Bingung Saat Hendak Menyambungkan Data Rekening di Dashboard Kartu Prakerja? Berikut 7 Pertanyaan Yang Paling Sering Muncul!


Tak semua orang memiliki rekening bank. Itulah mengapa ~ kemudian, muncul beragam pertanyaan dari para peserta kartu prakerja terkait data rekening yang hendak mereka sambungkan ke Dashboard akun Prakerja mereka.

Proses menyambungkan data rekening sendiri merupakan salah satu tahapan wajib yang harus dilakukan oleh seluruh peserta Kartu Prakerja. Baik bagi mereka yang telah dinyatakan lolos untuk mengikuti gelombang 1,2,3,4, dst, maupun bagi mereka yang belum beruntung dan diminta untuk mengikuti gelombang selanjutnya, karena ketersediaan kuota yang memang terbatas di setiap gelombangnya.

Pertanyaan Umum Terkait Tahapan Menyambungkan Data Rekening di Dashboard Kartu Prakerja


Nah, beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait tahapan menyambungkan data rekening tersebut, antara lain adalah:

1.  Apakah nomor rekening BNI untuk data kartu pra kerja bisa menggunakan rekening BNI orang tua, kakak, adik, saudara, ataupun teman dekat?

Sayangnya jawaban untuk pertanyaan ini adalah TIDAK BISA. Mengapa demikian? karena nama yang tertera di rekening yang hendak kita sambungkan haruslah sama dengan nama peserta yang terdaftar dalam program kartu prakerja. Hal inipun dikonfirmasi langsung oleh admin Prakerja seperti yang dapat kalian lihat pada tangkapan layar (Screenshoot) berikut:


Kendati demikian, tim serabutan.com sempat melakukan perbincangan dengan salah seorang peserta Kartu Prakerja yang lolos di gelombang kedua. Dan ia menuturkan bahwa sebelum mengetahui hal tersebut, dirinya telah lebih dahulu menyambungkan data rekening dengan menggunakan rekening BNI milik isterinya. Dan proses tersebut diakuinya telah sukses ia lakukan.

Itu artinya, masih ada bug yang harus diperbaiki oleh pihak penyelenggara program prakerja. Terutama berkaitan dengan nama peserta dan nama pemegang rekening yang dinyatakan harus sama. Karena pada praktiknya, proses menyambungkan data rekening dengan nama yang berbeda masih dapat dilakukan.

2. Jika tidak memiliki rekening BNI, dapatkan kita menggunakan rekening dari bank lain untuk disambungkan ke akun prakerja?

Untuk pertanyaan kedua pun, jawabannya masih TIDAK BISA. Konfirmasinya dapat kalian lihat pada tangkapan layar (Screenshoot) berikut:


Itu artinya, para peserta yang belum memiliki rekening BNI, hanya memiliki 2 opsi untuk dilakukan, opsi pertama adalah dengan membuat rekening BNI terlebih dahulu melalui E-Form BNI Tabungan Prakerja yang dapat diisi melalui tautan berikut:

https://eform.bni.co.id/BNI_eForm/simpananDataDiriPrakerja

Dan Opsi kedua adalah dengan menyambungkan data rekening ke e-Wallet OVO, GoPay, atau LinkAja.

3. Jika saya memilih opsi pertama, apakah no rekening BNI prakerja yang saya daftarkan secara online bisa langsung di daftarkan/disambungkan ke data rekening di akun prakerja?

Jawabannya BISA. Setelah membuka rekening melalui E-Form diatas, kamu akan mendapatkan SMS yang berisi nomer rekening aktif yang bisa langsung kamu sambungkan ke akun Prakerja. Hanya saja, untuk proses aktivasinya kamu tetap harus mendatangi kantor cabang BNI terdekat yang telah kamu pilih saat mengisi E-Form tersebut.

4. Lantas bagaimana jika saya memilih opsi kedua, dapatkan saya menyambungkan akun OVO, GoPay atau LinkAja yang belum di upgrade ke data rekening di akun prakerja saya?

Jawabannya TIDAK BISA. Kamu wajib melakukan upgrade akun terlebih dahulu, sebelum menyambungkannya ke dashboard prakerja. Misal jika yang ingin kamu pakai adalah akun OVO, maka kamu wajib meng-upgrade nya ke OVO Premier, atau jika yang ingin kamu pakai adalah akun GoPay maka kamu juga wajib untuk terlebih dahulu meng-upgrade nya ke GoPay Plus, demikian pula dengan e-Wallet LinkAja.

5. Lantas dapatkan proses upgrade akun OVO, GoPay atau LinkAja dilakukan secara Online?

Yap, jawabannya BISA. Untuk akun GoPay sendiri kamu bisa meng-upgradenya dengan cara mengimkan foto KTP Serta foto Selfie dengan memegang KTP melalui menu yang tersedia di aplikasi GoJek. Proses upgradenya sendiri memakan waktu kurang lebih 1-3 hari. Demikian juga dengan LinkAja. Sementara untuk akun OVO, sebetulnya untuk melengkapi proses upgrade, kamu harus terlebih dahulu mendatangi booth-nya. Namun jangan khawatir, karena kamu tetap bisa melakukan upgrade akun secara online tanpa perlu mendatangi booth terdekat. Caranya mudah, cukup sambungkan akun OVO kamu ke akun Tokopedia, dan lakukan upgrade akun via akun Tokopedia kamu. Hanya saja, proses upgrade akun OVO bisa dikatakan jauh lama dari pada proses Upgrade akun GoPay ataupun LinkAja. Maka jika ingin buru-buru, saya pribadi lebih menyarankan kamu untuk melakukan upgrade akun GoPay saja.

6. Jika nantinya insentif dari kartu prakerja sudah saya terima di akun e-Wallet yang saya daftarkan, dapatkah saya men-transfernya ke rekening bank pribadi saya?

Jawabannya, BISA. Baik OVO, GoPay maupun LinkAja memungkin kamu untuk melakukan transfer antar akun maupun transfer bank, setelah proses upgrade akunmu selesai. Dan sejauh yang saya tahu, fee transaksinya pun gratis. Jadi, buat kamu yang bertanya bagaimana cara menerima insentif kartu prakerja jika yang kamu pakai adalah rek BCA, Mandiri, BRI, atau lainnya? Jawabannya, kamu bisa memilih opsi e-Wallet untuk data rekening di akun prakerja. Dan nantinya, setelah insetif masuk, kamu tinggal men-transfernya ke rekening bankmu.

7. Bagaimana cara mengganti rekening kartu prakerja yang sudah tersambung?

Saya sempat bertanya kesalah seorang peserta kartu prakerja, yang juga merupakan narasumber saya untuk menjawab pertanyaan pertama tadi. Dan saat pertanyaan ini saya tanyakan kepada yang bersangkutan. Ia mengaku telah berusaha menghubungi cs prakerja melalui alamat email yang ia peroleh dari dashboard akun prakerja untuk melakukan pergantian data rekening. Namun hingga postingan ini diturunkan, belum ada balasan email apapun yang ia terima. Dan sejauh yang lihat, di dashboard yang bersangkutan memang tidak ada opsi untuk melakukan perubahan data rekening secara mandiri. Itu artinya, untuk mengganti data rekening yang telah tersambung, mau tidak mau kamu harus menghubungi CS prakerja, baik melalui sambungan telepon, email, maupun media sosial resmi program Prakerja. Berikut detailnya:

Nomer layanan masyarakat Kartu Prakerja = (021) 25541246
E-mail = info@prakerja.go.id
Instagram = @prakerja.go.id

Bagi kamu yang ingin menghubungi CS Prakerja melalu e-mail atau sambungan telepon, pastikan untuk melakukannya di hari kerja, yakni senin - jum'at Pukul 08:00 - 19:00 WIB.

Nah, itulah 7 pertanyaan yang paling sering muncul terkait tahapan menyambungkan data rekening di Dashboard Kartu Prakerja. 

Related Posts

Load comments

Comments