Berikut, 7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami!


Smoothing rambut menjadi salah satu teknik perawatan rambut yang paling digemari oleh para kaum hawa, khususnya mereka yang memang terlahir dan dianugerahi dengan rambut ikal, keriting maupun bergelombang. Sekalipun hanya mampu bertahan selama kurang lebih 4 hingga 5 bulan sebelum rambut mulai kembali ke bentuk semula. Namun teknik smoothing, nyatanya memang jauh lebih digemari ketimbang teknik rebonding. Mengapa demikian? karena rambut lurus yang didapat dengan proses smoothing secara kasat mata memang terlihat jauh lebih lurus dan alami. Berbeda dengan rambut lurus yang didapat dengan proses rebonding yang biasanya justru terlihat lebih kaku dan tidak natural. 

Sayangnya, ditengah situasi pandemi seperti saat ini bepergian ke pusat-pusat keramaian seperti halnya salon kecantikan juga merupakan hal yang masih harus kita hindari selama beberapa waktu kedepan. Maka untuk menyiasatinya, kamu bisa mencoba beberapa cara meluruskan rambut secara alami. 

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Berbagai cara meluruskan rambut secara alami berikut ini, bisa dikatakan cukup aman untuk dilakukan, bahkan tanpa resiko atau efek samping sama sekali. Karena yang akan kita gunakan, seluruhnya adalah bahan alami yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Penasaran? Mari kita bahas satu-persatu.  

1. Dengan Menggunakan Santan Kelapa 


Sejak dulu, santan kelapa memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang kerap digunakan sebagai pengganti shampo. Berbagai kandungan alami seperti halnya protein dan zat besi yang terkandung didalam santan kelapa dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit kelapa, sekaligus mencegah rambut dari kerontokan. Tak hanya itu, santan kelapa juga dipercaya mampu meluruskan rambut secara alami. Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah, cukup campurkan santan kelapa dengan sedikit lemon atau jeruk nipis. Kalau sudah, diamkan campuran tersebut selama 1 malam penuh hingga teksturnya mulai mengental. Atau jika ingin lebih cepat, kalian bisa memasukkannya kedalam freezer atau lemari pendingin hingga teksturnya cukup mengental. Nah, jika campuran santan dan lemon atau jeruk nipis tadi dirasa sudah cukup mengental, kalian bisa mulai mengoleskannya ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala, sambil memijat-mijatnya secara perlahan. Jika dirasa sudah cukup merata, tutup bagian rambutmu dengan shower cap dan diamkan selama kurang lebiih 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih, dan keramaslah seperti biasa dengan menggunakan shampo dan conditioner

2. Dengan Menggunakan Minyak Kelapa


Bagi kamu yang merasa kesulitan untuk menemukan santan kelapa, terutama karena harganya yang sedang melambung tinggi dan menyebabkannya menjadi cukup langka di pasaran. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa. Yap, cukup campurkan minyak kelapa dan minyak jarak. Kemudian panaskan selama beberapa detik diatas kompor, hingga terasa sedikit hangat. Lalu oleskan keseluruh permukaan rambut dan kulit kepala hingga merata. Dan diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum membilasnya dengan air bersih dan shampo. 

  
3. Dengan Menggunakan Susu Sapi Murni


Seperti halnya santan kelapa, susu sapi murni yang didapat dari hasil perahan juga dipercaya mengandung banyak protein yang mampu meluruskan rambut secara alami sekaligus menjaganya agar tetap sehat. Cara penggunaannya pun tergolong cukup mudah, cukup masukkan susu sapi tersebut kedalam botol semprot (spray), lalu semprotkan keseluruh bagian rambut dan kulit kepala hingga merata. Kalau sudah, diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih. 

4. Dengan Menggunakan Minyak Zaitun


Selama berabad-abad, minyak zaitun dikenal sebagai kondisioner alami terbaik untuk menjaga kesehatan dan kesuburan rambut. Kabar baiknya Minyak Zaitun yang dicampurkan dengan sebutir telur dipercaya mampu meluruskan rambut secara alami. Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah, Campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 butir telur utuh (putih dan kuningnya). Kocok hingga rata dengan menggunakan gelas ataupun mangkuk. Lalu oleskan campuran minyak zaitun dan telur utuh tadi ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala, sambil memijatnya secara perlahan. Diamkah selama kurang lebih 30 hingga 45 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air bersih, dan keramaslah dengan menggunakan shampo serta conditioner. 

5. Dengan Menggunakan Aloe Vera


cara meluruskan rambut secara alami yang kelima adalah dengan menggunakan Aloe Vera atau Lidah Buaya. Yap, berbagai enzim yang terkandung didalam lidah buaya dipercaya amat baik untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala. Cara menggunakannya pun cukup mudah, kupas bagian kulit luar lidah buaya, dan sisakan bagian dagingnya yang bertekstur seperti gel, lalu panaskan hingga meleleh. Kalau sudah, dinginkan terlebih dahulu. Kalau dirasa sudah cukup dingin, oleskan secara merata keseluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Dan bilas dengan air bersih, lalu keramaslah dengan shampo dan conditioner.  

6. Dengan Menggunakan Buah Pisang Dan Pepaya


Yap, cukup hancurkan 1 buah pisang dan 1 buah pepaya dengan menggunakan sendok ataupun blender, lalu oleskan keseluruh permukaan rambut. Diamkan selama kurang lebih 30 - 45 menit. Lalu bilas dengan air bersih. 

7. Dengan Menggunakan Jojoba Oil


Berasal dari ekstrak biji tanaman herbal Jojoba yang biasa tumbuh sumbur didaerah gurun. Jojoba oil memang dipercaya mampu meluruskan rambut secara alami. Tingkat alerginya yang cukup rendah juga menjadikannya cukup aman bagi kulit kepala. Dan kabar baiknya, bagi kamu yang agak kesulitan untuk menemukan Jojoba oil kamu dapat menggunakan shampo dan conditioner TRESemmé Keratin Smooth. Karena selain Vitamin E dan Argan oil, terdapat juga kandungan Jojoba oil didalamnya. 

Nah, itulah 7 cara meluruskan rambut secara alami yang bisa kamu coba dirumah. Dan untuk hasil yang lebih maksimal, usahakan untuk terus melakukannya secara teratur ya :)



Related Posts

Load comments

Comments