Berikut, 3 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami!


Bagi beberapa orang, begadang menjadi salah satu opsi alternatif yang biasa mereka pilih untuk menyelesaikan deadline pekerjaan yang cukup menumpuk. Alasannya? tentu, karena dimalam hari mereka dapat dengan lebih tenang menyelesaikan sisa pekerjaan mereka, tanpa harus diganggu oleh siapapun dan suara berisik apapun.

Namun sehatkah jika hal ini dilakukan secara terus menerus? Jawabannya, tentu saja tidak. Yap, karena setiap kita membutuhkan waktu tidur yang berkualitas dimalam hari, seperti halnya kita membutuhkan oksigen untuk bernafas dan makanan serta minuman sebagai sumber energi untuk dapat beraktivitas dengan baik. Mengapa demikian? Karena pada saat tidur malamlah tubuh dapat me-recovery dirinya sendiri, baik secara fisik maupun secara psikis serta melakukan detoksifikasi sekaligus memproduksi hormon-hormon yang berperan penting bagi sistem imun atau kekebalan tubuh kita.

Itulah mengapa, seseorang yang kurang tidur biasanya akan menjadi lebih cepat lelah saat beraktivitas di siang hari, menjadi lebih pelupa, mudah marah/emosi, terlihat jauh lebih tua, bahkan lebih beresiko untuk terserang berbagai penyakit serius seperti diabetes, penyakit jantung, hipertensi bahkan stroke.

Nah, untuk mencegah semua hal tersebut terjadi pada diri kita, ada baiknya untuk mulai mengurangi kebiasaan begadang di malam hari, sekalipun untuk maksud dan tujuan yang cukup penting seperti halnya menyelesaikan pekerjaan. Karena jika kebiasaan ini berlangsung secara terus menerus, hal ini justru akan menghambat produktivitas kita saat beraktivitas di jam kerja atau jam sibuk.

Lantas adakah suatu tanda yang bisa kita amati dari tubuh kita, untuk memastikan bahwa kita memang kurang tidur? Ada, salah satunya adalah kantung mata atau mata panda yang muncul di bawah mata kita. Secara alamiah, kantung mata memang akan terbentuk seiring menuanya usia seseorang. Namun dalam banyak kasus, kantung mata biasanya justru dialami oleh mereka yang masih berada dalam usia-usia produktif akibat kurang tidur dan terlalu banyak bekerja.

Tentu, bekerja merupakan sebuah aktivitas yang positif dimana kita memang memerlukannya agar bisa mendapatkan cukup uang untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Namun bekerja melebihi waktu yang semestinya, agaknya juga bukanlah sebuah pilihan yang cukup bijak. Karena dalam jangka panjang, kesehatan kitalah yang akan ikut dikorbankan didalamnya.

Nah, bagi kalian yang ternyata memiliki kantung mata, belum terlambat untuk segera menghilangkannya. Berikut beberapa cara menghilangkan kantung mata yang bisa kalian lakukan:

1. Kompres dengan air es/air dingin, Irisan mentimun dingin, atau irisan wortel dingin


Betul memang, ada banyak terapi atau perawatan wajah yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan kantung mata seperti halnya chemical peeling ataupun laser. Namun kalian tentu setuju jika saya katakan, untuk apa kita membayar mahal jika ada cara yang jauh lebih murah dan praktis? Yap, salah satu cara termudah, termurah, dan paling praktis yang bisa kalian coba adalah dengan mengompresnya menggunakan air es/air dingin. Atau jika kalian memiliki mentimun atau wortel yang sudah dalam keadaan dingin, kalian bisa mengirisnya dan meletakkannya di bagian kantung mata.

2. Usahakan untuk tidur dengan menggunakan bantal


Sebagian dari antara kita mungkin lebih terbiasa tidur tanpa bantal, atau kalaupun menggunakan bantal kita lebih suka menggunakan bantal yang ukurannya lebih kecil. Padahal saat tidur, posisi kepala seharusnya jauh lebih tinggi dari pada badan. Selain untuk mencegah sakit leher (yang sering kita sebut dengan istilah salah bantal), tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi sebetulnya berfungsi untuk mencegah cairan berkumpul di area sekitar mata, yang lama-kelamaan memicu terjadinya kantung mata.

3. Tidur yang cukup dimalam hari


Dan terakhir, adalah tidur dengan cukup di malam hari. Yap, tidak ada cara lain yang lebih efektif daripada memperbaiki kualitas tidur kita dimalam hari. Idealnya, orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7 hingga 9 jam di malam hari. Selain untuk me-recovery tubuh hal ini juga merupakan cara menghilangkan kantung mata yang paling alami. 

Nah, itulah 3 cara menghilangkan kantung mata secara alami yang bisa kalian lakukan :)



Related Posts

Load comments

Comments