Berikut, 7 Cara Simple Mengatasi Kulit Kering!


Kulit kering atau xerosis dapat terjadi pada siapa saja. Yap, kulit kering merupakan sebuah kondisi umum yang terjadi karena lapisan epidermis atau lapisan terluar dari kulit kita tidak terhidrasi dengan baik alias kekurangan cairan. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam. Ada orang yang mengalaminya karena faktor genetik namun ada juga yang mengalaminya karena faktor lingkungan atau penggunaan produk skincare yang kurang tepat. Hal ini biasanya akan membuat kulit terlihat bersisik, mengelupas, bahkan pecah-pecah. 

Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Mengatasi kulit kering


Nah, karena setiap orang beresiko mengalami kulit kering. Terutama dibagian wajah, lengan dan kaki. Maka menjadi hal yang cukup penting bagi kita untuk mengetahui cara mengatasinya. Minimal, hal ini dapat membantu kita terhindar dari kondisi kulit kering secara terus-menerus. 

1. Penuhi kebutuhan cairanmu


Karena kulit kering terjadi akibat kekurangan cairan, maka hal utama yang harus kamu lakukan adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu terlebih dahulu. Yap, perbanyak konsumsi air putih, serta sayur dan buah-buahan yang mengandung banyak antioksidan. Hal ini akan membantumu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, termasuk untuk kulit keringmu. 

2. Gunakan sabun atau pembersih wajah yang tepat


Tahukah kamu, kalau mayoritas produk sabun dan pembersih wajah menggunakan kandungan sulfat untuk menghasilkan busa saat digunakan? Yap, sekalipun tidak membahayakan kulit, kandungan sulfat diyakini dapat merusak pH kulit bahkan menghilangkan minyak alami kulit yang berfungsi untuk menjaga kelembapan alami kulit. Maka menggunakan sabun atau pembersih wajah yang mengandung sulfat justru akan memperparah kondisi kulit keringmu. Sebisa mungkin, hindari dulu penggunaan sabun atau pembersih wajah yang mengandung Sodium laureth sulfate (SLS) maupun sodium lauryl ether sulfate (SLES). 

3. Mandi air hangat


Menurut para ahli, terlalu lama mandi air panas dapat berimplikasi negatif pada kulit. Karena hal ini dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Namun tahukah kamu? kalau mandi air hangat selama 5 hingga 10 menit sebetulnya cukup baik untuk melembapkan kulit. So, buat kamu yang mengalami masalah kulit kering, kamu bisa tetap mandi dengan air hangat, namun dengan durasi yang tidak terlalu lama, alias tidak melebihi 10 menit.

4. Jangan menggosok kulit terlalu kencang saat handukan


Mayoritas kita terbiasa untuk menggosok kulit dengan kencang saat handukan. Yap, supaya cepat kering. Padahal, hal ini dapat merusak sel kulit dan membuatnya semakin kering. Maka bagi kamu yang masih suka melakukannya, cobalah untuk sedikit merubah kebiasaanmu itu. Kamu bisa mengeringkan tubuhmu dengan cara menepuk-nepukan handuk ke permukaan kulit dan wajah. Dengan begitu kelembapan kulit dapat tetap terjaga. Jika ada, gunakan juga handuk dengan bahan yang cukup soft atau lembut. 

5. Gunakan toner wajah


Sekalipun sering dianggap kurang penting, penggunaan toner sebetulnya dapat membantumu mengatasi masalah kulit kering. Mengapa demikian? Karena penggunaan toner dapat mengembalikan pH kulit wajahmu ke kondisi semula, yakni pH yang cenderung asam (Berada di kadar/angka 4.2 - 5.6)

6. Gunakan body lotion


Selain toner, gunakan juga body lotion selepas mandi. Hal ini akan membantumu menjaga kelembapan kulit dalam waktu yang relatif lebih lama. 

7. Gunakan skincare untuk kulit kering


Memilih skincare untuk kulit kering memang gampang-gampang susah. Karena sebelum membelinya, kamu perlu memperhatikan kandungannya terlebih dahulu. Maka bagi kamu yang masih mengalami masalah kulit kering, terutama dibagian wajah. Pilihlah skincare yang dapat menghidrasi serta melembapkan kulit wajah. Caranya mudah, cari skincare yang mencantumkan kata "moisturizing" dalam kemasannya. Misalnya L’OrĂ©al Paris White Perfect Whitening & Moisturizing Toner. 

Nah, itulah 7 Cara Simple Mengatasi kulit kering yang bisa kamu lakukan. Buat yang mau nambahin boleh lho di kotak komentar :)

C' u.... 

Related Posts

Load comments

Comments