproduksi dengan kecepatan 10x lipat dari dari HDD 7200 RPM, menjadikan SSD ini menjadi salah satu rekomendasi SSD termurah dengan kualitas terbaik. Jika laptop Anda masih menggunakan HDD, ganti saja dengan SSD Kingston 480GB ini, dijamin performa laptop terbaik akan Anda miliki.


Baca juga : kode aktivasi avast terbaru 2019


Kecepatan tulisnya mencapai 500 MB/s dan kecepatan basa 550 MB/s, serta menggunakan kontroller Marvell 88SS1074 dan TLC NAND. SSD dari Kingston yang diklaim tahan lama serta tahan terhadap guncangan apalagi getaran. Sementara antarmukanya menggunakan SATA 3 6Gb/s sehingga proses mentransfer, memumat dan booting menjadi lebih cepat.


4. SSD Galax Gamer L Series 480 GB : Rp.760.000 – Rp.1.057.500


Gemar bermain game dan mengerjakan tugas berat? SSD Galax Gamer L Series 480 GB bisa Anda andalkan untuk mempercepat kinerja laptop kesayangan. Memiliki kecepatan 400% lebih cepat dari HDD, SSD ini didukung oleh pengontrol Quad Core PS3110-S10 SATA 3. Cocok untuk semua perangkat yang didukung SATA baik itu mini PC, ultralight, desktop gaming dan juga laptop.


Di samping itu, SSD ini juga didukung mode DevSleep dan didesain untuk penggunaan energi secara efisien untuk menghasilkan konsumsi daya rendah, sehingga perangkat menjadi lebih awet. Kecepatan baca yang dimiliki oleh SSD ini adalah 560 MB/s serta kecepatan tulis 540 MB/s. Segera nikmati sensasi gaming lebih cepat dengan SSD Galax Gamer L Series 480GB.


5. Colorful SL300 SSD 120GB Sata 3 : Rp.330.000 – Rp.364.000


Colorful SL300 merupakan SSD murah dengan interface SATA serta pengontrol SMI berteknologi 3D TLC NAND Flash. Teknologi tersebut memungkinkan perangkat untuk memperpanjang kinerja dan juga stabilitas SSD menjadi lebih tahan lama. 


Seri Colorful SL300 SSD 120GB SATA 3 ini memiliki ukuran 2.5 inci dengan kecepatan tulis 400 MB/s dan kecepatan baca 500 MB/s. Game berukuran besar pun bisa ditaklukkan dengan SSD berkecepatan luar biasa ini.


Tidak hanya sampai disitu, bagi Anda yang memerlukan perangkat berperforma super untuk mengolah data multimedia dengan ukuran besar, juga sangat dianjurkan memakai SSD yang satu ini. Kecepatan laptop dalam menjalankan berbagai software serta mengakses file akan meningkat secara signifikan.


Kesimpulan


Komputer yang lemot dalam merespons semua perintah tentu saja akan menghambat pekerjaan Anda dan menurunkan mood bekerja. Solusi tepat yang harus Anda lakukan adalah mengganti HDD lama dengan SSD murah namun berkualitas. 5 SSD di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi pilihan. Pastikan terlebih dahulu perangkat Anda bisa men-suport SSD yang Anda pilih sebelum memutuskan untuk membelinya.


Related Posts

Load comments

Comments